Cara Membuat Formulir Online Lewat Google Form dan Kirim File Lewat Google Drive

Cara Membuat Formulir Online – Salah satu faktor yang membuat Google digemari banyak orang adalah fitur-fiturnya yang bisa diakses secara gratis. Google form salah satunya. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau fitur ini akan membantu kalian dalam membuat formulir.

Di masa lalu, orang harus membuat draft kuesioner, survei, atau formulir pendaftaran di komputer terlebih dulu. Lalu dicetak dan disebar ke orang-orang. Tapi sekarang kalian tidak harus bekerja dengan cara tadi. Adanya google form mempermudah pekerjaan serta menghemat waktu dan biaya.

Memangnya apa sih google form itu?

Google form adalah layanan aplikasi online dari google yang digunakan untuk membuat formulir pengumpulan data. Dengan google form, kalian bisa membuat formulir dengan mudah, cepat, dan gratis.

Yang dibutuhkan hanyalah laptop atau smartphone dan sambungan internet, sehingga kalian bisa membuat form dimana saja dan kapan saja. Kalian juga tidak diharuskan memiliki skill khusus, karena kalian tinggal memilih template yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Setelah formulir dibuat, kalian bisa mengirim ke responden secara online. Bisa via email atau dengan menampilkan link formulir tadi di halaman web. Sangat mudah kan?

Untuk melakukan survey, semua dilakukan secara online. Sehingga kalian tidak perlu banyak kertas, tidak khawatir form terselip, atau kehilangan data. Karena semuanya sudah tersimpan di server google. Nah ingin tahu bagaimana cara membuat google form? Ikuti ulasan berikut ini ya

Cara membuat google form

Google form menjadi aplikasi pembuat formulir yang bisa didapatkan dengan gratis. Untuk membuat google form, satu-satunya syarat adalah memiliki akun google.

Dengan google form, kalian sudah bisa membuat form, mengajukan pertanyaan dan membuat pengaturan urutannya, mengumpulkan data dari audience, serta menyimpannya di google sheets. Agar tahu cara buat google form, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini

1.Register akun google

Sebagian besar pengguna internet sudah memiliki akun google. Kalaupun belum, kalian bisa register dengan sangat mudah.

2.Buka google docs forms

Selanjutnya kalian bisa pilih formulir atau template kosong dengan masuk ke https://docs.google.com. Untuk mulai membuat formulir baru, kalian tinggal klik template yang sudah ada atau bisa juga meng-create template baru.

Untuk melihat pilihan template, kalian bisa klik “galeri template” yang ada di kanan atas. Sedangkan untuk membuat template baru, silakan klik gambar “+” atau blank form yang ada di kiri atas.

3.Membuat form

Dengan memilih template, sekarang kalian sudah bisa membuat formulir. Untuk membuat formulir jenis apa saja, jangan lupa untuk menyertakan judul dan deskripsi singkat. Kalian juga sudah bisa menulis pertanyaan apa saja yang diperlukan di formulir tersebut.

4.Mengatur formulir

Jenis pertanyaan bisa diatur agar jawabannya berupa isian singkat, esai, tanggal dan jam, pilihan ganda, serta kotak atau lingkaran untuk dicentang. Ada 11 jenis pertanyaan yang tersedia. Kalian bisa memilih jenis pertanyaan dengan klik icon di sebelah kanan.

Kalau diperlukan, kalian juga bisa menambahkan foto serta mengatur warna pada pertanyaan. Kalian juga bisa mengatur agar responden bisa mengisi jawaban dengan mengupload file gambar, video, maupun dokumen.

5.Bagikan formulir

Kalau kalian merasa form yang dibuat sudah oke, sekarang saatnya untuk share. Kalian bisa membagikannya dengan klik tombol “kirim” di pojok kanan atas dan menuliskan daftar alamat email penerima. Agar alamat link yang tercantum tidak terlalu panjang, jangan lupa untuk mencentang “perpendek URL”.

Cara lainnya adalah dengan mencantumkan langsung form tersebut di halaman web atau dengan menampilkan link-nya.

6.Melihat hasil survei

Untuk melihat hasil kuesioner, kalian bisa klik bagian “Tanggapan” yang ada di sebelah kanan “Pertanyaan”. Hasil survei bisa dilihat secara satu per satu formulir, dalam bentuk rangkuman, maupun spreadsheets.

Kalian juga bisa men-setting agar responden hanya bisa mengirim satu tanggapan (berarti harus masuk ke akun google), atau bisa mengirim lebih dari 1 tanggapan atau agar bisa mengedit jawaban.

Google drive

Salah satu fasilitas dari google lainnya memiliki banyak manfaat adalah google drive. Kalian bisa mengakses google drive melalui alamat web maupun aplikasi di smartphone.

Salah satu kelebihan google drive adalah terintegrasi dengan fitur google lainnya seperti gmail, google photos, google plus, google form, google browser, dll. Sehingga foto, video, maupun file yang tersimpan di google drive secara otomatis tersimpan juga di fitur google lainnya tanpa harus memindahkannya secara manual.

Nah bagi kalian yang belum pernah menggunakan google drive, pasti bertanya-tanya bagaimana cara membuat google drive. Untuk memiliki akun google drive ternyata sangat mudah kok. Asal punya akun gmail, maka secara otomatis kalian bisa mengakses google drive.

Jadi bagi pengguna gmail, tidak ada yang harus dilakukan. Kalian tinggal masuk ke google.com, lalu klik kotak kecil yang ada di kanan atas dan pilih “drive”. Setelah itu, masukkan alamat email serta password dan kalianpun segera masuk ke halaman depan google drive.

Lalu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari google drive?

Banyak, beberapa layanan yang bisa dilakukan google drive diantaranya membuat dokumen dalam format word dan excel, membuat slide presentasi, sebagai media penyimpanan cloud secara gratis hingga 15 GB, mengedit foto, serta membuat form online.

Jadi google drive juga bisa dimanfaatkan untuk back up data. Dengan menyimpan di google drive, data kalian dijamin aman. Kalian tidak perlu khawatir lagi kehilangan file penting seandainya terjadi kerusakan pada laptop atau flashdisk.

Setelah file atau folder tersimpan di google drive, kalian juga bisa mengirmkan ke siapa saja yang dikehendaki. Ada 2 cara mengirim file, yaitu dengan mengirim file secara langsung via email (file bisa didownload langsung) dan dengan cara share link google drive.

Jika mengirim file langsung via email, penerima bisa mendownload langsung tanpa harus login ke google drive. Sedangkan kalau dikirim share link google drive, penerima tersebut harus memiliki akun google drive.

Cara mengirim file lewat google drive sangat mudah. Klik kanan file tersebut, lalu pilih “bagikan” atau “share”. Selanjutnya akan muncul jendela yang meminta kalian menuliskan email tujuan.

Kalian bisa menuliskan daftar email penerima di jendela tersebut. Setelah yakin file dan daftar emailnya sudah benar, silakan klik “kirim” untuk mengirimkan file ke email yang dituju.

Sedangkan cara kedua, yaitu dengan share link google drive bisa dilakukan dengan klik kanan file atau folder yang mau di-share. Lalu pilih “dapatkan link yang bisa dibagikan”, maka akan muncul halaman dialog kecil yang berisi link URL file tersebut.

Kalian bisa copy link URL tadi untuk kemudian dishare di halaman web, medsos, dikirim via email ke relasi atau siapapun yang memerlukannya.

Nah itu tadi ulasan mengenai cara membuat google form serta mengirim file dengan google drive. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!!

(Visited 22 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *