Memahami Ausbildung dan Pendaftarannya

Ausbildung (Ausbildung, ausbildung di Jerman, ausbildung adalah, ausbildung Jerman) adalah sebuah cabang pendidikan di Jerman yang kurikulumnya menitikberatkan pada pelatihan keterampilan. Salah satu cabang pendidikan ini dipilih karena dapat dilakukan sambil bekerja atau magang.

Cabang pendidikan ausbildung ini tidak sama dengan Vocational High School di negara lain atau SMK di Indonesia. Untuk mendaftar ausbildung, siswa harus terlebih dahulu selesai dari jenjang pendidikan di Jerman yang setara SMA di Indonesia.

Hal itu tentu saja membedakan dengan SMK di Indonesia yang hanya membutuhkan kelulusan di jenjang SMP. Cabang pendidikan Ausbildung lebih tepat disetarakan dengan politeknik jika di Indonesia.

Namun, cabang pendidikan ausbildung tetap saja berbeda dengan politeknik karena siswa yang menempuh jenjang ausbildung ini akan diberi tunjangan dan gaji seperti layaknya pekerja setiap bulannya.

Keistimewaan Ausbildung

Cabang pendidikan Ausbildung (Ausbildung, ausbildung di Jerman, ausbildung adalah, ausbildung Jerman) menjadi sebuah jenjang yang banyak diambil oleh para pelajar yang ada di Jerman. Hal tersebut karena ausbulding dianggap lebih menguntungkan dalam beberapa hal, seperti berikut.

1. Murid akan mendapat gaji dari pihak ausbildung dan tunjangan.
2. Murid akan mendapat keistimewaan gaji dari tempat bekerja dengan kenaikan pasti di setiap tahunnya.
3. Murid mendapat gaji ke-13 dari perusahaan meskipun sebenarnya terhitung magang.
4. Sertifikat tanda kelulusan ausbildung berlaku untuk seluruh jenjang pendidikan di dunia, terutama di Eropa.
5. Sertifikat ausbildung nyatanya cukup menjadi perhatian bagi perusahaan-perusahaan yang akan dilamar sehingga kesempatan direkrut nantinya menjadi lebih tinggi.
6. Sangat efektif untuk program penguasaan bahasa Jerman karena berinteraksi langsung dengan masyarakat langsung.
7. Apabila sudah lulus dari cabang pendidikan ausbildung, kita masih dapat melanjutkan ke jenjang universitas.

Kategori-Kategori Ausbildung

Ada dua kategori cabang pendidikan ausbildung (Ausbildung, ausbildung di Jerman, ausbildung adalah, ausbildung Jerman) yang bisa dipilih sesuai minat atau pun kebutuhan kita, yaitu sebagai berikut.

1. Duale Ausbildung

Kategori ausbildung ini lebih mengarah kepada pendidikan berufliche Ausbildung atau lebih mengutamakan praktik pekerjaan ketimbang kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Apabila kita mengambil jam belajar ausbildung kategori ini, kita hanya akan masuk kelas 2 hari, sementara sisa hari dalam seminggu lainnya dapat digunakan untuk bekerja. Atau bisa juga kita tempuh dengan cara satu bulan masuk kelas secara penuh, sementara tiga bulan selanjutnya digunakan untuk bekerja dan tidak masuk kelas sama sekali.

Para siswa yang menempuh cabang pendidikan duale Ausbildung ini akan mendapat tunjangan sekaligus mendapat gaji dari perusahaan tempat praktik atau magang. Padahal, murid juga sudah mendapat tunjangan dari sekolah.

Waktu maksimal yang digunakan untuk menempuh jenjang ini adalah 3,5 tahun di berbagai jurusan seperti restoran, marketing, design grafik, bartender, teknik, masinis, perbankan, teknik industri dan mesin, perhotelan, perkebunan, perhutanan, arsitektur, dan masih banyak lagi yang totalnya sekitar 350 pekerjaan.

2. Schulische Ausbildung

Kategori cabang pendidikan ausbildung yang kedua ini adalah kebalikan dari yang sebelumnya. Pada kategori schulische ausbildung ini, aktivitas belajar di dalam kelas atau yang bersifat teoritis lebih diutamakan ketimbang praktik. Jam yang digunakan untuk mempelajari teori akan lebih banyak ketimbang jam kerja, yaitu hanya 1 hari bekerja dalam seminggu.

Cabang pendidikan ausbildung kategori ini tidak akan memberikan gaji bulanan kepada siswa, bahkan justru siswa harus membayar sekolah seperti SMK di Indonesia. Namun, khusus bagi seorang murid yang sambil bekerja menjadi perawat rumah sakit, asisten dokter, ahli terapi, atau pun penunggu di panti jompo, akan tetap digaji.

Untuk beberapa pekerjaan yang diistimewakan tersebut, murid juga dibebaskan untuk tidak membayar iuran sekolah. Walau pun begitu, masing-masing siswa internasional atau yang berasal bukan dari Jerman tetap diwajibkan memiliki uang jaminan pendidikan atau visa pendidikan sebesar 8000 euro di rekening bank setiap tahunnya.

Gaji yang diberikan oleh pihak sekolah tersebut akan dapat diambil apabila kita memiliki sekurang-kurangnya 4000 euro di akhir semester. Jika seorang murid ausbildung kategori ini menyambi bekerja, maka kebanyakan tempat bekerja bersedia untuk meminjami uang 8000 euro untuk visa pendidikan supaya dapat mengambil jatah gaji di ausbildung yang dimiliki.

Schulische Ausbildung dapat ditempuh dalam waktu maksimal 3 tahun saja, bahkan bisa dengan cepat sampai hanya selama 1 tahun saja.

Pendaftaran Ausbildung

Azubi atau siswa yang menempuh jenjang cabang pendidikan ausbildung, tidak hanya berasal dari Jerman saja. Banyak pelajar internasional yang mendaftarkan diri tanpa ada perbedaan peluang.

Bahkan, tidak ada batasan umur untuk mendaftar ausbildung(Ausbildung, ausbildung di Jerman, ausbildung adalah, ausbildung Jerman) ini, sekalipun untuk seseorang 50 tahun ke atas.

Cara pendaftarannya adalah dengan memasukan lamaran ke lembaga ausbildung yang dipilih pada sekitar bulan September. Pendaftaran (Ausbildung, ausbildung di Jerman, ausbildung adalah, ausbildung Jerman) bisa dilakukan di Jerman atau pun juga di beberapa negara lain yang menjadi cabang penyelenggara.

Bagi kamu yang mendaftar dari Indonesia, untuk mempermudah atau mengantisipasi kesalahan dalam mendaftar, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai ausbildung ini di @virtueducation.org

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *