Cara Menghapus File Atau Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Cara Menghapus File – Ada kalanya kalian ingin laptop atau smartphone kalian bersih dari file, program, serta aplikasi yang tidak bermanfaat. Dengan menghapusnya, akan ada ruang penyimpanan lebih besar di perangkat kalian. Selain itu, beban sistem RAM berkurang dan perangkatpun bisa bekerja dengan lebih cepat.

Tapi terkadang kita menemui masalah adanya file yang tidak bisa terhapus. Dalam banyak kasus, file tersebut tidak bisa dihapus karena adanya virus, malware, trojan, spyware, serta file corrupt atau rusak. Dan sering juga file tersebut sedang digunakan program atau aplikasi lainnya.

Lalu bagaimana cara menghapus file yang tidak bisa dihapus ini?

Cara menghapus file di laptop

Cara 1: Tutup program

Jika file tidak bisa dihapus dan ada pesan “The action can’t be completed because a folder or a file in it is open in another program” atau “file ini use”, berarti file sedang dijalankan oleh sebuah program. Maka kalian harus segera menutup program dan coba hapus file tersebut sekali lagi.

Tapi terkadang kita tidak bisa menutup program yang sedang berjalan tersebut. Kalau seperti itu, maka kalian harus mengaktifkan task manager. Caranya adalah dengan tekan “Ctrl + Alt + Delete”, pilih “Task Manager”, lalu klik aplikasi yang akan ditutup, dan klik “End task”. setelah itu, silakan coba untuk delete file.

Baca Juga  Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di PC Menggunakan Aplikasi

Cara 2: Restart komputer

Terkadang membuka banyak program atau file bisa menyebabkan error pada komputer dan tidak diketahui progress file yang sedang running tadi. Dan me-restart secara otomatis akan menutup aplikasi serta seringkali mampu mengembalikan komputer ke keadaan normal.

Kalian hanya perlu meng-klik menu start, power, dan pilih restart. Setelah komputer nyala kembali, kalian bisa mencoba men-delete file lagi.

Cara 3: Booting ke safe mode

Kalau sudah di-restart dan file masih belum ter-delete, maka kemungkinan file tersebut telah terkena malware atau justru sistem menggunakan file malware tersebut. Kalau memang ini yang terjadi, maka cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus berikutnya adalah dengan bisa me-restart komputer dan masuk ke safe mode.

Kalau komputer kalian masih menggunakan Windows 7, caranya adalah dengan me-restart komputer lalu tekan F8 terus menerus saat komputer sudah menyala. Selanjutnya ada beberapa pilihan dan kalian bisa pilih Safe mode.

Sedangkan untuk Windows 8 ke atas, kalian bisa masuk ke safe mode dengan meng-klik restart sambil ditekan tombol SHIFT. Setelah masuk ke BIOS, pilih Troobleshoot, Advanced options, Startup settings, Restart, dan terakhir pilih Enable safe mode.

Masuk ke Safe mode berarti kalian menggunakan komputer dengan sistem minimum, sehingga sebagian besar malware juga dinonaktifkan. Dengan cara ini, kalian berpeluang besar men-delete file atau folder yang susah dihapus.

Cara 4: Gunakan software

Kalau cara di atas masih belum bisa menghapus file, maka kalian bisa menggunakan software. Ada beberapa program yang bisa diinstall, diantaranya IObit Unlocker, File Unlocker, Delete Doctor, Free Unlocker dan FileASSASIN.

Software di atas tidak akan terlalu memberatkan komputer kalian, karena memang berukuran sangat ringan. Biasanya cara ini menjadi cara terakhir untuk menghilangkan file yang sulit dihapus.

Baca Juga  7 Aplikasi Penghapus Virus Terbaik Untuk HP Android

Cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus

Selain masalah yang berhubungan dengan penghapusan file, ada kalanya kita kesulitan untuk menghapus aplikasi atau software. Padahal kita sangat ingin menghapus aplikasi yang tidak terpakai tersebut. Membersihkan komputer dari aplikasi yang tidak terpakai akan membuat kinerja lebih cepat.

Tapi membersihkan aplikasi tidak selalu mudah, kadang aplikasi seperti menolak untuk dihapus dengan cara standar atau uninstall lewat control panel. Nah berikut ini beberapa tips menghapus perangkat lunak yang tidak mau dihapus dan menjadikan komputer kalian ringan kembali.

Cara 1: gunakan Install and Uninstall Troubleshooter

Salah satu cara menghapus aplikasi yang sulit dihapus adalah dengan bantuan program nstall and Uninstall Troubleshooter keluaran microsoft. Selain mudah digunakan, program ini juga bisa didapatkan secara gratis.

Kalian juga tidak perlu menginstall program ini. Cukup download di halaman web Microsoft dan kalianpun bisa segera menggunakannya. Saat di layar muncul “Are you having a problem installing or uninstalling a program?”, maka kalian bisa memilih “Uninstalling”.

Lalu akan muncul daftar program yanga da di komputer kalian dan kalianpun bisa meng-klik program yang mau dihapus. Ikuti perintah yang ada dan software akan segera terhapus dari komputer kalian.

Cara 2: gunakan CCleaner

Tahukah kalian kalau program sederhana CCleaner ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. CCleaner sangat populer dan kalian bisa mengunduhnya secara gratis. Untuk menghapus program, kalian hanya perlu pilih ke Tools, pilih aplikasi yang hedak dihapus, lalu klik Uninstall.

Cara 3: gunakan 10AppsManager

Ada beberapa orang yang sangat jarang menggunakan aplikasi bawaan Windows 10 seperti Skype, One Note, game Solitaire, Xbox, Get Office, dll. Nah kalau kalian tidak menghapusnya, silakan coba menghapus dengan program 10AppsManager.

Baca Juga  Apa itu Dropbox, Cara Menginstall, dan Menggunakannya

Kelebihan program ini adalah kemampuannya menyimpan aplikasi yang sudah dihapus sehingga kalian bisa menginstall ulang saat memerlukannya kembali.

Cara 4: Safe Mode

Selain menjadi salah satu cara menghapus file yang tidak bisa dihapus, menyalakan komputer dengan safe mode juga bisa menjadi solusi menghapus aplikasi. Cara ini juga sangat aman, kalian tidak perlu koneksi internet, mendownload atau menginstall program tambahan.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Nah itu tadi beberapa cara menghapus file yang tidak bisa dihapus dan menghapus aplikasi yang sulit di-uninstall. Semoga tips-tips tadi membantu mengatasi masalah file, folder, atau program yang sulit dihapus. Semoga berhasil dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya!

(Visited 302 times, 1 visits today)

Leave a Reply