Apa itu Dropbox, Cara Menginstall, dan Menggunakannya

Apa itu Dropbox – Pernah kehilangan data atau file yang tersimpan di komputer? Pastinya kalian akan merasa stres, marah, dan gelisah. Apalagi kalau data tersebut berisi file penting yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan.

Banyak orang yang lalai atau lupa tidak melakukan back up data yang ada di hard disk komputer. Dan seringkali kita teledor karena merasa file kita akan aman selamanya.

Karena itu, penting bagi kalian untuk selalu memback up file secara rutin untuk memastikan file aman saat terjadi sesuatu pada komputer, laptop, atau smartphone kalian. Untungnya sekarang ada dropbox yang dengan sistem cloud membuat kalian tidak perlu membawa flask disk untuk memback up data.

Nah kali ini kami akan mengulas apa itu dropbox, manfaat dropbox, cara menginstall, serta bagaimana cara menggunakannya. Semoga bermanfaat bagi kalian yang baru mengenalnya

Apa itu dropbox?

Dropbox adalah layanan penyimpanan file secara online yang menggunakan sistem cloud. Dropbox memungkinkan kalian untuk memindahkan file dari komputer ke server “cloud” yang ada di jaringan internet. Kalian bisa kapan saja mengakses file yang tersimpan di drop box, bahkan dengan perangkat yang berbeda.

Data kalian tidak secara otomatis dipindahkan ke dropbox, tapi kalian yang harus memilih dan memindahkan file mana yang akan disimpan di dropbox.

Manfaat menyimpan file di dropbox

Dropbox adalah salah satu layanan penyimpanan file yang terpopuler saat ini. Lalu apa yang membuat dropbox digunakan banyak orang? Ini dia beberapa manfaat menyimpan file di dropbox

1.Mudah digunakan

Dropbox sangat mudah dalam hal penginstalan dan cara penggunaan. Program dropbox juga berukuran kecil, sehingga kalian tidak perlu khawatir hard disk komputer menjadi penuh gara-gara menginstall dropbox.

2.Mudah diakses

Dengan memasang program dropbox, kalian bisa mengakses file kapanpun dan dimanapun kalian berada. Bahkan kalian bisa mengatur agar file yang tersimpan di dropbox bisa diakses secara offline.

3.Kapasitas

Kalian akan diberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Kalau masih kurang dan ingin mendapat akses penyimpanan lebih besar, kalian bisa mendaftar paket berbayar.

4.Bisa berbagi file

Kalian bisa berbagi file di dropbox kepada teman-teman dengan cara membagikan link folder file tersebut. Ini juga menjadi solusi praktis bagi kalian yang kesulitan mengirim file besar via email.

5.Solusi aman pencadangan file

Dropbox menjadi solusi mudah mencadangkan file secara aman. Dengan menyimpan di dropbox, kalian tidak akan khawatir kehilangan file gara-gara harddisk rusak atau flashdisk hilang.

Cara install dropbox

Bagi kalian yang ingin menggunakan dropbox untuk back up data, yang harus dilakukan pertama kali adalah masuk ke dropbox.com dan segera membuat akun atau bisa juga masuk dengan akun gmail.

Setelah memasukkan nama, alamat email, serta password, maka otomatis kalian terdaftar sebagai pengguna dropbox dan memiliki ruang penyimpanan.

Secara default, kalian terdaftar dalam paket free. Dengan paket free ini, kalian bisa menyimpan di dropbox storage hingga 2 GB. Untuk bisa menggunakan storage dengan ukuran lebih, kalian bisa klik “upgrade account” yang ada di pojok kanan atas.

Setelah terdaftar, kalian akan melihat tulisan yang berisi pilihan untuk mendownload dropbox. Setelah berhasil mendowload file executable (dropboxinstaller.exe), kalian bisa menginstall dropbox dengan klik 2x file dropboxinstaller.exe tadi, klik run, lalu ikuti setiap perintah dalam proses instalasi ini.

Dropbox adalah program berukuran kecil, sehingga kalianpun bisa menginstalnya dengan sangat cepat dan tidak akan memenuhi harddisk komputer. Setelah terinstall, akan ada notifikasi bahwa dropbox sudah berhasil diinstall. Untuk memulai, kalian bisa klik “open my dropbox” dan “get started”.

Selanjutnya kalian tinggal klik next dan kalianpun bisa masuk kembali ke halaman depan dropbox.com. Sekarang kalian sudah memiliki akun dropbox yang bisa digunakan untuk menyimpan data secara online.

Kelebihan memiliki akun dropbox, data kalian tidak akan hilang. Selain itu, kalian masih bisa mengakses data secara online saat lupa membawa flashdisk.

Cara menggunakan dropbox

Untuk mengupload file ke folder dropbox di website, kalian bisa lihat tulisan “unggah file” dan “unggah folder” yang ada di navigasi sebelah kanan. Kalau file yang mau diupload ada di sebuah folder, maka akan lebih kalau kalian menggunakan “unggah folder”

Sekarang kita coba untuk mengupload satu buah file. Caranya adalah dengan klik upload files, lalu pilih file di komputer yang mau diupload. Akan muncul sebuah jendela di halaman dropbox, lalu kalian bisa pilih “dropbox” dan klik “upload”. Setelah proses upload selesai, kalian akan melihat file tadi di dropbox website.

File yang baru saja diupload tadi bisa juga kita bagikan ke orang lain secara online. Caranya adalah dengan klik tombol “share”. Kalian segera melihat sebuah jendela yang harus diisi dengan alamat email yang akan kita ajak berbagi file.

Setelah menuliskan daftar email, sekarang klik “copy link” yang ada kanan bawah jendela tadi. “Copy link” tadi akan memberitahukan pada teman kita alamat link file tersebut berada. Sehingga teman kita tadi tinggal mengklik alamat link untuk bisa membuka file.

Menyimpan file di dropbox hampir sama dengan saat kita menyimpan file di explorer. Agar tampilan file lebih rapi, ada baiknya kalian membuat folder di dropbox. Untuk membuat folder, bisa dilakukan dengan mengklik new folder yang ada di navigasi sebelah kanan. Nah sekarang kalian sudah bisa menyimpan file di folder tersebut.

Nah itu tadi ulasan singkat tentang apa itu dropbox serta bagaimana menginstall dan menggunakannya. Semoga bermanfaat memberikan gambaran mudahnya menggunakan dropbox pada laptop atau PC.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *