Apa Itu Digital Marketing, Strategi, Dan Manfaat Bagi Bisnis

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Apa itu digital marketing?

Digital marketing, internet marketing, maupun online marketing menjadi istilah bisnis yang sangat terkenal selama beberapa tahun ini. Semua orang berpendapat bahwa digital marketing menjadi cara praktis menghebatkan bisnis. Tapi tahukah kalian apa itu digital marketing?

Seperti halnya dalam marketing tradisional, digital marketing adalah salah satu cara agar perusahaan terhubung dengan orang dan bisa menjadikannya sebagai pelanggan. Bedanya, digital marketing melakukan tugas ini secara online.

Untuk memperkanalkan perusahaan dan meyakinkan calon customer, perusahaan menggunakan berbagai cara online seperti sosial media, email, smartphone, podcast, membuat blog, iklan di internet, dll.

Keuntungan digital marketing

Aktivtas marketing (dalam bentuk apa saja) akan selalu dibutuhkan, karena melalui marketinglah perusahaan mendapat pemasukan. Tanpa pemasaran yang baik, kemungkinan bisnis tidak bisa bertahan lama. Usaha apapun yang kalian jalani, digital marketing akan memberikan banyak keuntungan. Di bawah ini beberapa diantaranya,

1.Biaya lebih rendah

Dengan persaingan yang semakin ketat, tiap perusahaan akan berusaha menurunkan biaya operasionalnya. Salah satu biaya besar perusahaan adalah dalam marketing dan iklan. Dibanding memasang iklan di TV, koran, atau poster, digital marketing menjanjikan biaya jauh lebih murah.

Nah salah satu manfaat besar dari digital marketing adalah mampu meminimalkan biaya. Cukup dengan mengirim pesan marketing ke ribuan email atau mengoptimalkan situs web, perusahaan bisa mendapatkan prospek pelanggan dengan mudah.

2.Memberi keuntungan besar

Dengan strategi digital marketing yang tepat, perusahaan berpotensi untuk menggelembungkan keuntungan. Dengan jangkauan yang lebih luas, digital marketing berpotensi menjaring calon pelanggan dari seluruh dunia. Dan pada akhirnya perusahaan bisa mendapat keuntungan lebih besar

3.Terukur

Pemasaran dengan cara tradisional memerlukan waktu berbulan-bulan untuk mengetahui keberhasilannya. Lain halnya dengan digital marketing, kita bisa segera tahu hasilnya dengan cepat dan mudah. Dengan Google Analytics, kalian bisa tahu jumlah orang yang melihat iklan.

Baca Juga  Cara Menghasilkan Uang dengan Monetisasi Youtube

Dengan bantuan software, kalian juga bisa tahu berapa email yang terkirim serta berapa jumlah email yang dibaca customer. Bahkan kalian bisa memantau konversi ratenya atau jumlah pengunjung yang sudah melakukan transaksi atau membeli produk kita.

4.Lebih mudah memilih segmentasi customer

Kalau mengiklankan produk di papan iklan, televisi, atau majalah, audiens yang melihat iklan tersebut sangat umum. Dan perusahaan tidak tahu apakah pesan bisa sampai ada target atau tidak. Padahal iklan yang sesuai segmentasi bisa meningkatkan penjualan sekaligus menurunkan biaya.

Nah digital marketing memungkinkan kita untuk memasarkan bisnis ke konsumen yang tepat. Contoh, teknik SEO memungkinkan perusahaan menemukan calon customer yang sedang mencari situs web yang relevan dengan bisnis perusahaan tersebut.

Atau toko pakaian pria yang menggunakan email marketing, mereka hanya akan mengirim email kepada pria saja. Atau kalau perusahaan menyasar customer dari suatu wilayah, mereka akan mengirim email pada orang yang tinggal di wilayah itu.

5.Melebarkan pasar

Perkembangan teknologi informatika membuat dunia terasa kecil. Digital marketing membuat perusahaan kecil bisa mengiklankan produknya ke seluruh dunia. Kesempatan besar bagi perusahaan kecil yang ingin melebarkan pangsa pasarnya. Terlalu banyak kisah perusahaan kecil yang mengglobal dengan bantuan digital marketing.

6.Mudah dilakukan

Dengan digital marketing, pemasaran bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kalian bisa memasarkan produk kapan saja tanpa harus mengganggu pelanggan dengan panggilan telepon. Cukup kirim email ke calon customer dan biarkan mereka mempelajari penawaran kalian.

Dengan isi email yang tepat dan sopan, cara ini bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.

7.Meningkatkan prestise brand perusahaan

Website perusahaan yang dikelola dengan sangat baik akan meningkatkan merek dan reputasi produknya. Situs yang memiliki artikel yang berkualitas serta saluran media sosial yang interaktif membuat perusahaan tersebut memiliki citra baik di mata customer.

8.Memantau kompetitor

Selain efektif menarik pelanggan, digital marketing juga bisa dimanfaatkan untuk memantau aktifitas kompetitor. Hal ini memungkinkan karena kompetitor juga mengandalkan pemasaran secara online. Misalnya, kita bisa mengecek ke website kompetitor dan melihat bagaimana interaksi mereka dengan customer.

Taktik dan strategi dalam digital marketing

Ada beberapa pilihan strategi digital marketing dan perusahaan harus memilih strategi apa yang diprioritaskan. Strategi apa yang paling tepat untuk perusahaan kalian? Simak beberapa pilihan digital marketing berikut ini

Baca Juga  Konten adalah Kunci, Pelajari Sekarang Agar Brand Kamu Berkembang!

1.SEO

SEO merupakan strategi digital marketing yang paling efektif, tapi masih banyak perusahaan yang memandang sebelah mata. SEO yang baik akan terus mendatangkan pemasukan bagi perusahaan dalam jangka panjang. Tapi apa sih SEO itu?

Singkatnya, SEO merupakan teknik optimalisasi website agar tetap berada di halaman atas mesin pencari. Ini akan menyebabkan website kalian menjadi pilihan utama pengunjug yang pada akhirnya berpotensi terjadi transaksi dan menambah penjualan.

2.Email marketing

Tidak diragukan lagi, email menjadi salah satu strategi digital marketing yang paling banyak digunakan dalam industri apapun. Jika perusahaan sudah mengeluarkan banyak uang untuk memasarkan produknya, email marketing bisa menjadi cara pemasaran yang gratis. Kecuali dengan fitur berbayar.

Perusahaan bisa mengirim email yang berisi newsletter atau notifikasi produk disertai tautan link. Akan lebih baik lagi kalau perusahaan melakukan segmentasi email atau mengirim email ke audiens sesuai dengan topik tersebut. Ini akan memperbesar peluang pembaca untuk membuka email tersebut.

3.Sosial media marketing

Saat ini facebook, instagram, dan twitter telah menjadi alat pendongkrak popularitas bisnis yang sangat handal. Saat perusahaan atau pemilik bisnis membuat konten yang kuat dan valuable, maka kemungkinan ada banyak orang yang tertarik untuk melihat.

Dan jangan lupa juga untuk merekrut influencer yang akan memposting konten untuk kalian di saluran media sosial populer.

4.Otomatisasi marketing

Teknologi telah membawa otomatisasi ke berbagai bidang, termasuk dalamdunia marketing. Istilah otomatisasi marketing sendiri merujuk pada aktivitas digital marketing yang berjalan otomatis melalui tugas yang berulang. Dengan otomatisasi marketing, proses digital marketing bisa kita setting dan akan berjalan sendiri.

Contoh ilustrasi otomatisasi marketing:

Misalnya ada seseorang mengunjungi website perusahaan dan mendownload katalognya. Saat download katalog, calon customer ini diminta memasukkan data diri seperti email. Lalu perusahaan tersebut melakukan remarketing dengan memasang iklan di facebook orang tadi.

Orang atau visitor tadi lalu melihat iklan hampir 4 menit. Ini termasuk user behaviour yang menandakan orang tadi tertarik dengan produk yang ada di iklan. Walaupun belum membeli, tapi perusahaan tadi sudah tahu kalau orang itu tertarik dengan produknya.

Baca Juga  Cara Membuat Blog Gratis yang Mudah dan Cepat tanpa Coding

Beberapa menit kemudian visitor menerima email yang berisi penawaran produk yang dia lihat tadi disertai diskon atau bonus. Adanya bonus membuatnya semakin tertarik dan akhirnya jadi membeli produk tadi. Semua proses download katalog, remarketing, hingga email penawaran disertai bonus dilakukan secara otomatisasi.

5.Konten marketing

Tujuan marketing adalah menarik orang. Nah konten marketing menggunakan konten dalam bentuk artikel, foto, maupun video sebagai daya tarik utamanya. Selain menarik, konten tersebut juga bisa bersifat menghibur, mendidik, informatif, dll.

Kenapa sampai muncul ide konten marketing? Karena umumnya audiens sudah bosan dengan iklan produk yang bersifat “langsung”. Saat ini orang lebih suka mendapatkan konten gratis yang bermanfaat dan di saat yang sama mendapat informasi produk.

Kalau kalian memiliki usaha dan ingin berkembang, penguasaan digital marketing sepertinya sudah menjadi keharusan. Tapi tidak semua pengusaha memiliki background digital marketing. Lalu harus mulai dari mana untuk belajar digital marketing?

Cara termudah belajar digital marketing adalah dengan mulai membuat konten tulisan. Karena semua strategi digital marketing di atas memerlukan konten tulisan yang berkualitas. Kalian bisa mulai membuat konten tulisan dan memuatnya di glog pribadi. Untuk platform blognya, kalian bisa menggunakan wordpress.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Setelah itu, kalian bisa mulai belajar SEO, sosial media marketing, email marketing, dll. Akan lebih hebat lagi kalau kalian bisa belajar langsung dari para pakar digital marketing. Ada banyak praktisi digital marketing yang bersedia membagikan ilmunya pada kalian semua. Nah, selamat belajar digital marketing dan sukses selalu ya!!

(Visited 106 times, 2 visits today)

Leave a Reply