Cara Membuat Footnote di MS Word Dengan Penulisan Yang Benar

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI
Cara Membuat Footnote – Saat membaca buku, majalah, situs, atau artikel ilmiah, pernahkan kalian melihat tulisan berukuran kecil yang ada pada bagian bawah di setiap halaman? Tulisan ini biasanya diawali dengan angka superskrip dan diikuti kalimat yang bersifat informatif atau menjelaskan sesuatu.

Apa itu footnote?

Footnote adalah catatan yang diletakkan di halaman bawah yang berisi komentar, penjelasan, atau kutipan referensi dari tulisan yang ada bagian atas halaman tersebut. Misalnya saja kalian ingin menambahkan penjelasan mengenai kalimat yang yang kalian tulis, maka kalian bisa menambahkan footnote atau catatan kaki di bagian bawah halaman. Berikut ini contoh yang mengilustrasikan adanya footnote pada tulisan artikel ilmiah #teks yang ada di artikel ilmiah# perkembangan teknologi telepon seluler tidak boleh mengganggu perkembangan keterampilan motorik pada anak usia dini.5 #Footnote# 5Andik Dwi Kuntoro, “Perkembangan Anak Usia Dini” Jurnal Psikologi, Vol. 4, No. 5, (Februari 2018), Hal 20. Bayangkan jika setiap kali penulis ingin memberikan catatan tambahan dan harus menuliskannya di akhir kalimat, maka kalimat itu menjadi lebih panjang dan membosankan. Footnote diperlukan untuk memberikan penjelasan tambahan tanpa mengganggu arah tulisan di paragraf tersebut.

Cara membuat footnote di microsoft word

Tidak semua dokumen menggunakan footnote. Tapi kalau kalian ingin memasukkan footnote pada paper yang kalian tulis dan kalian belum pernah melakukannya sebelumnya, jangan khawatir. Kalian bisa menambahkan footnote di Microsoft Word dengan sangat mudah.
Baca Juga  Cara Menghapus File Atau Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus
Berikut ini beberapa cara membuat footnote di Microsoft Word #Cara 1 – melalui menu references
  • Tempatkan kursor di lokasi tanda footnote mau dibuat. Penomoran akan muncul secara otomatis, sehingga kalian tidak perlu mengetikkan nomor
  • Pilih menu bar references, lalu klik Insert Footnote. Lalu akan muncul nomor superskrip dan kursor secara otomatis pindah ke bagian bawah halaman
  • Ketikkan footnote dengan informasi apa saja yang diperlukan
#Cara 2 – Alt + Ctrl + F Cara buat footnote lainnya yang lebih praktis adalah dengan menekan tombol Alt + Ctrl + F yang ada di keyboard PC kalian. Sama seperti cara 1, akan muncul nomor superskrip secara otomatis dan kalian bisa langsung menulis catatan kaki yang diperlukan. Lalu bagaimana kalau kita ingin menghapus footnote? Sangat mudah, kalian tinggal sorot nomor referensi pada kalimat dan tombol delete. Maka nomor referensi dan footnote di bagian bawah akan hilang dan secara otomatis menghasilkan nomor footnote yang ter-update.  

Tata cara menulis footnote

Informasi mengenai cara menulis footnote sangat diperlukan, terutama bagi kalian yang sering menulis di jurnal ilmiah, majalah, mengarang buku, atau menulis di internet. Secara umum, kalian harus memasukkan beberapa informasi ini : nama penulis, tahun terbit, judul buku atau paper atau sumber referensi lainnya, dan nomor halaman. Karena referensi tulisan bisa berasal dari berbagai macam sumber, maka format penulisan footnote-nya juga berbeda-beda. Berikut ini tata cara penulisan footnote dari beberapa sumber referensi
  • Referensi dari buku
Sampai kapanpun, buku akan menjadi sumber ilmu. Makanya buku menjadi sumber yang paling banyak dipakai dalam footnote. Informasi yang diberikan untuk footnote yang berasal dari buku mencakup : “nama pengarang, judul buku (kota: nama penerbit, tahun terbit), nomor halaman”.
Baca Juga  8 Aplikasi Edit Foto Gratis Untuk Android
Contoh, 4Dr. Peter Soedojo, BS.c, Fisika Dasar (Yogyakarta: Andi Offset, 1999), hal 20. 1 Abu Razin dan Ummu Razin, Ilmu Nahwu Untuk Pemula (Jakar: Pustaka BISA, 2018), hal 30. 3Mark W. Zemansky dkk, Kalor dan Termodinamika (Surabaya: Airlangga, 2006), hal 50.
  • Referensi dari jurnal ilmiah atau makalah
Jika kalian mengakses jurnal atau makalah sebagai referensi, maka kalian bisa menuliskan footnote dengan format berikut ini : nama penulis, “judul artikel”, nama jurnal lengkap dengan volume dan nomornya, tahun terbit, nomor halaman. Contoh footnote yang diambil dari jurnal ilmiah 2Dr. Jazi Eko, “Sistem Kontrol Suhu Jarak Jauh Berbasis SMS dan Mikroprosesor AT 8535”, Jurnal Ilmu Dasar Universitas Negeri Jember, Vol 11, No. 1 (Januari 2010), hal 10-12. 1Peter Blickle, “Peasant Revolts in the German Empire in the Late Middle Ages,” Social History, Vol. IV, No. 2 (May, 1979), 233. Sedangkan untuk fottnote yang berasal dari makalah, tidak perlu disebutkan nomor volumenya. Tapi perlu disebutkan nama pertemuan ilmiah serta kota tempat pertemuan ilmiah tersebut. Contoh, Suhartini, “Peran Lingkungan Dalam Membentuk Kepribadian Anak Usia Dini” (Makalah yang dipresentasikan pada Seminar Guru TK terbaik se-Indonesia, Yogyakarta, 2017), Hal. 25.
  • Referensi dari internet
Kalau mengutip materi dari internet, kalian tidak cukup hanya menyebutkan alamat websitenya saja. Tapi juga harus memberikan informasi tentang nama penulis, judul, dan tanggal situs tersebut diakses. Contoh, 1Syahroni Yunus, “Cara Menanam Cabe Dalam Polibag”, https://alamtani.com/cara-menanam-cabe/, (diakses pada 29 Agustus 2019) Nah sekian dulu artikel tentang cara membuat footnote di Microsoft Word dan beberapa kaedah atau tata cara penulisannya. Semoga artikel tadi bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terima kasih dan salam sukses selalu ya!!
Baca Juga  File Hilang? Ini Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di PC
(Visited 70 times, 1 visits today)

Leave a Reply