Cara Mengubah JPG ke PDF Dengan Gratis

Cara Mengubah JPG ke PDF – Bagi yang daftar PNS atau mungkin daftar masuk perguruan tinggi, kalian akan diminta mengirim berbagai file dalam bentuk PDF, termasuk foto. Padahal foto biasanya ada dalam format JPG. Nah saat itulah mungkin kalian akan sibuk mencari cara mengubah JPG ke PDF.

Perbedaan file jpg dan pdf

Sebelum masuk ke inti persoalan, yuk kita ketahui dulu apa itu file JPG, PDF, serta perbedaan keduanya. Agar lebih ringkas, silakan dilihat saja perbedaan file JPG dan PDF di bawah ini ya

  • Fungsi 

JPG atau JPEG merupakan kependekan dari Joint Photographic Experts Group dan saat ini menjadi ekstensi file foto paling terkenal. Ekstensi JPG berfungsi menyatukan beberapa file terpisah menjadi sebuah file yang bersatu.

Sedangkan PDF merupakan singkatan dari Portable Format Document dan bertujuan untuk membuka file dokumen dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya. Walaupun begitu, saat ini ada banyak software yang mampu mengedit file PDF secara langsung.

  • Ukuran file

Kalau kita memiliki file yang sama, file dalam format PDF berukuran lebih besar daripada JPG

  • Copy teks

Dengan bantuan software, kalian bisa mengcopy teks yang ada pada file PDF. Sedangkan pada file JPG, teks tidak akan bisa dicopy

  • Convert

Convert dari PDF ke JPG akan menghasilkan gambar yang terkompresi. Akibatnya banyak bagian gambar yang hilang dan menghasilkan detail yang kurang tajam. Sebaliknya, convert file dari JPG ke PDF akan menghasilkan gambar yang relatif utuh. Tata letak dan bagian gambar bisa terlindungi dengan baik.

Cara mengubah JPG ke PDF

Nah bagi kalian yang saat ini sedang mencari cara mengubah file gambar atau foto ke format PDF, ini beberapa cara yang kami rekomendasikan

  • Dengan software pengolah kata

Cara merubah JPG ke PDF yang pertama adalah dengan memanfaatkan software pengolah kata yang ada di komputer, misalnya Microsoft Word. 

  1. Pertama, buka software MS Word kalian
  2. Klik tab Insert, lalu pilih Picture
  3. Selanjutnya pilih file gambar yang ada di Window Explorer
  4. Atur ukuran gambar sesuai kebutuhan. Kalian juga bisa mengatur margin MS word, orientasi (portrait atau landscape), dll
  5. Selanjutnya klik File> Export> Create PDF/XPS Document
  6. Selanjutnya muncul jendela Windows Explorer, pilih lokasi penyimpanan, tentukan nama file, dan terakhir klik Publish

Cara di atas sebenarnya tidak hanya berlaku untuk file JPG saja, tapi juga bisa digunakan untuk mengubah extension gambar lainnya, seperti PNG, maupun GIF. Dengan cara yang hampir sama pula, kalian bisa menggunakan software pengolah data lainnya, misalnya WPS Office.

  • Cara mengubah file JPG ke PDF secara online

Cara merubah file JPG ke PDF juga bisa melalui beberapa situs online seperti smallpdf.com, jpg2pdf.com, pdfcandy.com, freepdfconvert.com, ilovepdf.com, dan masih banyak lagi. Cara online ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, bahkan oleh siapa saja yang belum pernah melakukannya.

Dengan merubah file JPG ke PDF secara online, kalian tidak perlu mendownload software apapun. Yang penting, tersedia perangkat (ponsel, PC, lantop) dan akses internet. 

  1. Pertama, silakan buka salah satu dari beberapa situs di atas, misalnya smallpdf.com
  2. Biasanya situs tersebut menyediakan convert dari beberapa jenis file, pilih fitur yang menyatakan ubah file JPG ke PDF
  3. Upload file JPG yang mau dikonvert ke PDF. Harap bersabar, proses upload biasanya memerlukan waktu beberapa detik
  4. Setelah file JPG terupload, kalian bisa langsung klik “buat PDF anda sekarang”, “konversi ke PDF”, atau yang semakna dengan itu
  5. Proses konversi juga membutuhkan waktu beberapa saat. Setelah selesai, biasanya kalian akan diminta mendownload file yang sudah dalam bentuk PDF. 

Oh ya, beberapa website di atas tidak hanya merubah file JPG ke PDF saja lho, tapi juga bisa untuk mengatur tampilan file PDF seperti margin, portrait atau landscape, serta paper size. 

  • Aplikasi Android

Bagi kalian yang sangat jarang berada di depan komputer, ada baiknya konversi JPG ke PDF menggunakan beberapa aplikasi Android. Ada beberapa aplikasi terbaik yang bisa diunduh di Play Store secara gratis, diantaranya

  1. JPG to PDF Converter, by Weeny Software

Ada banyak aplikasi bernama JPG to PDF Converter di Play Store, tapi tidak semuanya gratis. Salah satu yang bisa kalian unduh secara gratis adalah aplikasi JPG to PDF Converter dari pengembang Weeny Software. Hanya dalam beberapa detik, kalian bisa merubah ratusan file JPG ke PDF.

Cara penggunaanya, kalian hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store. Lalu pilih file JPG dan klik convert to PDF. Proses convert ini hanya berlangsung dalam beberapa detik. Sangat cepat kan? 

  1. CamScanner

Seperti namanya, aplikasi ini berfungsi sebagai scanner dan penyimpan file portable. Jadi aplikasi ini akan mengubah ponsel kalian sebagai scanner portable, mesin faks, dan juga konverter JPG ke PDF. Sebagai bukti populernya aplikasi ini, sudah ada lebih dari 100 juta pengguna yang menginstalnya. 

Untuk menkonvert file JPG ke PDF, pertama buka aplikasi CamScanner. Selanjutnya klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Untuk memilih file yang hendak dikonvert, klik “Import from Gallery”. Lalu untuk menconvert ke file PDF, kalian cukup klik tanda centang.

  1. Image to PDF Converter, by DLM Infosoft

Untuk mengubah file JPG ke PDF, aplikasi Image to PDF Converter menjadi salah satu pilihan terbaik. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Setelah buka aplikasi, klik tanda + dalam lingkaran hitam. Lalu kalian bisa memilih file yang hendak dikonvert, file bisa dalam jumlah banyak.

Setelah memilih file, kalian bisa klik done. Kemudian kalian akan dibawa ke jendela yang meminta kalian mengisi beberapa detail file PDF, seperti nama file, password protection, apakah menggunakan greyscale, serta file mau dikompresi atau tidak. Klik OK, maka kalian segera mendapatkan file PDF.

  1. Convert JPG to PDF and scanner

Aplikasi ini sangat baik dalam scanner gambar ke PDF, foto editor, dan juga membagikannya lewat email, Whatsapp, Dropbox, Skype, Facebook, Twitter, dan yang lainnya. Jadi file gambar yang bisa dikonvert tidak hanya JPG saja, tapi beberapa jenis file lain seperti PNG, GIF, TIFF, XPS, dan JFIF. 

Sebelum mengkonvert ke PDF, kalian bisa mengubah warna foto, grayscale, maupun mengubah ukuran. Begitu melihat preview dan puas, kalian bisa langsung merubah foto tadi ke dalam format PDF.

  1. JPG to PDF Converter Free

Satu lagi aplikasi gratis yang akan membantu kalian mengubah file gambar ke PDF. Dan tidak hanya JPG, aplikasi ini juga kompatibel untuk mengubah PNG, GIF, maupun BMP ke PDF. Untuk melindungi file PDF yang telah dibuat, kalian bisa menambahkan passcode atau kata kunci.

Sedangkan untuk mengatur kualitas gambar, kalian bisa memilih file PDF tanpa kompresi, kualitas rendah, sedang, maupun tinggi. Fitur lain yang menarik adalah adanya efek Grayscale dan black white. Ini membuat kalian bisa bebas berekspresi mendapatkan file gambar yang diinginkan.

  1. Image to PDF and Sharing

Bagi kalian yang ingin mengambil foto di tempat dan langsung membagikannya dalam format PDF, aplikasi ini bisa menjadi pilihan tepat. Setelah memilih gambar JPG dan mengganti nama file, kalian bisa langsung mengkonvert menjadi PDF file.

Nah demikian tadi beberapa cara mengubah JPG ke PDF. Sudah bukan zamannya lagi kita kesulitan saat diminta mengirim ijazah, CV, foto, maupun file lainnya dalam bentuk PDF. Karena teknologi telah memudahkan semuanya. Semoga tips di atas bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, selamat mencoba ya!

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *