Jenis Tes TOEFL dan Biaya Tes TOEFL

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Biaya Tes TOEFL – TOEFL atau Test of English as Foreign Language merupakan tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes ini diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) yang berpusat di New Jersey, Amerika.

Pada awalnya TOEFL hanya digunakan oleh masyarakat New Jersey untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Seiring perkembangan zaman, TOEFL digunakan banyak negara di dunia, termasuk negara – negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris seperti Indonesia, Korea, Jepang, India, Malaysia, dan negara lainnya.

TOEFL seringkali digunakan sebagai syarat mendaftar perguruan tinggi, sebagai syarat melamar beasiswa dan juga untuk melamar pekerjaan di bidang – bidang tertentu. Ada beberapa jenis tes TOEFL yang diminati di Indonesia, apa saja dan berapa biaya tes TOEFL bisa kamu simak informasinya berikut ini.

Jenis Tes TOEFL dan Biaya Tes TOEFL di Indonesia :

1. TOEFL IBT

TOEFL IBT (Internet Based Test) merupakan TOEFL resmi yang berlaku secara internasional di hampir seluruh lembaga dan institusi di dunia. Beberapa perguruan tinggi di luar negeri yang menerima skor TOEFL IBT diantaranya Harvard University, University of Cape Town, University of Melbourne, University of Oxford, dan masih banyak lagi institusi di lainnya.

Baca Juga  Rekomendasi Buku TOEFL Terbaik

TOEFL IBT menggantikan TOEFL versi sebelumnya yaitu TOEFL PBT dan TOEFL CBT sejak tahun 2005. Nah, karena format TOEFL ini berubah menjadi TOEFL IBT, maka format skor pun juga berubah menjadi 0 – 120.

Materi tes TOEFL IBT meliputi reading, speaking, listening, dan writing. Masing – masing bagian (listening, reading, sepaking, writing) memiliki skor tertinggi 30. Total skor TOEFL IBT tertinggi adalah 120. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal – soal tes TOEFL IBT yaitu 4 jam.

Sertifikat TOEFL IBT belaku selama 2 tahun dengan biaya tes TOEFL IBT per Februari 2019 yaitu $205, jika dirupiahkan dengan kurs saat ini biayanya sekitar 2,8 juta. Pembayaran bisa kamu lakukan dengan menggunakan kredit maupun transfer. Namun, ETS juga menyediakan voucher TOEFL IBT untuk kemudahan pendaftaran, voucher ini bisa kamu beli dengan menggunakan rupiah.

Informasi seputar pendaftaran, jadwal waktu penyelenggaraan dan lokasi tes TOFL bisa kamu lihat di situs resmi ETS https://www.ets.org/toefl.

2. TOEFL ITP

TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan jenis tes TOEFL yang dikerjakan dengan media kertas. TOEFL ini dikenal juga dengan nama PBT (Paper Based Test). TOEFL ITP tidak berlaku secara internasional di seluruh dunia, tes ini hanya digunakan di institusi – institusi tertentu di Indonesia dan di beberapa negara di Asia.

TOEFL ITP sering digunakan untuk sebagai persyaratan untuk melanjutkan pendidikan S2 di perguruan tinggi dalam negeri, melamar pekerjaan di BUMN ataupun perusahaan swasta dan lainnya.

Materi tes TOEFL ITP meliputi listening, structure, dan reading dengan semua soal berbentuk pilihan ganda. Dibandingkan biaya tes TOEFL IBT, biaya tes TOEFL ITP lebih murah yaitu sekitar 400.000 – 600.000.

Baca Juga  Naikkan Score Toefl Anda Dengan Kursus Toefl IBT

Banyak lembaga yang bekerja sama dengan IIEF untuk menyelenggarakan tes TOEFL ITP di seluruh Indonesia. Kamu bisa mengikuti tes TOEFL ITP yang diselenggarakan oleh universitas atau bisa juga mengikuti tes TOEFL ITP di lembaga – lembaga bahasa Inggris yang umumnya menyediakan kursus bahasa Inggris.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Jadwal pelaksanaan tes TOEFL ITP tergantung pada instansi yang menyelenggarakan. Biasanya pengumuman hasil dan pengambilan sertifikat TOEFL ITP berkisar antara 8 – 14 hari kerja setelah kamu melaksanakan tes TOEFL ITP.

(Visited 276 times, 1 visits today)

Leave a Reply