Langkah Belajar Bahasa Inggris Dasar

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Belajar Bahasa Inggris Dasar – Untuk yang baru memulai belajar bahasa Inggris, tentu sebaiknya mempelajari hal-hal mengenai bahasa Inggris itu sendiri. Hal tersebut akan berguna supaya kita dapat memandang lebih simpel bahasa Inggris, sehingga akan semakin termotivasi.

Berikut ini adalah langkah-langkah belajar bahasa Inggris dasar.

1. Kenali Tenses dalam Bahasa Inggris

Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang akan menunjukkan identifikasi waktu terjadinya sebuah peristiwa, bisa yang lalu, saat ini, ataupun yang akan datang.

Pemahaman mengenai tenses ini sangat penting untuk memetakan bagaimana kita akan mengungkapkan sebuah maksud, sehingga tidak keliru diterima oleh pendengar.

Dengan mengenali tenses, kita juga akan lebih mudah memahami kata-kata mana saja yang akan dimasukkan kedalam struktur gramatikal. Dengan begitu, kita akan menghafalkan kata lebih efisien.

2. Latihan Listening

Yang dimaksud dengan latihan listening dalam belajar Bahasa Inggris dasar bukankah waktu khusus untuk mendengarkan bahasa Inggris, melainkan membiasakan diri untuk mendengarkan bahasa Inggris, baik itu dari lagu ataupun percakapan.

Semakin sering kita membiasakan listening bahasa Inggris, secara otomatis kita akan mendengarkan berbagai kosakata baru. Jika kita jeli, kita juga bahkan bisa mengenali Bagaimana gramatikal diterapkan dalam bahasa lisan.

3. Memperbanyak Latihan Reading

Kebanyakan orang akan mendahulukan reading ketimbang listening. Sayangnya, karena sangat asing dengan kata-kata yang dibaca, maka otak kita sama sekali tidak akan menangkap apa-apa dari wacana yang kita baca.

Baca Juga  Contoh Teks Narrative Legenda Selat Sunda dan Krakatau

Oleh karena itu, kebiasaan listening sangatlah menentukan kemampuan reading kita. Beberapa kosakata yang kita kenal melalui listening akan terulang kembali melalui kebiasaan reading.

Dalam kebiasaan reading juga kita akan lebih mengenali variasi gramatikal.

4. Melatih Kemampuan Speaking

Banyak orang yang memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris cukup baik, tetapi tidak terlihat kemampuan speaking-nya. Hal itu bisa saja dipengaruhi sikap percaya diri dan juga kemampuan yang terlalu tekstual.

Sebaliknya, apabila kita sudah terbiasa melatih kemampuan speaking, maka kemampuan writing juga akan mengimbangi dengan sendirinya. Hal itu karena ketika kita berbicara, sebenarnya kita mengungkapkan gambaran yang tertulis di benak kita.

Untuk melatih kemampuan speaking, cara terbaik untuk menemukan lawan bicara yang dapat mendengarkan sekaligus mengoreksi jika ada kesalahan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menemukan komunitas berbahasa Inggris untuk bergabung.

Komunikasi bahasa Inggris yang baik kita masuki bisa berupa komunitas yang memang belajar bahasa Inggris, namun akan lebih baik apabila komunitas tersebut adalah komunitas yang membahas hobi tertentu namun menggunakan bahasa Inggris sebagai komunikasi.

5. Gunakan Cara Menghafal yang Menyenangkan

Membaca kamus untuk mendapatkan kosakata baru adalah cara yang benar, tetapi hal itu akan sangat minim menimbulkan hasil dalam rangka belajar bahasa Inggris dasar.

Akan lebih mudah bagi kita untuk menghafalkan kata-kata dalam bentuk kalimat. Misalnya, dalam kalimat “I love you” kita sudah menghafalkan 3 kata sekaligus tanpa berpikir keras.

Oleh karena itu, itu akan lebih mudah bagi kita menghafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan bentuk kalimat minor, atau kalimat yang hanya terdiri dari subjek dan predikat.

Misalnya, akan lebih mudah menghafalkan 4 kata “sweet orange” dan better guava” ketimbang menghafalkan 4 kata “sweet, bitter, orange, guava”.

Baca Juga  Kata Kata Bahasa Inggris Motivasi Bangkit Dari Kegagalan

6. Biasakan Berpikir Menggunakan Bahasa Inggris

Apabila kita belum cukup percaya diri untuk mengucapkan bahasa Inggris yang telah kita kuasai, kita dapat mengungkapkannya di dalam pikiran sebagai cara belajar bahasa Inggris dasar speaking.

Ketika kita berpikir, kita akan cenderung menggunakan bahasa ibu di dalam kepala untuk menerangkan konsep-konsep. Nah, untuk sementara, kita bisa mengungkapkan konsep-konsep otak kita menggunakan bahasa Inggris.

Misalnya, untuk mengungkapkan konsep mengenai buah jeruk, janganlah kita gunakan kata-kata bahasa Indonesia seperti manis, oranye, dan bundar. Melainkan, langsung saja Gunakan Bahasa Inggris seperti sweet, orange, and round.

7. Segera Praktikkan Kemampuan

Kesalahan yang membuat seseorang dalam belajar bahasa Inggris dasar adalah prinsip untuk mempraktikan kemampuan bahasa Inggris apabila sudah benar-benar matang. Padahal, untuk mencapai tingkat matang, hal yang harus kita lakukan adalah mempraktikannya.

Tidak masalah apabila ternyata kita banyak kekeliruan dalam mempraktekkan bahasa Inggris. Pada dasarnya, setiap suku bangsa memiliki keunikan tersendiri dalam mengucapkan bahasa Inggris sehingga tidak ada patokan yang pasti.

Asalkan maksud yang kita sampaikan dapat ditangkap oleh pendengar, maka bahasa Inggris yang kita miliki sudah cukup. Hal yang harus dilakukan adalah latihan untuk menerangkan hal yang lebih rumit.

Itulah tadi Uraian singkat mengenai belajar bahasa Inggris dasar dan langkah-langkahnya yang tepat. Harus dipahami bahwa cara-cara praktis hanya dimaksudkan untuk mempelajari bahasa Inggris demi komunikasi.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI
Baca Juga  Langkah Belajar Grammar Lebih Mudah

Untuk mempersiapkan ujian bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris dasar terbaik yang bisa ditempuh tetaplah mengikuti kelas bimbingan bahasa Inggris.

(Visited 58 times, 1 visits today)

Leave a Reply