Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Yang Mudah Dilakukan

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri – Bagi kalian yang bekerja di luar negeri atau bekerja sebagai account payable di perusahaan multinasional, pasti pernah mengirim uang dari satu negara ke negara lain. Tapi banyak diantara kita yang masih belum tahu cara transfer uang ke luar negeri.

Padahal bisa jadi suatu saat kita diharuskan mentransfer uang ke luar negeri. Misalnya kalau ada saudara yang sedang kuliah di luar negeri dan memerlukan uang dengan seger. Atau kita harus menstransfer uang ke mitra bisnis yang ada di luar negeri.

Dan dengan bantuan kemajuan teknologi, ada banyak cara transfer uang ke luar negeri. Selain itu, ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa ini. Misalnya saja bank, perusahaan pengiriman uang, maupun broker valuta asing. Nah berikut ini beberapa cara termudah untuk mengirim uang secara internasional.

1.Transfer antar bank

Salah satu cara termudah transfer uang ke luar negeri adalah dengan transfer manual atau datang langsung ke kantor bank. Anda tinggal minta bantuan pada petugas, dan mereka akan memandu tata cara transfer uang ke luar negeri.

Seperti halnya transfer dalam negeri, anda juga akan diminta mengisi lembar form pengiriman. Yang penting anda memiliki data yang diperlukan, diantaranya nomor rekening, nama, serta alamat penerima. Nah, untuk pengiriman uang ke luar negeri, anda harus mengetahui kode SWIFT bank penerima.

Baca Juga  Cara Download Font dan Daftar Situs Terbaiknya

Kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecomunications) merupakan kode unik yang dimiliki setiap bank di dunia yang digunakan sebagai identifikasi untuk transfer uang antar negara. Kode SWIFT berupa karakter yang berjumlah 8 sampai 11 huruf dan biasanya ditulis di depan nomor rekening penerima.

2.Transfer lewat ATM

Kalau anda tidak ingin antri di bank, cara praktis lainnya adalah transfer melalui ATM. Anda bisa mengirim uang kapan saja, karena mesin ATM akan online selama 24 jam.

Yang perlu diperhatikan, anda harus cek dulu berapa charge atau biaya transfer uang ke luar negeri. Karena biasanya bank mengenakan biaya yang lumayan tinggi untuk transfer uang antar negara.

Untuk transfer uang ke luar negeri, anda hanya tinggal pilih menu “Transaksi Lainnya”, “Transfer”, kemudian pilih menu “Visa Money Transfer”. Lalu masukkan kode SWIFT dan nomor rekening bank penerima, serta tulis nominal uang yang ditransfer. Mudah kan?

Jangan lupa juga untuk menyimpan bukti transfer untuk jaga-jaga apabila ada masalah yang mengganggu proses transfer tersebut.

3.Jasa pengiriman uang

Selain transfer melalui bank, anda juga bisa memanfaatkan perusahaan jasa transfer uang ke luar negeri. Walaupun perusahaan pengiriman uang tidak sebesar dan bonafit seperti bank, tapi jangan khawatir. Cara ini sangat aman, bisa dipercaya, dan biayanya tidak semahal lewat bank.

Hanya saja, kadang-kadang pengiriman uang tidak secepat bank dan bisa memakan waktu hingga beberapa jam, tergantung negara tujuan. Berikut ini 3 besar perusahaan layanan pengiriman uang ke luar negeri yang ada di Indonesia

•Western union

Western Union merupakan salah satu perusahaan pengiriman uang paling populer di Indonesia. Mereka memiliki sekitar 18.000 agen yang tersebar di berbagai kota di tanah air. Anda bisa mendapatkan jasa Western Union di kantor pos, Indomart, Pegadaian, hingga JNE.

Baca Juga  Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Photoshop Portable CS4

Bahkan mereka juga memiliki kerjasama dengan beberapa bank nasional seperti bank BTN, Mandiri, Maybank, BRI, Danamon, dll.

Untuk mentransfer uang ke luar negeri, anda bisa datang langsung ke agen terdekat lalu isi formulir dengan data yang benar. Setelah terisi lengkap, serahkan formulir, uang yang hendak ditransfer, serta sejumlah biaya pengiriman.

Jangan lupa untuk membawa pulang tanda bukti transaksi, karena itu bisa digunakan untuk mengecek progress uang yang anda kirimkan melalui situs web Western Union.

•Moneygram

Walaupun tidak sepopuler dan jumlah agen tidak sebanyak Western Union, tapi Moneygram juga bisa menjadi alternatif perusahaan pengiriman uang pilihan. Lambat laun perusahaan yang berdiri tahun 1998 ini semakin melebarkan sayapnya dengan 2500 agen yang ada di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.

Teknis pengiriman maupun pengambilan uang dengan Moneygram sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Western Union. Tapi Moneygram menawarkan biaya transfer uang ke luar negeri yang lebih murah.

•Paypal

Bagi yang sering jual beli online ataupun menjadi freelance, pasti pernah mendengar nama Paypal. Karena banyak transaksi online yang menggunakan Paypal sebagai sarana pembayarannya. Selain untuk jual beli online, Paypal ternyata juga bisa digunakan untuk transfer uang ke luar negeri.

Tetapi Paypal tidak memiliki kantor agen, sehingga anda hanya bisa mentransfer uang secara online atau menggunakan smarthphone atau komputer yang tersambung ke internet. Dan untuk mengaktifkan layanan kirim uang ini, anda harus menghubungkan kartu ATM atau kartu kredit ke account Paypal anda.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI
Baca Juga  8 Aplikasi Edit Foto Gratis Untuk Android

Setiap layanan transfer tadi akan menggunakan nilai tukar mata uang yang sedikit berbeda, sehingga anda akan menerima nominal uang dalam Rupiah yang berbeda pula. Jadi sebelum menentukan pilihan, ada baiknya anda menanyakan biaya layanan dan nilai tukar yang digunakan.

(Visited 51 times, 1 visits today)

Leave a Reply