budaya jerman

Fakta dan Budaya Jerman Yang Wajib Kamu Ketahui

Budaya Jerman – Jerman adalah pusatnya Eropa, tidak hanya secara geografis, tapi juga dalam hal politik dan ekonomi. Jerman merupakan negara terpadat kedua di Eropa setelah Rusia, dengan jumlah penduduk lebih dari 80 juta jiwa. Ekonomi Jerman juga yang terbesar di benua Eropa dan terbesar kelima di dunia.

Masyarakat, bahasa, dan tradisi merupakan faktor yang membuat budaya Jerman menjadi unik. Dalam bahasa Inggris kita mengenalnya dengan nama negara Jerman, sementara orang Jerman sendiri menyebut negara mereka dengan sebutan Deutschland.

Karena terkenal dengan kekayaan budayanya, Jerman sering disebut juga sebagai negerinya para penyair dan pemikir. Kebudayaan negara Jerman sendiri telah terbentuk sejak zaman kekaisaran romawi yang kemudian berkembang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi paling stabil di dunia.

Hari ini, Jerman menjadi rumah bagi beragam etnis yang menjadikan Jerman memiliki berbagai tradisi, budaya, dan perayaan yang unik. Nah dalam artikel ini, kita akan mengulas beberapa fakta mengenai budaya Jerman yang telah tertanam di masyarakat selama bertahun-tahun.

budaya jerman

Bahasa

Lebih dari 95% penduduk Jerman berbicara dalam bahasa Jerman, apakah itu bahasa Jerman standar maupun bahasa daerah yang memiliki dialek tertentu. Namun Jerman juga memiliki berbagai kekayaan bahasa dengan diakuinya empat bahasa minoritas yaitu bahasa Sorbian, Romani, Denmark, serta Frisia Utara dan Frisia Saterland.

Selain itu, tingginya jumlah imigrasi membuat beberapa komunitas besar berbicara dalam bahasa bahasa negara asalnya, seperti bahasa Turki, Kurdi, Rusia, Yunani. Albania, dan Polandia.

Pakaian

Walaupun Jerman merupakan negara modern, tapi masyarakatnya tidak melupakan budaya Jerman dalam bentuk pakaian tradisional. Masing-masing wilayah memiliki pakaian tradisional yang sedikit berbeda satu sama lain.

Misalnya di negara bagian Bavaria, kostum tradisional pria adalah celana pendek dari kulit sampai tepat di atas lutut. Sedangkan pakaian tradisional wanitanya adalah gaun warna-warni yang menggabungkan korset, blus, rok dan celemek. Kostum tradisional ini biasanya diperlihatkan saat karnaval atau festival.

Budaya membaca

Jerman adalah salah satu negara dengan budaya membaca yang tinggi. Penerbit Jerman mengeluarkan sekitar 94 ribu buku baru tiap tahunnya. Selain itu, di Jerman juga diadakan International Frankfurt Book Fair yang merupakan salah satu acara pameran buku terbesar di dunia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Allensbach Media Market Analysis, 44,6% orang Jerman membaca buku minimal sekali dalam seminggu, sementara 58,3% orang Jerman membeli buku setidaknya satu buku per tahun.

Menghargai waktu

Rata-rata orang barat sangat menghargai waktu, tapi Jerman beda. Jika orang Amerika menganggap waktu adalah uang, maka orang Jerman menghargai waktu untuk menunjukkan rasa hormat pada orang lain. Kalau ada orang yang tidak dapat memenuhi tepat waktu, maka orang Jerman akan menganggap orang itu tidak dapat diandalkan.

budaya jerman

 

Masakan

Orang Jerman suka minum banyak bir, makan sosis, dan membuat roti dengan rasa berbeda. Itu bukan stereotip, tapi benar-benar fakta. Diperkirakan satu orang Jerman rata-rata mengkonsumsi bir sekitar 140 liter bir per tahun. Jerman merupakan konsumen bir terbesar kedua di Eropa, setelah Ceko.

Wurst atau sosis adalah makanan favorit orang Jerman yang terbuat dari daging babi, sapi, atau daging sapi muda. Sedangkan untuk roti, ada tradisi panjang yang dibanggakan oleh orang Jerman.

Mereka suka membuat roti dengan berbagai bentuk dan rasa yang bervariasi. Jerman juga kaya berbagai pilihan makanan tradisional yang lezat, baik vegetarian maupun vegan.

Arsitektur

Negara Jerman memiliki sejarah panjang di masa lalu, dan hal ini terlihat dari arsitektur tua yang masih berdiri kokoh. Istana, kastil, katedral, dan monumen yang ada seakan menjadi saksi bisu sejarah Jerman. Arsitektur gereja Pra-Romawi banyak yang masih bertahan, diantaranya Gereja Biara Saint Michael’s yang dibangun pada awal abad ke-10.

Ada juga katedral Cologne dan lainnya yang dibangun pada era Gothic. Renaissance yang berkembang pada abad 15 hingga 17 meninggalkan warisan istana megah diantaranya kastil Heidelberg dan ducal Landshut Residence

Perayaan

Kebudayaan Jerman juga tercermin dari berbagai karnaval dan festival yang dihadiri banyak orang. Kedua jenis acara ini merupakan saat menggembirakan dimana seluruh penduduk kota terlibat dalam pesta dan perayaan penuh warna.

Pernikahan tradisional juga sangat spesial untuk orang Jerman. Pada tradisi ini, biasanya pengantin wanita membawa roti dan garam sebagai pertanda panen makanan. Sementara pengantin pria membawa gandum sebagai tanda keberuntungan dan kekayaan.

Orang Jerman juga dikenal mengutamakan kualitas dalam membeli sesuatu. Mereka berharap barang tersebut bisa bertahan dalam 10 tahun ke depan. Mengetahui budaya Jerman sangat penting bagi siapapun yang hendak pindah ke Jerman maupun sekedar ingin mengetahui budaya negara maju.

Buat kamu yang tertarik untuk tinggal di Jerman, baik untuk studi, bekerja, ataupun sekedar berkunjung, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai Jerman dengan menghubungi Virtu Education di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau kunjungi www.virtueducation.org berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

(Visited 1,159 times, 1 visits today)
Rina Hutapea

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.

Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Rina Hutapea
Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru.Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *