Apa Itu IGCSE dan Kenali Kurikulumnya

Apa Itu IGCSE – Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya mendapat standar pendidikan terbaik. Apalagi bagi orang tua yang bercita-cita anaknya bisa kuliah di luar negeri. Di negara-negara tujuan studi seperti Inggris, Australia, atau Amerika, salah satu sistem yang diakui adalah IGCSE.

Karena itu, banyak diantara orang tua atau siswa itu sendiri yang menanyakan apa itu IGCSE dan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan sertifikat IGCSE?

Apa itu IGCSE

IGCSE atau International General Certificate of Secondary Education adalah kurikulum berstandar internasional yang diakui secara global bagi siswa berusia 14 hingga 16 tahun atau 15 hingga 17 tahun (tergantung kapan siswa masuk SD). Kurikulum yang sangat terkenal ini dirancang oleh CIE (Cambridge International Examination).

IGCSE setara dengan UK GSCE, O-Level, atau tahun ke 11 sekolah di berbagai negara di dunia. Jadi IGCSE merupakan sertifikat internasional untuk akhir secondary school, sebelum siswa melanjutkan ke Advanced Level atau pre university.

IGCSE sendiri awalnya merupakan standar tes atau kurikulum untuk negara-negara United Kingdom dan sekitarnya. Tapi karena dianggap memiliki kualitas luar biasa, maka saat ini ada lebih dari 125 negara di dunia yang menggunakan IGCSE sebagai kurikulum resmi.

Kurikulum IGCSE

Diantara tujuan dari kurikulum Cambridge adalah agar siswa fasih berkomunikasi bahasa Inggris, mampu berkompetisi dalam level global, berwawasan global serta memiliki peluang untuk melanjutkan studi di universitas terbaik dunia.

Karena itu, sebagai salah satu bagian dari kurikulum Cambridge internasional, IGCSE menekankan siswa untuk berfikir kreatif, cerdas, aplikatif, dan mampu memberikan pemecahan masalah atas suatu kasus.

Pelajaran tidak hanya berfokus pada hafalan semata, tapi mendorong siswa ke arah “Higher Order Thinking Skills”. Jadi siswa dirangsang untuk bisa memaksimalkan potensi dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya secara bebas.

Mengenai mata pelajaran, IGCSE menyediakan lebih dari 70 mata pelajaran. Siswa bebas mengambil minimal 5 hingga maksimal 14 mata pelajaran. Tapi ada beberapa mata pelajaran wajib, yaitu Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris. Ketiga mata pelajaran itu menjadi pelajaran inti dalam kurikulum IGCSE.

Sedangkan mata pelajaran tambahan yang bisa diambil antara lain Teknologi (Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK, Komputer, Desain), Ilmu Sosial (Geografi, Sejarah, Bisnis, Ekonomi, Akuntansi, Sosiologi), Pertanian, Lingkungan, dll.

Yang unik dari IGCSE, siswa akan memperoleh sertifikat berdasarkan mata pelajaran yang diambil. Misal ada siswa yang memilih 5 mata pelajaran, maka dia berhak memperoleh 5 sertifikat IGCSE.

Sistem penilaian IGCSE juga mirip di universitas, yaitu menggunakan huruf yang dimulai dari A* (paling tinggi) hingga G. Sebagian besar universitas favorit di luar negeri mempersyaratkan calon mahasiswanya memiliki nilai tes IGSCE dengan skor minimal C.

Selanjutnya, mungkin ada diantara kalian semua yang bertanya, apakah sertfikat IGCSE hanya diperuntukkan untuk siswa yang bersekolah di sekolahan yang memakai kurikulum Cambridge?

Jawabannya tidak. Siswa yang terdaftar di sekolah berkurikulum nasional tetap bisa mendapat sertifikat IGCSE. Syaratnya adalah bisa mengerjakan soal ujian IGCSE dan mendapat skor minimal E. Kalau kurang dari E, siswa hanya akan mendapat Statement of Results.

Jumlah minimal mata pelajaran yang diambil pada Ujian IGCSE memang hanya 5 pelajaran. Tapi jangan tanya bobot soalnya. Bagi kalian yang terbiasa dengan soal bertipe teori, bisa dipastikan akan kesulitan mengerjakan Ujian IGCSE. Karena soal Ujian IGCSE cenderung aplikatif dan membiasakan siswa bisa memecahkan masalah.

Nah agar lebih siap pada tes IGCSE yang sesungguhnya, ada baiknya kalian ikut persiapan IGCSE secara intensif. Kursus persiapan IGCSE yang berlangsung setidaknya selama satu tahun akan membiasakan kalian dengan soal-soal IGCSE sehingga memungkinkan kalian mendapat hasil maksimal.

Dan bagi kalian yang tinggal di sekitar Jabodetabek, ada beberapa lembaga kursus yang menyediakan IGCSE Preparation, salah satunya adalah Westwood prep. Dengan instruktur yang masih muda, cerdas, dan sukses, Westwood prep memiliki reputasi sangat bagus dalam membimbing siswanya diterima perguruan tinggi luar negeri.

Siswa bisa bebas bertanya apa saja, dan instruktur Westwood prep akan selalu ada untuk menjawab pertanyaan siswa. Westwood prep akan meningkatkan logika berpikir kalian sesuai dengan kurikulum IGCSE. Ini akan memudahkan kalian dalam memecahkan soal-soal standar IGCSE.

Nah bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak mengenai apa itu IGCSE dan persiapan bersama Westwood prep, silakan menghubungi 0812-100600-75 atau bisa juga lewat www.westwoodprep.com. Selamat belajar dan sukses selalu ya!

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *