Langkah Belajar Grammar Lebih Mudah

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Belajar Grammar – Salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris yang paling banyak dikeluhkan adalah soal grammar atau gramatikal. Secara sederhana, gramatikal dapat diartikan sebagai aturan aturan tertentu yang digunakan untuk menyusun satuan kebahasaan, baik itu susunan kata menjadi kalimat, atau frasa menjadi kalimat.

Belajar grammar berarti mempelajari setidaknya 8 bagian atau yang disebut dengan part of speech, yaitu sebagai berikut.

1. Pronoun (Kata ganti)
2. Noun (Kata benda)
3. Verb (Kata kerja)
4. Adjective(Kata sifat)
5. Adverb (Kata keterangan)
6. Determiner
7. Preposition (Kata depan)
8. Conjunction (Kata hubung)

Nantinya kita akan mempelajari bagian-bagian tersebut. Namun, untuk mempermudah atau menyederhanakan langkah sebelum sampai ke bagian-bagian tersebut, lakukan langkah-langkah berikut ini sebagai cara belajar grammar.

1. Kuasai Kosakata Dasar

Pada dasarnya, mempelajari grammar artinya mempelajari cara penyusunan kata-kata dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kita sangat perlu perbendaharaan kosakata yang akan di susun.

Pengetahuan tentang kosakata akan semakin berkembang di kemudian hari. Namun, dalam belajar grammar, kita harus mengetahui beberapa kosakata yang paling sering digunakan, seperti kata ganti orang, kata kerja, dan kata sifat.

Cara menghafalkan kosakata dengan mudah adalah dengan membuatnya menjadi kalimat minor, yaitu kalimat yang terdiri dari subjek dan predikat saja. Misalnya, “young man”. Dari kalimat sederhana tersebut, kita sudah bisa menghafalkan 2 kata yang lebih mudah teringat.

Baca Juga  Contoh Kalimat Simple Past Tense Lengkap dengan Artinya

Jangan pikirkan rumus-rumus gramatikal pada tahap ini. Cukup hapalkan saja kosakata sebanyak mungkin.

2. Pahami Tenses

Tenses dapat dimengerti sebagai bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang mengidentifikasi persoalan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Dengan mengetahui aturan tenses(yang membedakan bentuk kalimat untuk menunjukkan peristiwa di masa lampau, sekarang, dan masa depan), kita akan lebih mudah menerapkan aturan gramatikal yang tepat.

Jenis-jenis tenses dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

1. Present Tenses (Simple present, Present Continuous, Present Perfect, Present Perfect Continuous.)
2. Past Tenses (Simple Past, Past Continuous, Past future, Past Perfect, Past Perfect Continuous, Past Future Perfect, Past Future Continuous, Past Future Perfect Continuous)
3. Future Tenses (Simple future, Future continuous, Future perfect, Future perfect continuous)

Dalam belajar grammar , setidaknya kita mengetahui 3 konsep tenses paling dasar, yaitu present(sekarang), past(waktu yang telah berlalu), dan future(masa yang akan datang).

3. Perbanyak Baca Wacana Utuh

Tidak sedikit orang yang dapat menuliskan sebuah kalimat dengan benar, namun sebenarnya tidak mengerti betul dengan aturan-aturan yang berlaku.

Hal tersebut dikarenakan seseorang yang dimaksud lebih sering menemukan susunan gramatikal dari bacaan atau wacana utuh, ketimbang dari buku catatan pelajaran grammar.

Belajar grammar dengan cara membaca teks bahasa Inggris akan membuat kita mengenali banyak variasi gramatikal yang dapat digunakan. Misalnya, kita dapat mengetahui penyusunan kalimat “i love you”, namun tidak benar-benar mengerti kenapa tidak disusun menjadi “i am loving you”.

4. Jangan Terpaku Pada Kalimat-Kalimat Sederhana

Terlalu nyaman menggunakan kata dan kalimat sederhana untuk menerangkan berbagai maksud adalah sebuah kekeliruan dalam belajar grammar. Hal itu akan menyebabkan kita menjadi sulit berkembang.

Baca Juga  Tips Menguasai Grammar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Oleh karena itu, akan lebih baik apabila kita justru berusaha mencari kata dan kalimat yang lebih rumit. Keuntungannya adalah kita dapat menerangkan sesuatu yang lebih luas.

Membaca essay dalam bahasa Inggris seringkali akan membuat kita menemukan kata-kata sederhana untuk menerangkan hal-hal rumit, atau menemukan kata-kata rumit untuk menerangkan hal-hal sederhana.

5. Rajin Tes Kemampuan

Cara mengetes kemampuan grammatical yang telah kita kuasai adalah dengan cara menulis cerita atau dairy. Dengan menulis, kita akan menemui berbagai tantangan seperti mengungkapkan berbagai maksud namun dalam bahasa Inggris.

Hasil tulisan kita tersebut dapat kita terjemahkan menggunakan website penerjemah kalimat, yang secara gratis dapat kita akses. Apabila mesin penerjemah dapat dengan lancar mengalihbahasakan, itu artinya pengetahuan gramatikal kita sudah cukup baik.

6. Pahami dan Biasakan Perbedaan Gramatikal Antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Kesalahan yang membuat kita terlihat sebagai awam dalam belajar grammar adalah karena kita menggunakan pola bahasa Indonesia yang diterjemahkan satu persatu katanya.

Misalnya, di dalam bahasa Indonesia sering digunakan penyusunan keterangan waktu di awal kalimat. Seperti, “kemarin saya makan bakso”. Pola yang seperti itu bisa saja digunakan dalam bahasa Inggris, tetapi tidak lazim.

Di dalam bahasa Inggris lebih lazim digunakan “saya makan bakso kemarin”.

Kita juga tidak memerlukan kata-kata seru, seperti “kamu besok ke rumahku, ya!”. Cukup utarakan dengan “come to my house tomorrow!” dan bukannya “come to my house tomorrow, yes!”

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI
Baca Juga  Contoh Present Continuous Tense Lengkap

Itulah tadi uraian singkat mengenai belajar grammar dengan mudah dan efektif.
Harus dipahami bahwa beberapa aturan gramatikal sering dilanggar apabila digunakan untuk berkomunikasi secara lisan atau pun dalam teks-teks seni. Oleh karena itu, jangan pula terlalu kaku dalam menerima wacana yang ber gramatikal kurang sesuai dengan aturan baku.

(Visited 48 times, 1 visits today)

Leave a Reply