Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI? Emang Bisa Ya?

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan IMEI – Handphone sekarang ini sudah menjadi barang pribadi yang sangat berharga. Lalu apa jadinya kalau HP yang selalu menemani kita tiba-tiba raib begitu saja? Pastinya kalian merasa jengkel, sedih, lemes, dan gelisah kan? Apalagi kalau di dalam HP tersebut tersimpan berbagai file pribadi seperti foto maupun video keluarga.

Koleksi momen-momen penting yang tak terlupakan hilang begitu saja. Belum lagi kalau kalian menyimpan berbagai data dan file penting. Wah bisa-bisa pekerjaan terbengkelai niy.

Daripada berkeluh kesah yang tak ada habisnya, lebih baik kalian segera mencari solusinya. Beberapa cara yang biasa dilakukan untuk melacak keberadaan HP kita adalah melalui gmail, GPS, atau dengan bantuan aplikasi. Tapi bagaimana dong kalau masih belum ketemu juga?

Tenang, karena ada cara lain yang harus kalian coba. Salah satunya dengan memanfaatkan nomor IMEI. Tapi sebelum kita bahas cara melacak HP yang hilang dengan IMEI, yuk ada baiknya kita kupas dulu apa itu IMEI?

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor unik sebanyak 15 hingga 16 digit yang dimiliki setiap HP. Tapi karena setiap hari jumlah HP selalu bertambah, ada kemungkinan jumlah digit IMEI juga bisa bertambah di masa depan.

Jadi setiap HP di seluruh dunia pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor IMEI ini fungsinya mirip KTP, yaitu sebagai identitas bagi HP. Identitas nomor IMEI ini digunakan operator telekomunikasi dalam mengidentifikasi HP yang menggunakan jaringan mereka.

Nomor IMEI sendiri biasanya tercantum di dalam baterei HP atau di bagian bawah dus HP. Bagi pengguna Android, kalian juga bisa mendapat info nomor IMEI dengan membuka settings> about> status> IMEI Information.

Cara lain untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan dial *#06#. Walau pabrik HP sudah mencantumkan nomor IMEI, tapi kebanyakan orang tidak mencatatnya.

Jadi demi keamanan, jangan sampai lupa nomor IMEI ya. Kalaupun ternyata kalian tidak sempat mencatat, setidaknya jangan buang kotak dus HP.

Nomor IMEI memang unik, tidak heran kalau nomor IMEI ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk melacak keberadaan HP yang hilang. Lalu bagaimana cara melacak HP yang hilang dengan IMEI? Emang bisa ya? Yuk ikuti ulasannya berikut ini.

1.Hubungi service center operator jaringan

Yang pertama, kalian bisa minta bantuan ke kantor service center operator jaringan. Cara ini sebenarnya agak ribet. Yang jelas kalian harus memberitahu nomor HP serta nomor IMEI. Petugas service center biasanya juga akan meminta surat kehilangan dari kepolisian.

Cara melacak HP yang hilang dengan IMEI ini bisa memberikan lokasi yang akurat karena operator memiliki alat untuk melacak tower terdekat yang terhubung dengan nomor IMEI tersebut. Sehingga dengan sendirinya keberadaan HP kalian akan terlacak lokasinya.

Walau bisa melacak lokasi HP dengan akurat, cara ini memerlukan sedikit keberuntungan. Para pekerja operator jaringan memiliki kesibukan luar biasa, sehingga tidak semuanya bersedia melacak HP kalian yang hilang.

Dan cara ini juga akurat hanya jika HP kalian masih hidup dan masih menerima sinyal. Tapi kalau HP sudah mati atau SIM-nya sudah diganti, setidaknya kalian tahu lokasi terakhir sebelum HP tersebut dimatikan.

2.Find my device

Salah satu cara termudah melacak keberadaan HP yang hilang adalah dengan memanfaatkan Google Find My Devide. Tapi cara ini tidak memerlukan nomor IMEI. Yang kalian butuhkan hanyalah membuka www.google.com/android/find dan login dengan akun google.

Setelah login, google segera mendeteksi jenis HP yang terhubung ke akun google dan melacak lokasinya. Setelah terlacak, ada 3 pilihan langkah yang bisa kalian ambil yaitu PUTAR SUARA, AMANKAN PERANGKAT, dan HAPUS PERANGKAT.

Putar suara akan bermanfaat kalau HP ternyata tidak jauh dari tempat kita. Kalau kalian pilih putar suara, HP akan berdering sehingga keberadaannya segera kalian temukan.

Lalu bagaimana kalau HP lokasinya berjauhan dengan kita? Saran kami, kalian segera pilih amankan perangkat. Langkah ini akan mengunci HP, sehingga orang yang mengambil HP kita tadi tidak bisa masuk ke perangkat. Setelah itu kalian bisa melihat lokasinya di peta sebelah kanan layar lalu pergi ke lokasi.

Begitu sampai ke lokasi, klik putar suara dan kalian akan segera tahu lokasi pasti HP yang hilang tadi. Tapi kalau 2 pilihan tadi masih belum bisa menemukan HP juga, langkah terakhirnya adalah klik hapus perangkat. Ini akan menghilangkan semua file dan data pribadi yang ada di HP kalian.

Langkah menghapus data ini juga sangat bermanfaat kalau kasusnya HP kalian dicuri dan pencurinya mengecoh lokasi HP dengan aplikasi Fake GPS. Untuk lebih jelasnya, misalnya saja kalian melakukan pelacakan dengan Find my device dan menunjukkan lokasi HP saat ini ada di suatu tempat.

Saat kalian mendatangi lokasi, ternyata HP yang dicari tidak ketemu. Bahkan lokasinya berubah lagi dalam waktu singkat. Nah kalau kejadiannya seperti itu, kemungkinan besar si pencuri menggunakan Fake GPS. Aplikasi ini akan mengelabuhi pemilik HP dengan mengirim data lokasi yang salah.

Ya udah, kalau kondisinya memang seperti itu, cara teramannya adalah dengan menghapus semua data di dalam HP secara permanen.

Walaupun perangkat HP dan semua data hilang, setidaknya orang yang mengambil HP tadi tidak bisa menyalahgunakan data yang ada di dalamnya. Karena kalau ada data pribadi yang tersebar atau disalahgunakan, pasti sangat sulit mengatasinya.

Nah demikian tadi langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk melacak HP yang hilang dengan IMEI. IMEI memang bisa dimanfaatkan untuk melacak HP yang hilang, tapi kalian akan merepotkan banyak pihak. Kalau sekiranya artikel ini bermanfaat, jangan segan-segan dibagikan ke saudara atau teman yang memerlukan ya.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *