Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Gmail dan Google Maps

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Gmail – Keteledoran bisa membuat kalian meninggalkan HP di kampus, bus, atau di tempat umum lainnya. Atau tiba-tiba ada orang yang berjalan menabrak kalian di jalan dan tanpa disadari HP kalian raib. Kehilangan “teman digital” bisa membuat kalian sedih, stres, marah, jengkel, dan perasaan campur aduk lainnya.

Tidak hanya kehilangan kontak ke teman maupun relasi, tapi HP menjadi salah satu perangkat paling pribadi yang dimiliki seseorang. Di dalamnya ada foto, video keluarga, dan file-file penting lainnya. Itulah kenapa kehilangan HP menjadi kehilangan besar.

Nah, bagi kalian yang sedang bingung karena HP-nya hilang, jangan panik! Selama HP kalian masih terhubung ke sinyal WIFI atau jaringan seluler, kalian bisa menggunakan beberapa cara melacak HP yang hilang berikut ini.

Cara melacak HP yang hilang dengan gmail

Tidak salah kalau google mendapat julukan sebagai raja dunia internet. Karena banyak fiturnya yang membantu pekerjaan manusia, termasuk dalam melacak HP yang hilang. Lho, emang bisa ya melacak HP hilang dengan gmail?

Jelas bisa. Bagi pengguna gmail, semua aktivitas kalian pada dasarnya direcord oleh google dan disimpan di servernya. Google akan mengawasi hal kecil seperti website apa saja yang kalian buka, sampai pada lokasi kemana saja kalian pergi.

Bahkan hal-hal detail seperti waktu tempuh, jarak tempuh, maupun jalan yang dilewati, google tahu. Sekilas memang google memata-matai penggunanya. Tapi ini akan berguna saat HP kalian hilang. Lalu bagaimana cara melacak HP yang hilang dengan email gmail? Ini dia beberapa caranya

1.Find my device (android device manager)

Hampir semua ponsel keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur Find My Device yang biasanya ada di pengaturan. Tapi kalau belum ada, berarti kalian harus dowonload Find My Device di google play store. Dengan fitur ini, HP yang hilang secara otomatis akan bisa dilacak lokasinya.

Nah kalau kalian kehilangan HP, keberadaanya bisa diketahui dengan langkah-langkah ini

•Buka browser dari laptop, tablet, maupun smartphone
•Buka tautan www.google.com/android/find atau www.google.com/android/devicemanager
•Untuk verifikasi, kalian akan diminta memasukkan password google. Ketik password google, lalu akan muncul jendela Find My Device dan minta persetujuan untuk melacak. Klik “terima atau accept”
•Di sebelah kiri ada beberapa pilihan. “PUTAR SUARA” yang akan membuat HP berdering selama 5 menit (walau dalam mode silent), “AMANKAN PERANGKAT” yang akan mengunci perangkat sehingga tidak ada orang bisa masuk, serta “HAPUS PERANGKAT” yang akan menghapus semua konten yang ada di dalam HP
•Klik salah satu diantara 3 pilihan di atas. Kalaupun tidak memilih, kalian bisa mengetahui keberadaan HP dengan melihat maps. Untuk mengetahui detail lokasinya, klik gambar HP yang ada di maps tersebut

2.Google maps

Bagi kalian yang sering mengunakan google maps sebagai peta dan pencari lokasi, kalian juga bisa memanfaatkan google maps untuk melacak HP yang hilang lho. Dan google maps mampu menentukan lokasi keberadaan HP secara real time. Wah hebat ya!

Nah berikut ini cara melacak HP hilang dengan google maps

•Buka aplikasi google maps atau masuk ke situs www.google.co.id/maps
•Kalau belum login, silakan login akun gmail terlebih dulu. Kalau sudah, kalian bisa langsung ke langkah ketiga di bawah ini
•Klik menu bergaris tiga yang ada di kiri atas, lalu pilih “bagi lokasi”
•Setelah itu, pilih waktu pelacakan. Ada 2 pilihan, yang pertama “selama 1 jam” dan “sampai kalian sendiri menonaktifkan fitur ini”
•Selanjutnya pilih kontak yang akan diberi link lokasi HP tersebut. Kalian bisa membagikannya melalui email gmail, WA, SMS, atau media messaging lainnya
•Kalau kontak sudah ditentukan, google akan mengkonfirmasi apakah lokasi HP (dalam bentuk link) benar-benar akan dibagikan. Untuk membagikan, silakan klik “turn on”
•Nah sekarang lokasi terkini HP kalian sudah bisa diketahui dengan membuka link yang dibagikan tadi. Kalian juga bisa mengetahui berapa persen baterei yang tersedia

3.Location history

Cara melacak HP dengan email gmail lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur location history yang ada pada google maps. Tahukah kalian bahwa dengan fitur location history ini, google menyimpan semua aktivitas yang kalian lakukan.

Walaupun tidak semua orang suka dengan fitur ini, tapi ternyata sangat bermanfaat saat HP kalian hilang di kemudian hari. Tapi sebelum menggunakan location history, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Berikut ini caranya

•Buka google.com lalu masuk ke akun gmail
•Klik kotak-kotak kecil di kanan atas, lalu klik account
•Kalian akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Lihat ke take the privacy checkup (lakukan pemeriksaan privasi), dan klik get started (mulai)
•Klik tombol agar location history aktif (on)

Begitu location history diaktifkan, itu artinya kalian mengizinkan google “memata-matai” tempat yang dikunjungi selama membawa perangkat smartphone tersebut.

Sedangkan untuk mengetahui lokasi terakhir dari HP yang hilang, bisa kalian lakukan dengan membuka google maps via website, klik garis tiga di sebelah kiri atas, lalu pilih linimasa. Atau bisa juga dengan langsung membuka https://maps.google.com/locationhistory.

Sekarang kalian bisa mengingat-ingat kapan terakhir menggunakan HP atau perkiraan waktu hilangnya. Silakan isi perkiraan tanggal, bulan, dan tahun di jendela linimasa.

Kalau HP masih dalam kondisi hidup dan bisa menangkap sinyal internet, maka kalian berpeluang besar mendapatkan informasi lokasi terkini. Tapi kalau ternyata HP tersebut dicuri orang dan telah logout, maka kalian hanya mengetahui lokasi terakhir sebelum logout.

Nah itu tadi 3 cara melacak HP yang hilang dengan melibatkan email gmail. Jadi memang sangat penting bagi kita untuk mendaftar email gmail di HP. Apapun merek HP kalian, email gmail yang terpasang akan membantu pelacakan saat HP kalian hilang.

Selain dengan email, apakah ada cara lain untuk menemukan HP yang hilang? Ada, yaitu dengan bantuan software atau aplikasi. Beberapa aplikasi akan membantu menemukan HP dengan membunyikan nada dering, mengirim lokasi GPS ke email, atau kalau HP itu dicuri orang, aplikasi akan menghapus data yang ada di dalam HP.

Bahkan ada aplikasi yang bisa mengambil foto atau suara pencuri dan mengirimkannya ke ponsel kita. Dan ada lebih banyak lagi yang bisa dilakukan aplikasi.

Tapi ingat, sebagian besar aplikasi bersifat pencegahan. Artinya, kalian harus sudah menginstalnya sebelum HP tersebut hilang atau diambil orang. Hanya beberapa saja yang diinstal setelah ponsel hilang.

Beberapa aplikasi pelacak HP yang populer diantaranya: Family Locator, Hidden Eye, My Mobile (khusus HP samsung), My Friends (khusus Apple), Friend Locator, Carberus Anti Theft, Prey Anti Theft, Where’s My Droid, Android Lost Free, dan masih banyak lagi.

Itu tadi 3 cara melacak HP yang hilang dengan bantuan email gmail dan google maps. Sekarang gak perlu pusing-pusing lagi kan untuk melacak HP yang hilang. Selamat mencoba ya!!

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *