10 Aplikasi Kamera Paling Keren Untuk Android

Aplikasi Kamera – Saat ini smartphone keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi. Pabrikan ponsel menjadikan kamera sebagai bagian penting dari produknya, karena memang konsumen mengandalkan smartphone untuk membuat video dan juga mengambil foto.

Dan meskipun android sudah memiliki aplikasi bawaan yang menyediakan cara mudah mengambil dan menyimpan gambar, tapi aplikasi ini tidak memiliki fitur canggih yang bisa memperbaiki kualitas foto hasil jepretan kalian.

Nah kali ini kita akan berbicara tentang aplikasi kamera terbaik yang akan membantu kalian mampu mengambil foto dengan lebih baik. Sebagian besar aplikasi kamera ini bisa diunduh dengan gratis, tapi juga menyediakan aplikasi berbayar untuk menikmati fitur premiumnya. 

  • Camera MX

Diantara begitu banyak aplikasi kamera yang ada, Camera MX merupakan salah satu aplikasi yang banyak direkomendasikan ahli fotografi. Karena aplikasi untuk Android ini mampu menghasilakan foto dan video dengan kualitas bagus. Camera MX juga akan membantu kalian mendapatkan hasil jepretan dengan kualitas foto kamera DSLR

Aplikasi yang sudah digunakan oleh 10 juta orang dari seluruh dunia ini juga memiliki fitur sangat lengkap. Salah satu fitur andalannya adalah Live Shot atau pemotretan langsung. Fitur ini akan membantu kalian bisa membuat gambar bergerak atau animasi dengan fotmat Gif.

Tidak hanya memperbaiki kualitas tangkapan kamera, aplikasi ini juga mendukung kalian dalam melakukan pengeditan foto. Camera MX juga menawarkan lebih dari 20 Live Effects yang akan menjadikan foto yang kalian ambil lebih menarik. 

Dan diantara efek kamera yang ada, tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding HDR. Fitur HDR akan membuat hasil tangkapan kamera menjadi tampak nyata sebagaimana kita melihat langsung. Tapi Camera MX ternyata tidak hanya mampu mengedit foto, tapi juga support dalam pengeditan video. 

Nah tunggu apalagi? Yuk segera unduh di play store sekarang juga

  • Open Camera

Open Camera mungkin bukan aplikasi yang sempurna, tapi ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki antarmuka unik, mudah digunakan di berbagai smartphone, serta memiliki ukuran file yang cukup kecil. Fitur yang ada pada Open Camera juga mendukung kalian menghasilkan foto layaknya fotografer profesional.

Mode Auto Stabilize yang ada pada aplikasi ini akan memudahkan kalian mengambil gambar secara lebih detail dan lebih jelas. Beberapa pengaturan lain yang bisa kalian nikmati diantaranya focus, flash, efek warna, white balance, face detection, exposure compensation, exposure compensation, dll.

Dengan berbagai fitur pengaturan yang ada tadi, semakin mudah bagi kalian untuk mendapatkan gambar yang menarik, sesuai keinginan, tapi tetap terlihat real.

Selain itu, Open Camera dikenal sangat baik dalam melakukan perekaman video. Kalian bisa merekam video full HD 1080×1920 Pixels. Bahkan aplikasi ini support untuk perekaman dalam bentuk landscape maupun portrait. Hebatnya, aplikasi dengan fitur komplet ini bisa kalian dapatkan secara gratis.

Pengin mencoba? Yuk langsung aja unduh di play store. 

  • Camera ZOOM FX

Dengan pilihan fitur yang beragam, Camera ZOOM FX akan membuat kalian lebih bisa berinovasi dalam pengambilan foto. Sudah gitu, kalian juga dilengkapi dengan fitur editing yang bisa digunakan dengan mudah. Makanya tidak heran kalau jutaan orang telah menginstal aplikasi ini ke android mereka.

Kelebihan Camera ZOOM FX memang terletak pada kekayaan fiturnya, jauh lebih lengkap dibanding aplikasi bawaan android. Beberapa pengaturan yang bisa kalian gunakan di aplikasi ini diantaranya stable mode, burst mode, multiple flash mode, timer, manual control, voice activated, RAW capture, dan masih banyak lagi.

Fitur yang lengkap ini menjadikan foto yang dihasilkan kamera di ponsel kalian tidak kalah dengan hasil jepretan kamera profesional. Nah untuk kalian yang tertarik dengan fotografi, yuk segera dapatkan aplikasi Camera ZOOM FX di play store.

  • Camera 51

Satu lagi aplikasi kamera gratis yang akan membuatmu mampu mengambil foto lebih maksimal. Saat membuka aplikasi Camera 51, kalian akan melihat kotak putih yang menjadi pusat pengambilan foto. Untuk mendapatkan foto terbaik, kalian harus menempatkan pusat foto ke kotak putih tersebut.

Jadi Camera 51 akan memandu kalian mendapatkan titik terbaik dalam pengambilan objek. Sangat cerdas kan? Karena aplikasi ini memang dilengkapi algoritma yang membantu mengarahkan kamera. Selain cerdas, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur auto selfie, manual object selection, multi object selection, video shooting, dll.

Aplikasi Camera 51 ini gratis dan mudah digunakan, sehingga sangat recommended bagi pemula yang sedang mulai belajar fotografi.

  • Camera FV-5

Bagi kalian yang ingin memaksimalkan hasil foto kamera di smartphone, kalian bisa menambah aplikasi Camera FV-5. Aplikasi keluaran Flavio Gonzales App Entwicklung atau FGAE ini sering dianggap sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk foto selfie. Camera FV-5 akan memudahkan kalian untuk mendapatkan foto berkelas profesional. 

Beberapa fitur penting yang ada di Camera FV-5 diantaranya pengaturan exposure compensation, sensor sensitivity (ISO), light metering mode, white balance, self timer dan timelapse, serta focus mode. Aplikasi ini membawa hampir semua pengaturan manual yang ada pada kamera DSLR.

Dengan fitur yang lengkap, tidak heran kalai aplikasi ini mampu menangkap foto dengan kualitas kamera DSLR. Aplikasi Camera ini memang menyediakan versi lite yang bisa diakses gratis. Tapi untuk menikmati semua fiturnya, kalian perlu membeli Camera FV-5 versi pro terlebih dulu.

  • Z Camera

Z Camera merupakan salah satu aplikasi gratis yang dilengkapi dengan filter dan editing tool yang sangat banyak. Antarmuka yang sederhana membuat kalian bisa mengambil foto sekaligus mengedit hasil jepretan hanya dalam beberapa sentuhan saja.

Bagian paling disukai dari aplikasi kamera ini adalah kalian bisa melihat tiap perubahan yang dihasilkan filter, sebelum benar-benar mengambil foto. Beberapa fitur yang bisa kalian gunakan di aplikasi Z Camera diantaranya photo editor, , private gallery, HDR, beauty selfie, dll.

Dan keluaran terbaru dari Z Camera juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti 3D tattoo effects, hairstyle editor, muscle building, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kalian bisa merubah foto body kalian menjadi lebih berotot atau kepala yang botak menjadi berambut lebat. 

  • Picai Smart AI Camera

Seperti namanya, aplikasi ini akan membantu menambahkan fitur Artificial Intelligence (AI) ke dalam kamera ponsel kalian. Kamera di ponsel akan tampil dengan lebih cerdas. Karena teknologi AI membuat kamera mampu mengenali profil objek dan secara otomatis akan mengatur filter yang paling tepat untuk objek tersebut. 

Secara default, aplikasi ini akan merekomendasikan dua filter yang akan membuat bidikan kalian lebih sempurna. Dan kalian bisa memilih salah satu dari dua filter pilihan tadi. Teknologi AI pada Picai Smart juga akan menjadikan kamera di ponsel kalian mampu menghasilkan foto sekelas ponsel flagship terbaru.

  • Footej Camera

Walaupun termasuk aplikasi “pendatang baru”, Footej Camera mampu menarik minat banyak orang. Antarmuka sederhana dan hasil foto yang memuaskan menjadi alasan utama penggunanya. Pengembangnya, yaitu Semaphore Inc memang sengaja meminimalkan antarmuka tapi memiliki fitur memuaskan.

Untuk mengatur fokus, kalian bisa memilih antara auto focus (AF) atau manual focus (MF). Saat berada di manual focus, kalian tinggal menggeser-geser untuk mendapat fokus yang diinginkan. Kalian juga bisa menentukan gelap dan terang hasil foto dengan mengatur manual exposure. 

Footej Camera juga support pada beberapa fitur lainnya seperti file format RAW, gambar animasi GIF, perekaman video slow motion, ISO, dan masih banyak lagi. Aplikasi kamera hebat ini bisa kalian unduh dengan gratis. Tapi versi free-nya hanya terbatas sampai kualitas foto level medium saja. 

Kalau kalian ingin meningkatkan kualitas foto lebih tinggi lagi, kalian bisa membeli aplikasi kelas premium dengan harga yang sangat-sangat terjangkau. Menarik kan?

  • Candy Camera

Bagi yang suka foto narsis atau selfie, bisa jadi Candy Camera adalah aplikasi yang kalian cari. Karena aplikasi yang dibuat oleh JP Brothers, Inc ini memang sengaja dikembangkan untuk berfoto selfie. Kalau kalian ingin foto yang menampilkan wajah putih, Candy Camera menawarkan fitur pemutih serta penghilang noda wajah.

Selain itu, ada juga fitur make up, stiker, peramping wajah, maskara, penggaris mata, dll. Semua filter di Candy Camera memang ditujukan untuk membuat kulit kalian tampak mempesona. Hasilnya, kapanpun dan dimanapun berada, kalian bisa menampilkan foto terbaik.

Setelah puas berselfie ria, Candy Camera juga menyediakan fitur editing yang akan lebih memperbaiki foto kalian. Fitur standar editing seperti kontras, pengatur kecerahan, resolusi, rotate, crop, dll bisa kalian dapatkan di aplikasi ini.

Dan sebelum diupload ke medsos, layout dalam bentuk kolase akan menyempurnakan foto selfie. Kalian bisa memilih berbagai grid dengan tema yang bermacam-macam.

  • B612

Kalian ingin selalu tampak menarik saat selfie atau ingin mengabadikan kenangan saat berliber? Ini dia aplikasi kamera yang akan membuat momen terbaik kalian terlihat semakin keren. Aplikasi yang dibuat pengembang LINE Corporation ini menggabungkan cara hebat foto selfie dan edit foto dalam satu aplikasi.

Sebagai bukti kehebatannya, aplikasi B612 pernah meraih Red Dot Award serta sudah diunduh oleh sekitar 100 juta pengguan di seluruh dunia. Kelebihan yang menonjol dari B612 adalah memiliki lebih dari 100 filter. Banyaknya filter membuat kalian bisa lebih leluasa dalam menampilkan foto unik.

Salah satu filter yang sering digunakan adalah vignette. Fitur ini akan memberikan warna lebih gelap pada sisi border foto. Sedangkan tilt shift akan membuat tepi foto tampak blur tapi tajam di tengah. Sedangkan random filter berfungsi untuk mengingat filter yang sering kalian pakai.

Aplikasi kamera B612 juga dilengkapi lebih dari 1500 jenis stiker. Kalian bisa memilih salah satu stiker untuk menciptakan foto wajah yang unik, misalnya wajah hewan yang lucu. Kalian juga bisa memilih berbagai fitur yang akan membuat wajah tampak mulus, bersinar, imut, dan tampak sempurna.

Dan semua filter tadi bisa digunakan dengan mudah. Dalam beberapa ketukan saja, kalian bisa mengatur agar kamera bisa mengambil foto sesuai keinginan.  

 

Itulah 10 aplikasi kamera terbaik yang bisa diinstal di ponsel Android kalian. Jadi aplikasi mana yang menurut kalian cocok dengan kebutuhan? Berikan opini kalian di kolom komentar ya!

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *