Tips dan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula – Bagi kalian yang sedang mulai belajar bahasa Inggris, pastinya ingin belajar dengan cara yang semudah dan secepat mungkin. Itulah alasan kami mengumpulkan beberapa tips yang membantu kalian dengan cara belajar yang efektif.

Karena pada dasarnya bahasa Inggris itu sangat menyenangkan untuk dipelajari, tapi itu hanya terjadi kalau kalian belajar dengan strategi yang tepat. Strategi belajar yang tepat juga akan membuat kalian lebih percaya diri dan menjadi penutur bahasa Inggris yang lancar.

Sebagai pembelajar pemula, pada dasarnya kalian seperti bayi. Jadi cara belajar bahasa Inggris untuk pemula juga mirip cara belajarnya bayi. Mereka mulai secara pelan-pelan dengan tahapan seperti ini

•Pertama, bayi mendengar bahasa
•Kedua, bayi mulai belajar bicara
•Akhirnya, mereka mulai dikenalkan dengan membaca dan menulis

Nah ingin tahu apa saja cara mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula? Ikuti tipsnya berikut ini

Tips 1 : mendengar bahasa Inggris setiap hari

Ini adalah cara mudah bagi pemula dan tidak memerlukan banyak waktu. Kalian bisa memulainya dengan menonton acara TV berbahasa Inggris. Tonton berita atau serial TV yang kalian sukai. Coba cari situs yang menyediakan video berdasarkan tingkat kesulitan, contohnya situs VOA learning English.

Awalnya mungkin kalian akan sedikit kesulitan memahami. Tapi jangan khawatir tentang hal itu. Bukan masalah juga seandainya kalian hanya mengerti beberapa kata, karena kalian baru pemula. Tonton lagi dan lagi. Semakin banyak kata dan kalimat yang diucapkan, maka kalian akan semakin paham

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan menonton film berbahasa Inggris. Kalian mungkin merasa lebih mudah kalau ada subtitle dalam bahasa Indonesia. Tonton lagi dan cobalah untuk mulai menonton tanpa subtitle.

Selain itu, kalian bisa memanfaatkan siaran radio atau podcast yang bisa didengar secara online. Kalian bisa memilih topik yang disukai. Terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker membuat kalian mengerti pengucapan kosakata yang benar.

Tips 2 : berteman dengan native speaker

Cara terbaik berlatih speaking adalah dengan berbicara langsung dengan native speaker. Cobalah cari teman yang berasal dari negara yang bahasa pertamanya adalah bahasa Inggris. Berteman dengan native speaker membuat kalian terbiasa berdialog dalam situasi sehari-hari.

Bagi kalian yang tinggal di kota-kota besar, sebenarnya tidak terlalu sulit menemukan native speaker. Mereka bisa ditemukan di tempat-tempat wisata, kafe, atau mungkin mahasiswa asing yang sedang kuliah di Indonesia. Coba tawarkan bantuan gratis pada mereka.

Dengan memberikan bantuan pada native speaker, kalian berkesempatan belajar bahasa Inggris gratis. Kalaupun kesulitan menemukan native speaker, cara lainnya adalah dengan ikut kursus. Cari lembaga kursus yang menyediakan instruktur native speaker di tiap kelasnya.

Mendaftar kursus menjadi salah satu cara termudah belajar bahasa Inggris pemula. Jangan terlalu perhitungan dengan uang yang kalian keluarkan, karena ikut skill bahasa Inggris yang didapatkan akan sangat bermanfaat bagi masa depan.

Kalian juga bisa memanfaatkan situs online atau aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis jejaring sosial. Ini memungkinkan kalian bisa terhubung, berteman, dan juga berkomunikasi langsung dengan penutur asli dari seluruh dunia.

Tips 3 : membaca artikel berbahasa Inggris

Membaca artikel berbahasa Inggris menjadi cara lain untuk meningkatkan kemampuan kalian. Untuk anak-anak, bisa dimulai dengan membaca buku cerita bergambar. Ini akan memudahkan anak-anak memahami kosakata.

Untuk orang dewasa, kalian bisa lakukan dengan membaca berita di koran, majalah, atau situs berbahasa Inggris. Apakah kalian penggemar olahraga, berita politik, atau gaya hidup? Memilih topik bacaan yang disukai akan membuat kalian bersenang-senang dan mampu mengingat kosakata dengan lebih baik.

Tips 4 : tulis kosakata baru

Saat kalian menemukan kosakata baru, tulis kata-kata tersebut dan buat urutan sesuai abjad. Ini akan meningkatkan daya ingat kalian dan memudahkan menemukan kata tersebut saat kalian membutuhkan. Cara lain untuk mengingat kosakata baru tersebut adalah dengan mencoba menggunakannya dalam sebuah kalimat.

Tips 5 : membuat diary berbahasa Inggris

Membiasakan menulis berbahasa Inggris akan memberikan banyak manfaat bagi pemula. Kalian bisa mulai dengan membuat satu kalimat sederhana yang kalian sukai. Ini akan membantu kalian mengingat kosakata dengan lebih baik serta mampu menggunakannya dengan benar.

Tidak perlu takut salah grammar. Bagi pemula, yang penting kalian bersenang-senang dulu dengan aktivitas ini. Setelah terbiasa, kalian mungkin bisa menambah kalimat hingga satu paragraf atau bahkan hingga satu halaman.

Untuk topiknya, kalian bisa mulai dengan menulis diary tentang apa yang kalian lakukan hari ini, bagaimana perasaan kalian, atau bagaimana cuaca hari ini?

Cara lain untuk mempertajam kemampuan menulis adalah dengan membiasakan menulis email dalam bahasa Inggris. Atau ikut terlibat dalam diskusi forum berbahasa Inggris di internet. Jangan hanya membaca postingan, tapi coba aktif berbagi postingan atau ikut menanggapi postingan dari peserta lainnya.

Tips 6 : berlatih setiap hari

Seperti halnya atlet, berlatih setiap hari menjadi kunci sukses belajar bahasa Inggris untuk pemula. Manfaatkan situasi sehari-hari sebagai sarana untuk berlatih speaking, reading, listening, maupun writing. Berlatih setiap hari membuat kalian lebih siap dan percaya diri saat tuntutan pekerjaan mengharuskan kalian berbahasa Inggris.

Nah itu tadi beberapa tips sederhana belajar bahasa Inggris untuk pemula. Tapi jangan hanya membaca tipsnya, tapi mulailah mempraktekkan hari ini juga. Selamat berlatih ya!!

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *