Daftar Beasiswa Kuliah di Australia Yang Wajib Dicoba

Beasiswa Kuliah di Australia – Australia merupakan salah satu negara tujuan bagi mahasiswa asing. Mereka memiliki kualitas universitas yang tidak kalah dengan negara-negara maju lainnya. Ada banyak universitas yang masuk peringkat atas dunia, diantaranya universitas Melbourne, universitas New South Wales, universitas Monash, dll.

Jarak yang tidak terlalu jauh dengan Indonesia membuat banyak mahasiswa kita yang berminat kuliah di Australia. Tapi biaya kuliah dan biaya hidup di Australia jauh lebih mahal dibanding Indonesia membuat impian kuliah di Australia tidak selalu mudah diwujudkan.

Makanya jangan heran kalau banyak mahasiswa Indonesia yang tertarik untuk apply beasiswa kuliah di Australia. Untungnya, ada banyak lembaga yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing, berikut ini diantaranya.

1.Australia Awards Scholarships (AAS)

Beasiswa kuliah di Australia yang pertama berasal dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang datang dari Asia, Afrika, Pasifik, dan Timur Tengah. Diantara negara-negara tersebut, Indonesia adalah salah satu yang paling banyak menerima beasiswa.

Beasiswa AAS bisa digunakan di hampir semua jurusan kuliah di Australia. Hanya beberapa jurusan saja yang tidak bisa bisa didukung beasiswa ini, seperti jurusan teknologi pesawat, penerbangan, maupun pelatihan militer.

Beasiwa AAS mencakup biaya kuliah full, tiket pesawat pulang pergi, biaya hidup, serta asuransi kesehatan. Peluang yang luar biasa, silakan kunjungi www.australiaawards.gov.au untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai beasiswa ini.

2.Destination Australia Program (DAP)

DAP merupakan program beasiswa baru dari pemerintah Australia. Beasiswa DAP baru akan diberikan pada semester 1 tahun 2020, tapi pendaftaran sudah dibuka pada tahun 2019 ini. Tersedia lebih dari 1000 kuota beasiswa bagi mahasiswa lokal Australia maupun mahasiswa asing.

Penerima beasiswa DAP akan menerima bantuan keuangan hingga AUD $ 15.000 per tahun. Untuk pertanyaan terkait beasiswa DAP, silakan kirim ke DestinationAustralia@education.gov.au.

3.Australian Government Research Training Program (RTP)

Dari namanya saja sudah terlihat kalau beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa pascasarjana. Karena tujuan pemberian beasiswa ini adalah untuk mendukung penelitian dalam rangka mendapatkan gelar Master atau Doctor.

Pemenang beasiswa RTP berhak atas hibah dan bantuan pendanaan yang sifatnya fleksibel. Bantuan bisa berupa biaya kuliah, biaya kuliah, atau tunjangan lainnya. Walaupun pendanaan berasal dari pemerintah Australia, tapi mereka menyerahkan pengelolaan pada masing-masing universitas.

Jadi untuk mendaftar, kalian bisa langsung menghubungi universitas. Ingin tahu informasi lengkap tentang beasiswa RTP? Kalian bisa mengirim pertanyaan ke RBGrants@education.gov.au atau kunjungi www.education.gov.au/research-training-program.

4.Endeavour Postgraduate Scholarship Awards

Beasiswa yang juga disponsori pemerintah Australia ini memberikan dukungan penuh pada mahasiswa Master maupun Doctoral. Bantuan yang diberikan cukup lengkap, yaitu meliputi biaya kuliah, akomodasi, asuransi, tunjangan perjalanan, dan tunjangan bulanan.

Pemenang beasiswa ini bisa menerima tunjangan biaya hidup bulanan sebesar AUD $ 3000/bulan. Aplikasi bisa dikirimkan secara online. Untuk info lengkap, silakan kunjungi https://endeavour.education.gov.au/endeavour.

5.Beasiswa universitas Australia

Selain beasiswa dari pemerintah, sebagian besar universitas juga menyediakan beasiswa. Berikut ini beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh universitas top Australia

•Murdoch University memberikan penghargaan bagi mahasiswa asing yang memiliki prestasi akademik. Mahasiswa asing dengan IPK tinggi bisa mengajukan beasiswa senilai AUD $ 5.000.

•University of Melbourne menawarkan keringanan dan bahkan pembebasan biaya kuliah bagi mahasiswa asing. Tidak perlu aplikasi untuk mendapatkan beasiswa, karena pihak universitas akan memilih berdasarkan IPK terbaru mahasiswa.

•Western Sydney University memberikan peluang beasiswa bagi mahasiswa asing yang memenuhi syarat. Penerima beasiswa akan mendapatkan keringanan biaya kuliah sebesar 50% dan berlaku maksimal hingga 3 tahun.

•University of Sydney memberikan besiswa kepada mahasiswa Master atau Doctor yang dinilai berdasar kelayakan akademik dan prospek penelitian. USYDIS atau Universitas of Sydney International Research Scholarships mencakup biaya kuliah dan tunjangan hidup hingga 3 tahun.

•Deakin university membuka peluang beasiswa bagi semua mahasiswa asing. Untuk persyaratannya, mahasiswa harus membuat personal statement sebanyak 300 kata yang berisi alasan kenapa kalian layak dipilih. Selain itu, mahasiswa harus mengisi formulir dan menunjukkan transkrip IPK.

Nah itu tadi beberapa lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah di Australia. Masih banyak lagi universitas yang menawarkan beasiswa seperti Australian National university, university of Adelaide, RMIT university, dll. Gimana, tertarik berburu beasiswa Australia? Selamat mencoba ya!!

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *