Cara Download Font dan Daftar Situs Terbaiknya

Cara Download Font – Bagi kalian yang bekerja dengan Microsoft Word, Power Point, Corel Draw, maupun Photoshop, pasti sangat sering berhubungan dengan font huruf. Jenis font yang tepat akan membuat tulisan kalian lebih indah dan menarik orang untuk membacanya.

Begitu pentingnya font, bahkan semua perusahaan berusaha menampilkan font unik pada tulisan logonya. Kalau kalian perhatikan lambang Windows, mereka juga menggunakan font yang berbeda-beda pada setiap versinya.

Dan di komputer kalianpun mungkin juga sudah ada banyak jenis font. Karena sudah ada font bawaan Microsoft Windows seperti Arial, Calibri, Impact, Times New Roman, Tahoma, dan masih banyak lagi. Tapi kalau dipakai berulang kali, bisa jadi membuat kalian bosan dan ingin menambah font baru.

Dengan teknologi yang semakin maju, tidak terlalu sulit mendapatkan font baru. Ada banyak CD program maupun situs di internet yang menyediakan koleksi font. Kalau kalian memiliki CD program yang berisi font, kalian hanya tinggal menginstalnya ke komputer.

Sedangkan kalau mencari font dari website, kalian hanya perlu mengunduh, lalu menginstalnya sehingga bisa digunakan program pengolah data, desain, ataupun editor gambar. Apalagi koleksi font ada di berbagai situs dan bisa kalian dapatkan secara gratis.

Berikut ini beberapa situs penyedia font terkenal yang menawarkan banyak koleksi font gratis

  • Fonts.google.com

Seperti biasa, google selalu menjadi situs nomor satu saat kita membutuhkan sesuatu, termasuk untuk mencari font gratis. Google font menyediakan lebih dari 900 jenis font, dengan mulai dari kelompok serif, sans serif, display, handwriting, maupun monospace.

Google font banyak digunakan web designer untuk mendapatkan font unik secara cepat. Kalian bisa mempersempit pencarian dengan memilih font berdasarkan kategori, bahasa, dan ketebalan. Dan bagian terbaik dari google font adalah font bersifat kustom. Sehingga kalian bisa mengedit ketebalan maupun kemiringannya.

  • 1001font.com

Jangan tertipu dengan namanya. Situs ini tidak hanya menyediakan font sejumlah 1001, tapi ada lebih dari 9000 font. Situs ini juga sering mengupdate dengan font high quality. Untuk memudahkan menemukan font yang sesuai dengan pekerjaan desain, kalian bisa mencari font berdasarkan font style, ukuran, maupun beratnya.

1001 font memang menyediakan lebih banyak jenis font, tapi tidak semua gratis. Ada banyak font yang memang bertujuan komersial.

  • Dafont.com

Dafont menjadi salah satu situs penyedia font terbaik dan tertua yang pernah ada. Sebagian besar font bisa didapatkan secara gratis, tapi ada juga yang berbayar. Yang fantastis, dafont menyediakan lebih dari 40 ribu font di situs webnya. Bayangkan betapa banyaknya, google font saja kurang dari seribu.

Karena koleksi fontnya sangat banyak, maka kalian akan menemukan pengelompokan font yang banyak pula. Ada kategori kartun, komik, western, kaligrafi, hewan, anak-anak, dan masih banyak lagi. Untuk menggali jenis-jenis font unik, langsung saja jelajahi dafont.com

  • Fontspace.com

Kalau bisa membuat desain font, kalian bisa menguploadnya di fontspace.com. Karena situs ini memang memuat hasil karya font dari 2.700 desainer font dari seluruh dunia. Makanya tidak mengherankan kalau ada lebih dari 38 ribu font yang terdaftar di situs ini.

Seperti biasa, kalian juga bisa melihat preview font yang hendak dipilih. Tapi sepertinya situs ini mengharuskan login terlebih dulu bagi siapa saja yang ingin mengakses font. Yang unik, situs ini juga menampilkan nama dan foto desainer fontnya.

  • Behance.net

Behance sebenarnya bukanlah situs penyedia font, tapi ini seperti wadah desainer dari seluruh dunia menampilkan karya mereka. Tapi kalian bisa mencari font terbaik dengan mengetikkan “free font” di mesin pencariannya.

Bagi desainer grafis yang sedang mencari font untuk logo, poster, maupun baner medsos, behance menjadi salah satu tempat terbaik untuk dijelajahi. Karena behance menyediakan desain font unik yang sangat jarang ditemukan di website lainnya.

Apakah kalian suka dengan font jenis slab serif, script, ataupun handwriting? Kalian bisa menemukannya dengan mudah di behance.net

  • Abstractfonts.com

Seperti namanya, abstract fonts menyediakan font unik dan berkualitas tinggi untuk diunduh. Dan sebagian besar font yang ada di sini bisa kalian unduh secara gratis. Kelebihan mencolok abstract fonts adalah, situs web ditampilkan dengan antarmuka yang user friendly.

Siapapun bisa melakukan pencarian font dengan mudah dan menyenangkan. Satu lagi, situs ini juga termasuk rajin dalam mengupdate jenis font baru.

  • Fontstruct.com

Di fontstruct.com, kalian tidak hanya menjadi pemakai font. Tapi juga belajar membuat font untuk diri sendiri maupun dibagikan ke orang lain. Karena fontstruck juga bisa difungsikan sebagai website pembuat font online. Di sini kalian juga bisa mengembangkan skill desain font dengan belajar dari pembuat font dari seluruh dunia.

Fontstuck memuat lebih dari 43 ribu font yang dibuat desainer dari seluruh dunia, dan kalian juga bisa berkontribusi di dalamnya. Untuk memudahkan pembuatan font, kalian bisa mengkloning buatan orang lain untuk kemudian didesain ulang sesuai selera.

  • Urbanfonts.com

Urbanfonts menjadi salah satu web penyedia font lainnya yang akan membantu kalian mendapatkan font unik dan gratis. Kelebihan situs ini adalah sangat mudah digunakan dan tampilannya yang enak dilihat.

Fitur previewnya bisa dibilang salah satu yang terbaik. Kalian bisa melihat preview yang detail, termasuk bentuk font yang ditampilkan dengan sangat jelas.

Cara download font

Nah langsung saja kali ini akan kami jelaskan cara download font dari salah satu situs penyedia font, yaitu www.fonts.google.com. Kenapa kami pilih Google Font? Karena situs ini menyediakan banyak font secara gratis serta proses download sangat mudah. Selain itu, kalian bisa memilih berdasarkan banyak kategori.

Berikut ini langkah-langkah mendownload font dari Google Font

  • Buka google font, yaitu https://fonts.google.com. Perhatikan gambar di bawah ini, kalian bisa memilih font berdasar kategori, bahasa, maupun ketebalan. Setelah searching, hasil pencarian juga bisa diurutkan berdasarkan trending, popularitas, font terbaru, serta urutan nama.

  • Begitu menemukan jenis font yang sesuai, klik pada lambang “+” dan segera muncul jendela preview. Kalau font tersebut sudah sesuai, kalian bisa langsung mendownload dengan meng-klik tanda panah ke bawah

  • Dalam beberapa detik, font akan segera terunduh dalam bentuk file zip

Cara install font

Font yang sudah terunduh tidak serta merta langsung bisa digunakan. Tapi kalian harus menginstalnya terlebih dulu, ini dia caranya

  • Kita tadi sudah mengunduh font berjenis roboto. Extract file yang terunduh dalam format zip

  1. Copy salah satu font dengan ekstensi TTF (true type font)
  2. Paste ke folder font yang ada di C:\Windows\Fonts

Cara install font lainnya adalah dengan meng-klik kanan file ekstensi TTF, lalu pilih “install”.

Selesai sudah proses download dan install font dari google font. Sekarang font “roboto black” sudah terpasang di sistem windows dan bisa digunakan di microsoft word kalian.

Nah itu tadi tutorial cara download font, cara instalasinya, serta informasi beberapa website penyedia font terbaik. Semoga bermanfaat dan membantu dalam mendapatkan font terbaik sekaligus segera terinstal ke komputer kalian. Selamat mencoba ya!

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *