Apa Itu Google Ads Express & Bedanya Dengan Google Ads Biasa

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Google Ads Express – Internet marketing melahirkan beberapa strategi turunan dalam memasarkan produk. Salah satunya adalah Search engine marketing (SEM) atau yang dikenal juga sebagai iklan pencarian berbayar. Pada SEM, pengiklan membayar sejumlah uang agar iklan bisnisnya muncul di mesin pencari.

Diantara sekian banyak mesin pencari, mana yang harus kalian gunakan untuk iklan? Intuisi kita pasti mengatakan untuk menggunakan mesin pencari dengan pengunjung terbanyak, yaitu google. Google saat ini menjadi penguasa mesin pencari, dengan market share di atas 92%.

Itulah sebabnya banyak bisnisman yang menggunakan platform google adwords (google ads) untuk mengiklankan produknya. Dan sekarang google telah memiliki dua jenis platform, yaitu google adwords reguler dan google adwords express.

Mungkin ada di antara kalian yang bertanya-tanya perbedaan kedua platform tadi dan mana yang tepat untuk bisnis kalian? Nah kali ini kami akan bantu menjelaskan keduanya

Apa itu google ads?

Banyak orang penasaran dengan istilah google adwords atau google ads. Lalu apa google ads itu? Secara singkat, google ads adalah salah satu fasilitas dari google yang menawarkan pada marketer untuk mengiklankan produknya di hasil pencarian google.

Jadi kalian bisa menawar keyword atau kata kunci yang sesuai dengan layanan atau produk yang kalian jual, sehingga iklan akan muncul saat kata kunci tadi diketikkan di mesin pencari google. Praktik seperti ini disebut juga dengan istilah paid search atau iklan berbayar.

Baca Juga  Apa Itu Reseller, Keuntungan, dan Bagaimana Cara Kerjanya

Tapi tenang, biaya untuk mendapat service dari google ads tidak sebesar yang kalian kira. Sebagai pengiklan, kalian hanya membayar ke google ads Indonesia saat iklan kalian di-klik oleh pengguna. Nah, itulah yang disebut dengan Pay Per Click (PPC). Cara ini membuat biaya iklan menjadi jauh lebih irit.

Pengiklan dari seluruh dunia bisa menggunakan google adwords dengan sangat mudah. Kalian hanya harus memiliki akun di google dan bisa mendaftar google adwords tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis.

Penting juga untuk diketahui bahwa pengiklan di google adwords harus memiliki pengetahuan dalam beriklan secara online dan meluangkan waktu. Karena kalian akan sangat terlibat dalam pengaturan dan pengawasan iklan sehingga iklan tersebut berhasil.

Di sini kalian diberi kebebasan untuk menuangkan ide iklan. Jadi kalian benar-benar diberikan kendali penuh yang menentukan keberhasilan iklan tersebut. Google adwords juga memberikan kesempatan untuk menampilkan beberapa format iklan, seperti animasi unik, video maupun iklan teks.

Google ads sangat bagus untuk menguji design iklan atau banner mana yang paling menarik calon pelanggan potensial sekaligus menguji kemampuan kreatif kalian.

Apa itu google ads express?

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa bagi kalian yang hendak mengiklankan produk di google, maka ada 2 pilihan platform, yaitu google ads dan google ads express. Keduanya menggunakan fasilitas periklanan google yang sama, tapi format iklannya sangat berbeda.

Google ads express sendiri disebut-sebut sebagai versi sederhana dari google ads dan baru muncul belakangan pada tahun 2011. Jika pada google ads kalian dituntut mampu mengontrol iklan secara mandiri, maka pengguna google ads express tidak harus memiliki skill ini. Karena semuanya sudah dilakukan oleh google.

Ya benar, google ads express melakukan sebagian besar tugas iklan di google. Layanan ini sangat cocok dan sangat bermanfaat bagi pebisnis yang belum terbiasa beriklan di google, atau tidak memiliki banyak waktu untuk mengontrol iklan di internet.

Baca Juga  8 Aplikasi Pemotong Video Online, Sangat Cocok Untuk Pemula

Dalam waktu relatif singkat, iklan kalian akan siap. Bagi kalian yang ingin berhemat waktu, google ads express rasa-rasanya lebih pas dibandign google ads biasa. Kalian juga tidak harus memiliki website sendiri. Kalian sudah bisa beriklan hanya dengan register akun google bisnis.

Saat orang mencari kata kunci yang sesuai dengan jenis usaha kalian, lokasi usaha kalian akan segera muncul di hasil pencarian google. Dan ini membuat bisnis kalian dengan cepat dikenal oleh pengguna google.

Itulah sebabnya, saat mendaftar akun gogle bisnis kalian diminta memasukkan data jenis usaha serta lokasinya. Informasi lokasi usaha juga bermanfaat untuk menentukan pangsa pasar. Berdasarkan wilayah, google akan menentukan target audience berdasarkan jarak dari lokasi usaha serta target audience berdasar kota atau negara.

Saat pengguna google berada di sekitar lokasi usaha kalian dan dia mengetikkan kata kunci yang relevan dengan bisnis kalian, maka iklan kalian akan muncul di hasil pencarian.

Sekilas, menggunakan google ads express nampaknya menjadi solusi cepat dan praktis bagi pemilik usaha. Tapi google ads express sebenarnya meninggalkan “kelemahan besar” yang membuat pengiklan tidak bisa memaksimalkan keuntungan beriklan di google.

Kalau beriklan melalui google ads express, maka kalian tidak benar-benar menentukan sendiri kata kunci yang akan menampilkan iklan kalian. Kalian hanya diharuskan memilih “kategori bisnis” saat mendaftar, dan google-lah yang memilih kata kunci untuk iklan kalian.

Kata kunci yang ditetapkan google ads express seringkali “terlalu luas maknanya” dan tidak 100% cocok dengan bisnis kalian. Artinya, iklan bisa muncul setiap kali ada orang yang searching dengan kata kunci mirip. Bahkan iklan bisa tetap muncul seandainya orang tadi salah eja atau salah ketik.

Baca Juga  Cara Membuat Blog Gratis yang Mudah dan Cepat tanpa Coding

Strategi iklan seperti ini bisa berguna, misalnya kalau perusahaan kalian memiliki volume pencarian yang rendah. Tapi jelas ini bukan strategi iklan yag bijak. Sebelum meng-klik iklan, pengguna goolge biasanya tahu iklan mana yang cocok dengan kebutuhan mereka.

Strategi iklan seperti ini tidak akan mendorong pengguna untuk meng-klik, dan akibatnya iklan kalian memiliki rate klik yang rendah.

Kapan harus menggunakan google ads express

Tujuan awal google ads express adalah untuk memudahkan setiap orang bisa beriklan di google. Tapi apakah ini cocok untuk semua bisnis? Jawabannya adalah tidak.

Pengiklan google ads express tidak mengontrol atas apa yang diiklankan, sehingga platform ini bermanfaat untuk bisnis lokal dengan budget minim. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan google ads express seandainya tidak memiliki jumlah pegawai yang cukup untuk mengontrol iklan.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Nah demikian tadi ulasan singkat mengenai google ads dan google ads express. Bagi kalian yang ingin kebebasan dalam memasang iklan, akan lebih baik menggunakan google ads. Tapi kalau ingin yang lebih praktis dan lebih sedikit pikiran, sebaiknya memakai google ads express. Jadi, platform yang ingin kalian gunakan?

(Visited 47 times, 1 visits today)

Leave a Reply