Tips Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Bahasa Inggris Untuk Anak – Masa anak-anak sering dikatakan sebagai golden age atau usia emas. Artinya, kemampuan otak berada dalam kondisi terbaik. Seperti logam mulia atau emas, usia anak-anak adalah saat yang tepat untuk menempa sehingga dihasilkan emas berkualitas tinggi.

Mengapa generasi 80 atau 90-an begitu lama belajar bahasa Inggris dan sebagian besar kemampuan bahasa Inggrisnya tidak terlalu bagus? Salah satu sebabnya adalah pada masa itu mereka baru belajar bahasa Inggris pada usia 13 tahun (masuk kelas 1 SMP).

Bahasa Inggris adalah bahasa pergaulan internasional nomor satu. Bahasa Inggris juga bisa disebut sebagai bahasa ilmu pengetahuan. Karena banyak buku dalam berbagai disiplin ilmu yang ditulis dalam bahasa Inggris. Itulah mengapa di zaman milenia ini, kemampuan bahasa Inggris sudah tidak bisa ditawar lagi.

Nah untuk mendapatkan generasi yang mahir berbahasa Inggris, salah satu caranya adalah mengenalkan bahasa Inggris sejak mereka berada di usia golden age atau 4 sampai 5 tahun. Pada usia itu, anak-anak mampu belajar bahasa dengan cepat, terutama dalam hal kosakata.

Lalu bagaimana cara memulai belajar bahasa Inggris untuk anak?

Mengajak anak berbicara bahasa Inggris

Pendidikan pertama kali bagi anak adalah orang tua, terutama ibu. Sehingga untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak, orang tua bisa memulainya dengan menggunakan kosakata bahasa Inggris sederhana saat berkomunikasi dengan sang anak.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang Pada Berbagai Topik

Bagi anda yang bisa berbahasa Inggris dengan baik, ini akan menjadi keuntungan tersendiri. Lalu bagaimana kalau anda merasa bahasa Inggrisnya kurang bagus?

Jangan khawatir. Selama anda tahu beberapa kosakata sederhana, tenses dasar, dan pengucapan yang tidak terlalu buruk, anda bisa menjadi teman belajar bagi anak anda.

Anda bisa memulai dengan mengucapkan beberapa frase sederhana seperti “good morning”, “good night”, atau “how are you” pada anak usia di bawah 5 tahun. Bukan masalah kalau anak anda tidak bisa mengucapkan dengan sempurna, yang penting mereka menunjukkan ketertarikan dan antusias pada bahasa Inggris.

Lakukan rutinitas ini tiap setiap hari dan berulang-ulang. Setiap bangun tidur, mau berangkat atau pulang sekolah (untuk anak yang sudah sekolah), atau menjelang tidur menjadi saat yang tepat untuk mengajak anak berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Jangan lupa untuk memberi tahu arti atau terjemahannya, karena itu akan membuat anak makin yakin dan percaya diri dengan apa mereka ucapkan.

Jika memiliki waktu luang, ajak anak anda untuk belajar bahasa Inggris melalui beberapa media belajar seperti buku cerita bergambar, DVD, permainan, atau menonton film kartun berbahasa Inggris. Apalagi sekarang ini banyak tersedia DVD belajar bahasa Inggris anak TK.

Sebagai orang tua, anda harus menggunakan metode dan pendekatan yang tepat. Karena pendekatan yang salah akan membuat anak tidak mau belajar sama sekali. Intinya, bagaimana membuat anak-anak tetap bergembira tapi tetap bernilai edukasi.

Permainan

Permainan manjadi salah satu cara terbaik belajar bahasa Inggris anak. Jika anak disuruh belajar, mungkin mereka akan menolak. Tapi mereka akan senang kalau disuruh bermain dengan permainan yang berisi banyak pelajaran bahasa Inggris. Tanpa disadari pengetahuan dan kemampuan anak akan bertambah.

Baca Juga  Langkah Belajar Bahasa Inggris Cepat

Ada banyak permainan sederhana yang bisa digunakan melatih kemampuan bahasa Inggris anak-anak, diantaranya

•Simon says

Simon says biasanya dilakukan bersama-sama antara guru dan murid-muridnya. Tapi kalian juga bisa melakukannya berdua dengan anak anda. Anda sebagai simon mengatakan sesuatu, lalu anak anda yang melakukannya

Misalnya, anda berkata “touch your head”, maka putra anda harus memegang kepalanya. Sambil bermain, anak anda juga sedang belajar listening dan vocabulary.

•Bermain kartu

Ini adalah permainan yang sangat bagus untuk meningkatkan kosakata dan mengenalkan nama-nama benda dalam bahasa Inggris. Anda hanya membutuhkan kartu yang berisi gambar hewan, buah, atau benda-benda lainnya.

Kemudian anak diminta untuk menyebutkan nama benda tersebut. Atau bisa juga anda tunjukkan benda yang ada di dalam rumah, seperti buku, pensil, atau bunga, lalu mintalah pada anak untuk menyebutkan nama benda itu dengan keras.

Selain itu, anda juga bisa mengajak beberapa permainan lainnya seperti ular tangga, permainan kata, maupun game online. Soal atau tugas yang ada di permainan tersebut harus disesuaikan dengan levelnya, sehingga anak-anak tetap enjoy dan tidak merasa terbebani.

Kartun berbahasa Inggris

Hampir semua anak-anak suka kartun. Nah, mengapa tidak memanfaatkan kartun sebagai media belajar bahasa Inggris anak. Dengan mengajak anak menonton kartun bahasa Inggris, mreka bisa membiasakan diri mendengar bahasa Inggris. Dan hasilnya, kosakata anak-anak akan meningkat dengan sendirinya.

Untungnya, sekarang ini banyak film kartun pendidikan yang memang ditujukan untuk mengenalkan anak pada bahasa Inggris. Beberapa film kartun yang akan mengajari anak anda bahasa Inggris diantaranya word girl, inspector gadget, maupun phinese and ferb.

Buku cerita berbahasa Inggris

Ada banyak buku cerita bergambar indah yang bisa membuat anak-anak bergembira sekaligus belajar bahasa Inggris. Topik yang disukai anak TK biasanya berhubungan dengan dongeng, hewan, maupun alam yang ditampilkan dalam kertas penuh warna.

Baca Juga  Pengertian TOEFL dan Jenis Tes Yang Diakui di Indonesia

Beberapa buku juga dilengkapi dengan fasilitas audio, sehingga anak-anak belajar dengan 3 jenis media : kata, gambar, dan suara. Anda bisa memilih topik buku yang sesuai dengan usia mereka.

Sebagai sarana belajar bahasa Inggris anak SD, usahakan buku yang memacu mereka untuk belajar reading. Bantu mereka untuk membaca dengan ucapan yang benar dan juga memahami tulisan tersebut.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Selain beberapa cara belajar di atas, anda bisa juga memanfaatkan website atau aplikasi seluler yang berisi pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak. Intinya, saat ini ada banyak cara dan media yang memudahkan pengenalan bahasa Inggris pada anak. Nah, selamat mencoba ya!!

(Visited 49 times, 1 visits today)

Leave a Reply