Apa Itu TOEFL IBT dan TOEFL ITP?

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Apa Itu TOEFL – TOEFL singkatan dari Test of English as Foreign Language, merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui kecakapan bahasa Inggris seseorang. TOEFL sering digunakan untuk mendaftar kuliah di kampus – kampus di Amerika.

Saat ini TOEFL bukan hanya digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri saja, tetapi TOEFL juga digunakan untuk melamar beasiswa dan juga untuk melamar pekerjaan dengan minimal skor tertentu. Secara umum, TOEFL meliputi beberapa aspek yaitu Reading Comprehension, Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Test of Written English.

Nah, tes TOEFL ini terdiri dari 3 macam yaitu International TOEFL, Institutional TOEFL, dan TOEFL Like-Test. Perbedaan dari ketiga macam TOEFL tersebut terletak pada soal, masa berlaku, dan juga biaya. International TOEFL (TOEFL IBT) berlaku secara internasional di negara – negara di dunia, Institusional TOEFL (TOEFL ITP) berlaku di institusi lokal dan di beberapa negara di Asia.

Sementara TOEFL Like-Test hanya digunakan untuk memenuhi persyaratan di beberapa universitas tertentu di Indonesia, tidak bisa digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri. TOEFL IBT dan TOEFL ITP masa berlakunya 2 tahun. Jika masa berlaku TOEFL sudah habis, maka kamu perlu melakukan tes TOEFL kembali.

Apa Itu TOEFL IBT?

TOEFL IBT singkatan dari Internet Based Test, merupakan jenis TOEFL yang pengerjaannya menggunakan jaringan internet yang terhubung langsung dengan ETS (Educational Testing Service). Sebelum TOEFL IBT muncul, ada beberapa jenis TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS yaitu TOEFL PBT (Paper Based Test) dan TOEFL CBT (Computer Based Test).

Baca Juga  Hal Penting Yang Harus Anda Pahami Tentang SAT Dan Kepanjangan SAT

Nah, TOEFL IBT ini merupakan TOEFL terbaru yang menggantikan TOEFL – TOEFL sebelumnya. TOEFL IBT diberlakukan sejak tahun 2005 hingga sekarang.
Tes TOEFL IBT terdiri dari 4 bagian, yaitu:

• Listening
Pada bagian listening, peserta tes akan diperdengarkan dua buah percakapan dan 4 diskusi akademik. Nah, materi dan diskusi akademik hanya akan diperdengarkan 1 kali. Masing – masing percakapan dan diskusi diikuti 5 – 6 pertanyaan.

• Reading Comprehension
Pada bagian reading terdapat 3 – 5 bacaan yang diikuti oleh beberapa pertanyaan. Di bagian ini peserta tes akan diminta untuk menjawab mengenai informasi penting pada bacaan, ide utama, ide secara keseluruham, detail bacaan, pernyataan sisipan, serta kesimpulan dari isi bacaan.

• Speaking
Pada bagian speaking terdiri dari 2 latihan yang bersifat independen dan 4 latihan yang berkaitan. Pada latihan independen peserta diminta untuk memberikan pendapat mengenai topik yang sedang hangat.

Pada bagian latihan yang berkaitan, peserta diminta membaca bacaan, mendengarkan kuliah akademik, dan menjawab pertanyaan dengan menggabungkan informasi yang sesuai dengan bacaan dan juga kuliah akademik atau percakapan.

• Writing
Bagian writing terdiri dari 2 soal secara keseluruhan yang terbagi menjadi 1 soal terintegrasi dan 1 soal independen. Pada soal terintegrasi peserta diminta menuliskan kesimpulan dari bacaan bertema akademik dan dari diskusi yang bertema sama.

Dalam soal independen peserta diminta untuk menuliskan esai yang menjelaskan dan mendukung argumen mengenai sebuah isu.

Apa Itu TOEFL ITP?

TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan TOEFL yang berlaku untuk institusi tertentu. Penyelenggara tes TOEFL ITP adalah ETS, perwakilan ETS di Indonesia bernama IIEF. Dalam penyelenggaraan TOEFL ITP, IIEF bekerja sama dengan lembaga pendidikan di Indonesia seperti universitas, lembaga penyedia kursus bahasa asing, dan lainnya.

Baca Juga  Sudah Sejauh Mana Persiapan Anda Menghadapi Toefl IBT?
KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

TOEFL ITP pengerjaannya menggunakan kertas (paper based test). Tes TOEFL ITP terbagi menjadi 3 bagian, yaitu listening, reading, serta written expression. TOEFL ITP biayanya lebih murah dibandingkan TOEFL IBT, namun TOEFL ITP tidak berlaku secara internasional seperti halnya TOEFL IBT.

(Visited 178 times, 1 visits today)

Leave a Reply