Sangat Mudah, Ini Dia 6 Cara Cepat Berbicara Bahasa Inggris

Cara Cepat Berbicara Bahasa Inggris – Bahasa Inggris saat ini telah diakui sebagai bahasa Internasional nomor satu sekaligus paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kemana saja kalian pergi, kemampuan berbahasa Inggris akan membantu banyak hal. Karena itu, globalisasi menuntut siapa saja untuk memiliki kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris.

Terlebih bagi kita yang hidup Indonesia. Saat ini ada banyak turis asing yang datang ke Indonesia untuk berlibur dan menikmati pesona alamnya. Apa jadinya kalau ada turis asing yang bertanya dalam bahasa Inggris dan kita tidak paham? Pastinya kalian tidak ingin peristiwa seperti ini terjadi kan.

Intinya, kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris akan meningkatkan kompetensi kalian dan sangat bermanfaat dalam menghadapi kompetisi sangat ketat seperti sekarang ini.

Walau bahasa Inggris sudah diajarkan, minimal sejak SMP. Nyatanya masih banyak yang kesulitan berbicara. Karena memang sebagian pelajar kita hanya diajarkan teori tata bahasa, tenses, vocab, dll. Tapi banyak yang lupa bahwa kemampuan berbicara hanya bisa didapat dengan praktek secara terus menerus.

Nah bagi yang sedang mencari cara cepat berbicara bahasa Inggris, kalian berada di halaman yang tepat. Karena kali ini kita akan mengulas beberapa cara cepat pintar bahasa Inggris, terutama speaking. Ikuti terus ya!!

1.Berlatih bersama partner

Ada istilah “bisa karena biasa”. Dan prinsip ini berlaku di semua hal, termasuk kalau kalian ingin segera lancar berbicara bahasa Inggris. Karena itu sangat penting bagi kalian untuk meluangkan waktu berlatih bercakap dengan partner.

Yang terbaik adalah kalau kalian bisa berteman dan berbincang langsung dengan penutur asli. Berbincang dengan penutur asli membuat kalian tahu bagaimana seharusnya suatu kosakata dilafalkan. Bagi kalian yang tinggal di kota besar, kota pendidikan, atau wisata, pastinya tidak sulit menemukan penutur asli bahasa Inggris.

Kalian hanya perlu keberanian mendekati mereka dan mencoba mengajaknya berkomunikasi. Cara lainnya adalah dengan bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris. Bahkan ada beberapa kampung di Jogja dan Jawa Timur yang memiliki komunitas seperti ini.

Mereka mengharuskan anggotanya untuk selalu bicara dalam bahasa Inggris. Kalaupun memang kesulitan menemukan partner, kalian bisa menyewa guru privat atau belajar di lembaga kursus. Ini merupakan solusi paling mudah, karena semua kebutuhan belajar kalian akan disediakan oleh lembaga kursus tersebut.

2.Rekam praktek percakapan

Merekam praktek percakapan menjadi cara yang bagus untuk mengevaluasi kemampuan speaking kita. Saat mendengar ulang, kalian bisa menilai pelafalan kalian sendiri sambil memperhatikan bagian mana saja yang harus ditingkatkan. Catat kosakata baru yang kalian dapatkan serta kesalahan yang masih kalian lakukan.

3.Sering mendengar percakapan bahasa Inggris

Berbicara dan mendengar merupakan 2 hal yang saling berkaitan, begitu juga dalam bahasa Inggris. Meskipun awalnya agak membingungkan, sering mendengar kosakata Inggris secara tidak langsung akan menguatkan sense terhadap bahasa Inggris dan pada akhirnya menjadi cara efektif untuk meningkatkan kemampuan speaking.

Mendengar juga membuat kalian lebih akrab dengan intonasi dan ritme bahasa Inggris. Setelah semakin familiar, kalian bisa meniru perkataan yang didengar tadi.

Kalaupun tidak bisa setiap hari bercakap langsung dengan penutur asli, kalian bisa mendengar percakapan berbahasa Inggris melalui siaran TV, radio, podcast, atau video youtube. Melalui kebiasaan mendengar ini, lama kelamaan kalian akan lebih mudah memahami percakapan berbahasa Inggris sekaligus lebih cepat meresponnya.

4.Membaca dengan keras

Cara cepat berbicara bahasa inggris lainnya adalah dengan sering-sering membaca bacaan berbahasa Inggris. Sering membaca akan menambah koleksi kosakata kalian dan membiasakan dengan grammar bahasa Inggris. Dan akan lebih bagus kalau kalian membacanya dengan keras-keras.

Membaca dengan keras membuat kalian terbiasa melafalkan kosakata Inggris tanpa khawatir kesalahan tata bahasa. Beberapa pelajar berlatih membaca dengan video online yang ada transkripnya. Kalian bisa mengucapkan transkrip tersebut kemudian membandingkannya dengan pelafalan sang pembicara.

5.Bicara sendiri

Bicara pada diri sendiri atau mengungkapkan apa yang di pikiran menjadi cara belajar bahasa inggris sendiri yang lumayan efektif. Katakan dengan keras bahwa kalian sedang menonton TV, membaca buku, atau sedang masak makanan.

Terbiasa bicara sendiri dalam bahasa Inggris akan membantu kalian lebih fasih dalam menerjemahkan apa yang ada di pikiran menjadi susunan kalimat. Dan tidak perlu khawatir salah, karena tidak ada yang mengoreksi kesalahan kalian.

6.Nonton film tanpa subtitle

Bagi penggemar film, gunakan hobi kalian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Dan usahakan untuk nonton movide tanpa subtitle. Kenapa? Adanya subtitle biasanya membuat kalian lebih fokus dengan subtitle dan tidak terangsang untuk memperhatikan bagaimana sang aktor mengucapkan kosakata.

Jangan lupa juga untuk menonton film yang sesuai dengan level bahasa Inggris kalian. Bagi pemula, disarankan untuk menonton film yang kalian sudah tahu alur ceritanya. Sehingga kalian tinggal memusatkan perhatian pada percakapan dalam film tersebut.

Demikian tadi 6 cara cepat berbicara bahasa Inggris. Sebagian besar cara di atas bisa kalian lakukan secara mandiri. Tapi kalau kalian memang kesulitan berlatih mandiri, ada baiknya bergabung dengan kursus bahasa Inggris yang ada di kota kalian. Nah selamat berlatih dan sukses selalu ya!

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *