Contoh Sinopsis Dongeng Bahasa Inggris

Dongeng Bahasa Inggris – Dongeng menjadi salah satu cara menanamkan pedidikan moral dan pelajaran hidup pada anak. Dari zaman ke zaman selalu muncul dongeng tentang kehidupan hewan, persahabatan, cinta, alam, dll. Dengan penyampaian yang menarik dan menghibur, dongeng seringkali lebih mampu meninggalkan kesan bagi anak-anak.

Nah bagi ayah bunda yang ingin mengajarkan pendidikan moral sekaligus mengenalkan bahasa Inggris, ada baiknya untuk membacakan dongeng bahasa Inggris untuk anak anda. Tapi sebelum bercerita, ada baiknya ketahui beberapa sinopsis dongeng bahasa Inggris berikut ini.

1.Unity is Strength (persatuan adalah kekuatan)

Suatu hari sekelompok merpati dan rajanya terbang sangat jauh dan sangat lelah. Setelah melihat nasi berserakan di atas tanah, merekapun mendarat dan mulai makan. Betapa terkejutnya mereka saat seorang pemburu datang dan menangkap semua merpati dengan jaring.

Mati-matian merpati tersebut untuk keluar tapi tetap tidak berhasil. Sang raja memiliki ide agar semua merpati terbang sekaligus membawa jaring secara bersama-sama. Mereka terbang menuju sebuah bukit yang menjadi tempat tinggal tikus.

Raja merpati berteman baik dengan tikus. Begitu sampai ke tujuan, tikus segera memotong jaring dan membebaskan merpati satu per satu.

Pelajaran: kita menjadi lebih kuat saat bersatu dan bekerja sama

2.The Ant and The Dove (semut dan merpati)

Di suatu hari yang panas, seekor semut mencari air di pinggir sungai. Dia mencoba minum dari atas batu kecil lalu terpeleset dan jatuh ke sungai. Rupanya seekor merpati yang baik hati melihat semut yang jatuh tadi. Merpati mencoba menolong dengan memetik daun dan menjatuhkannya ke sungai.

Semut lalu naik ke atas daun yang kemudian membawa semut ke pinggir sungai. Semutpun langsung meloncat ke tanah dan mengucapkan terima kasih pada burung merpati.

Di lain waktu, ada seorang pemburu burung yang hendak melemparkan jaringnya untuk menangkap burung merpati. Merpati yang menolong semut tadi sedang istirahat dan tidak tahu kalau dia dalam bahaya. Semut yang mengetahui bahaya tadi datang, lalu menggigit kaki sang pemburu.

Karena kesakitan, pemburu menjerit dan melepaskan jaringnya. Merpati yang mendengar jeritan tadi segera terbang dan selamat dari ancaman pemburu.

Pelajaran: perbuatan baik akan mendatangkan balasan kebaikan

3.The Golden Egg (telur emas)

Alkisah, di sebuah desa hiduplah seorang lelaki bersama istri dan kedua anaknya. Mereka memiliki ayam yang mengeluarkan satu telur emas setiap hari. Dengan satu telur emas dalam sehari, keluarga itu hidup sangat berkecukupan.

Tapi laki-laki itu belum puas dan menginginkan semua telur emas yang ada ayam. Lalu pada suatu pagi, dia memutuskan untuk membunuh ayam dengan memotong lehernya. Alangkah terkejutnya dia karena dia tidak mendapati apapun selain darah. Tidak ada telur emas sama sekali.

Kalau sebelumnya dia mendapatkan telur emas setiap hari, sekarang dia tidak mendapatkan apapun. Akibat serakah, hidupnya menjadi miskin dan sengsara.

Pelajaran: seseorang jangan menjadi serakah dan harus merasa bersyukur dengan apa yang didapatkannya

4.The Bear and The Two Friends (beruang dan 2 orang sahabat)

Suatu ketika dua orang sahabat berjalan melewati hutan dan berjanji akan saling membantu saat bertemu marabahaya. Tiba-tiba saja ada beruang besar mendekati mereka berdua. Salah satu orang segera lari meninggalkan temannya dan memanjat ke atas pohon. Tapi teman yang satunya tadi tidak bisa memanjat pohon.

Dengan akal sehatnya, dia berbaring dan pura-pura mati. Beruang mendekati orang yang terbaring tadi tapi tidak menyentuh sedikitpun. Beruang tidak berminat dengan makhluk mati dan orang itupun selamat.

Pelajaran: sahabat sejati seharusnya menolong dalam situasi apapun

5.The Lion and The Mouse (Singa dan Tikus)

Seekor tikus yang sedang berlari-lari tanpa sadar mengganggu dan membangunkan singa yang sedang tidur. Dengan marah, singa menangkap dan ingin membunuh tikus itu. Lalu tikus memohon untuk dilepaskan. Jika dilepaskan, tikus berjanji akan membalas kebaikan singa. Alhasil, singa melepaskannya sambil tertawa.

Beberapa waktu kemudian, singa tersebut tertangkap pemburu dan diikat dengan tali yang sangat kuat. Singapun mengaum sekuat-kuatnya. Tikus mengenali suara singa, lalu segera datang untuk menggigit tali dan membebaskan sang singa.

Pelajaran: jangan meremehkan, bahkan seekor tikus bisa menyelamatkan singa

Dengan menampilkan karakter hewan, pesan-pesan kebaikan dalam dongeng bahasa Inggris tadi lebih mudah diterima anak-anak. Nah, sekarang saatnya bagi anda untuk membaca dan menceritakan dongeng tadi kepada putra putri anda. Selamt mendongeng ya!

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *