Belajar Bahasa Norwegia Paling Dasar – Cocok Untuk Pemula

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Belajar Bahasa Norwegia – Bagi kalian yang hendak pindah ke Norwegia, salah satu yang harus diperhatikan adalah penguasaan bahasa setempat. Apalagi bahasa Norwegia atau yang biasa disebut dengan istilah bahasa Norsk ini bukan termasuk bahasa populer bagi orang Indonesia.

Bahasa Norwegia sendiri masuk dalam kelompok bahasa Jermanik Utara yang juga digunakan di Denmark dan Swedia. Makanya tiga negara Skandinavia menggunakan bahasa yang kurang lebih sama dan bisa berkomunikasi satu sama lain. Mirip dengan orang Indonesia yang bisa berkomunikasi dengan orang Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Sedangkan di Norwegia sendiri dikenal 2 dialek bahasa, yaitu Nynorks atau Landsmal dan Riksmal atau Bokmal. Bahasa Bokmal (bahasa buku) merupakan bahasa nasional dan digunakan oleh sekitar 90% rakyat Norwegia. Sedangkan bahasa Nynorks (bahasa Norwegia baru) hanya digunakan oleh sekitar 10% warga yang tinggal di Norwegia Barat.

Tapi apakah sulit mempelajari bahasa Norwegia? Dibanding bahasa asing lainnya yang berusia lebih tua (seperti bahasa Arab, Jerman, Latin, atau Perancis), bahasa Norwegia sebenarnya lebih mudah dipelajari. Karena bahasa Norwegia memiliki struktur bahasa yang cukup sederhana.

Dalam bahasa Norwegia, kalian tidak perlu membedakan kata benda berdasarkan jenis kelamin maupun berdasar jumlah satu, dua, dan jamak (lebih dari 2). Bahkan bagi orang yang sudah paham bahasa Inggris, bahasa Norwegia sering disebut sebagai salah satu bahasa paling mudah untuk dipelajari.

Baca Juga  10 Tempat Wisata Norwegia Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Begitu juga dengan kata kerja. Untuk membuat kata kerja bentuk lampau, kita tinggal menambahkan akhiran -e. Sedangkan untuk membuat kata kerja pasif, tinggal tambahkan akhiran -s. Cukup mudah kan?

Lalu darimana kita harus mulai belajar bahasa Norwegia. Pertama, kita harus mulai dari pengenalan alfabet dalam bahasa Norwegia dan pengucapannya. Untungnya alfabet bahasa Norwegia tidak terlalu sulit, bahkan rasa-rasanya mirip dengan pengucapan alfabet bahasa Indonesia.

Alfabet bahasa Norwegia juga menggunakan alfabet latin dari huruf A sampai Z. Sebagian besr pengucapan alfabet bahasa Norwegia mirip dengan bahasa Indonesia.

Hanya ada beberapa huruf yang diucapkan sedikit berbeda, diantaranya H yang diucapkan “hoa”, J diucapkan “ye”, K diucapkan “koa”, maupun W diucapkan “dobblet ve”. Selain itu, ada tiga alfabet tambahan yaitu Æ, Ø, dan Å.

Setelah mengenal alfabet, selanjutnya kalian bisa mulai belajar bahasa Norwegia dengan mempelajari beberapa kosakata sederhana berikut ini

Angka

En: satu
To: dua
Tre: tiga
Fire: empat
Fem: lima
Seks: enam
Syv atau sju: tujuh
Åtte: delapan
Ni: sembilan
Ti: sepuluh
Elleve: sebelas
Tolv: dua belas
Tretten: tiga belas
Fjorten: empat belas
Femten: lima belas
Seksten: enam belas
Sytten: tujuh belas
Atten: delapan belas
Nitten: sembilan belas
Tjue/tyve: dua puluh

Sedangkan untuk dua puluh ke atas adalah tjue en (21), tjue to (22), tjue tree (23), dan seterusnya. Nah sekarang mari kita mengenal angka puluhan sampai 100

Tretti: tiga puluh
Førti: empat puluh
Femti: lima puluh
Seksti: enam puluh
Sytti/søtti: tujuh puluh
Åtti: delapan puluh
Nitti: sembilan puluh
Hundre: seratus

Keluarga

Familie: keluarga
Bror: saudara laki-laki
Søster: saudara perempuan
Søsken: saudara kandung
Fareldre: orang tua
Far: father
Pappa: papa
Mor: ibu
Mamma: mama
Mann atau ektemann (non formal): suami
Kone: istri
Barn: anak
Baby: bayi
Sønn: anak laki-laki
Datter: anak perempuan
Tante: bibi
Onkel: paman
Bestefar: kakek
Bestemor: nenek
Barnebarn: cucu

Baca Juga  Daftar Universitas di Norwegia Yang Membebaskan Biaya Kuliah

Kosakata sehari-hari

Ja: iya
Nei: tidak
Takk: terima kasih
Tusen takk: terima kasih banyak
vær så snill: tolong
Unnskyld: permisi, maaf
Beklager: maaf, sorry
Bra: baik
Flott: hebat
Dårlig: buruk

Salam

Hallo alle sammen!: hai semua
Hei, heisann, hallo, halla: hai
Velkommen: selamat datang
God morgen: selamat pagi
God dag: selamat siang
God kveld: selamat malam
Hvordan har du det?: apa kabar?
Hvordan går det?: bagaimana kabarnya?
Hyggelig å se deg: senang berjumpa dengan anda
Ha det bra!: selamat tinggal atau da da! (non formal)

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Nah itu tadi pengenalan bahasa Norwegia beserta beberapa kosakata sederhana. Semoga bermanfaat, khususnya bagi kalian yang baru mulai belajar bahasa Norwegia atau bagi siapa saja yang tertarik dengan bahasa asing. Selamat belajar dan tetap semangat ya!!

(Visited 815 times, 1 visits today)

Leave a Reply