Rumus Contoh Simple Past Tense Lengkap dengan Penggunaannya

Contoh Simple Past Tense – Bagi kalian yang ingin menguasai grammar, tenses menjadi salah satu bagian yang harus dipelajari dan dilatih. Dan banyak siswa yang merasa bahwa 16 jenis tenses menjadi bagian tersulit dari pelajaran bahasa Inggris. Tapi tenang, semuanya akan menjadi mudah kalau kalian pelajari step by step dan dipraktekkan terus menerus.

Nah sebagai salah satu bagian dalam aturan tenses, simple past tense adalah salah satu yang sering digunakan dalam percakapan. Karena itu, kali ini kami mencoba berbagi simple past tense beserta contoh pemakaian dalam kalimat.

Tapi sebelumnya, yuk kita bahas dulu apa itu simple past tense?

Simple past tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang sudah terjadi atau kejadian di masa lampau. Beberapa keterangan waktu yang sering digunakan pada kalimat simple past tense adalah yesterday, last week, two days ago, dll.

Dikatakan simple, karena peristiwanya terjadi pada satu waktu yang spesifik, yaitu di masa lampau saja. Selain itu, bentuk atau rumus simple past tense juga cukup sederhana.

Kalimat positif (+):
•Subjek + Verb2, contoh: the lecturer came, he called me, the teacher answered my question
•Subjek + to be (was/where) + Adjective/Adverb, contoh: she was at the library yesterday

Kalimat negatif (-):
•Subjek + did not + Bare infinitive/bentuk dasar, contoh: the lecturer did not come, he did not call me
•Subjek + to be (was/where) + not + Adjective/Adverb, contoh: she was not at the library yesterday

Kalimat interrogatif (?):
•Did + Subjek + Bare infinitive?, contoh: did the lecturer come?, did he call me?
•To be (was/where) + Subjek + Adjective/Adverb?, contoh: was she at the library yesterday?

Bagi kalian yang sudah familiar dengan simple present tense, pasti tidak terlalu sulit memahami simple past tense. Karena keduanya memang memiliki bentuk yang hampir sama. Perbedaannya hanyalah pada simple past tense menggunakan bentuk kata kerja lampau atau verb 2.

Untuk mengubah kata kerja dasar ke verb2, kalian tinggal menambahkan akhiran -ed atau -d di belakang kata kerja dasar. contohnya answered, asked, closed, enjoyed, dll.

Tapi ada juga kata kerja verb2 yang bentuknya tak beraturan. Contohnya begin menjadi began, drink menjadi drank, eat menjadi ate, leave menjadi left, dan masih banyak lagi. Nah agar lebih jelas, yuk kita lihat contoh pemakaian kalimat simple past tense berikut ini

1.Kejadian di masa lalu yang sudah selesai

Yang pertama, simple past tense biasa digunakan untuk menggambarkan kejadian di masa lalu dan telah selesai dilakukan pada masa tertentu. Biasanya kalimat ini diikuti dengan keterangan waktu, meski ada juga yang tidak disertai keterangan waktu yang jelas. Berikut ini contoh kalimat past tense-nya

•I played football three days ago
•I traveled to Bali last year
•She did not come to my wedding party two weeks ago
•Did you see Jonathan in the classroom yesterday?
•I saw the sunrise

2.Kejadian berurutan yang sudah selesai di masa lalu

Lalu simple past tense juga digunakan untuk menjelaskan urutan beberapa kejadian atau perbuatan yang telah selesai di waktu lampau. Agar lebih jelas, ini dia contoh simple past tense-nya

•I finished the job, went to the restaurant, and ate favourite food
•Mr Director Arrived in the office at 9.00, attended internal meeting at 9.30, and met the business partner at 10.30

3.Kebiasaan di masa lalu tapi sekarang sudah tidak dilakukan lagi

Simple past tense juga umum digunakan untuk menggambarkan kebiasaan, aktivitas sehari-hari, atau peristiwa yang sering terjadi di masa lalu. Kalian bisa mengungkapkannya dengan beberapa keterangan waktu seperti always, always, maupun never. Contoh,

•I always swam in the pool when I was a kid
•She usually went to school before 7.00 o’clock
•I learned German when I was student

Gimana, tidak sulit kan? Semoga penjelasan tadi mempermudah kalian dalam menguasai tenses bahasa Inggris. Selain belajar teori, jangan lupa juga untuk berlatih percakapan ya. Selamat mencoba!!

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *