contoh kalimat simple present tense positif negatif interogatif

Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif Interogatif

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif Interogatif – Belajar tense, itu pasti hal utama yang akan diajarkan oleh guru bahasa Inggris. Menghafalkan banyak tense artinya harus kerja keras bagi para siswa dan siswi. Mengaplikasikannya pada sebuah kalimat akan lebih mudah jika sudah menghafalkan seluruh tense.

Bisa juga dibalik cara belajarnya yaitu belajar cara menghafalkan tense melalui contoh. Manapun cara belajar yang akan kamu tempuh, pastikan semua tense berhasil kamu kuasai. Jika tense sudah dikuasai, maka kata kerja, kata benda, kata sambung adalah mater yang sudah di luar kepala.

contoh kalimat simple present tense positif negatif interogatif

Belajar tense bisa dilakukan selangkah demi selangkah yang artinya kamu bisa belajar dari jenis tense yang paling mudah untuk dihafalkan. Tense dasar ini tidak lain adalah simple present tense, yakni tense yang digunakan untuk menyatakan kegiatan saat ini. Termasuk dalam present tense, simple present tense ini tidak dapat digunakan pada past tense atau future tense.

Baca Juga  Contoh Kalimat Conjunction yang Sering Digunakan Sehari-hari

Nah setiap tense memiliki tiga rumus yang harus dihafalkan yaitu untuk kalimat positif, kalimat negatif dan kalimat tanya dan kalimat interogatif. Masing-masing kalimat memiliki rumusnya sendiri namun jangan khawatir pada dasarnya rumus yang digunakan hanya dibolak balik kok jadi jangan khawatir untuk bisa menghafalkannya dengan mudah.

Mari belajar masing-masing tense melalui contoh kalimat simple present tense positif negatif dan interogatif berikut ini.

Simple present tense kalimat positif

Pada kalimat positif terdapat rumus dasar yang paling mudah dihafalkan yaitu Subjek + verb 1 (+ -s/ -es). Jadi pada kalimat yang akan diciptakan semua kata kerja yang digunakan adalah kata kerja pertama dan untuk menyatakan masa sekarang kamu cukup menambahkan kata kerja dengan -s atau -es di belakangnya. Berikut ini contoh kalimat dan artinya:

She works (Dia bekerja)

He walks (Dia berjalan)

She cooks (Dia memasak)

I speaks (Aku berbicara)

Dilihat dari contoh di atas kamu bisa menambahkan objek atau keterangan setelah kata kerja digunakan. Misalnya menjadi ‘She works at night’ (Dia bekerja malam hari), ‘ He walks on the street’ (Dia berjalan di jalan), ‘ She cooks at the kitchen’ (Dia memasak di dapur).

contoh kalimat simple present tense positif negatif interogatif

Simple present tense kalimat negatif

Pada kalimat negatif terdapat rumus yang digunakan cukup ditambahkan dengan not maka rumus yang digunakan berubah menjadi Subjek + does/ do + not + verb 1. Pada kalimat negatif kamu tidak perlu menambahkan -s atau -es. Berikut ini contoh kalimatnya.

He does not come (Dia tidak datang)

She does not pass (Dia tidak lewat)

I do not drive (Aku tidak menyetir)

Sama seperti pada kalimat positif, kamu juga bisa menambahkan objek setelah kata kerja menjadi He does not come at the end’, ‘She does not pass at 9 o’clock’, I do not drive a car’.

Baca Juga  Fasih Bahasa Inggris Dengan Memahami Rumus 16 Tenses

Simple present tense kalimat interogatif

Pada kalimat interogatif dan kalimat tanya ini ada beberapa perubahan yang terjadi pada rumus simple present tense Rumus yang digunakan berubah menjadi Does/ do + Subjek + verb 1 + Objek.

Tidak menggunakan -s atau -es di akhiran kata kerja namun tetap menggunakan does/ do di awal kalimat yang merupakan kata kerja bantu. Berikut ini contoh kalimat yang digunakan.

Baca Juga  Pengertian Rumus Present Continuous Tense dan Contohnya

Does she pay the bill? (Apakah dia membayar tagihan?)

Does he hike the mountain? (Apakah dia mendaki gunung?)

Do you play the game? (Apakah kamu bermain game?)

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Sekian untuk contoh kalimat simple present tense positif negatif interogatif, semoga bermnafaat dan supaya anda lebih paham lagi butalah contoh kalimat simple present tense positif negatif interogatif lainnya yangs esuai rumus.

(Visited 2,516 times, 3 visits today)

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru. Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya. Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply