Tips Melatih Writing Skill IELTS Preparation

IELTS Preparation – IELTS (International English Language Testing System) merupakan ujian kemampuan bahasa Inggris yang perlu diikuti oleh kalian yang ingin mendaftar kuliah, bekerja ataupun migrasi ke luar negeri.
Untuk mendaftar kuliah di universitas luar negeri kamu memerlukan skor IELTS sebagai syarat untuk mendaftar kuliah. Setiap institusi pendidikan meminta skor IELTS minimal yang berbeda – beda. Bahkan di perguruan tinggi yang sama dengan jurusan yang berbeda, nilai IELTS yang diminta bisa berbeda pula.

Ujian IELTS pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989, hingga kini ujian ini masih diselenggarakan oleh British Council, Universitas Cambridge dan IDP Educational Australia.

Ujian IELTS dirancang untuk menguji kemampuan kamu dalam bahasa Inggris seperti kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Itu sebabnya struktur IELTS terdiri dari Reading, Writing, Listening, dan Speaking.

Ujian IELTS dilaksanakan dengan durasi 2 jam 45 menit. IELTS dinilai berdasarkan pada nilai masing – masing sesi yang terpisah dengan kisaran skor 0 – 9. Kemudian skor IELTS akan diratakan dengan skor akhir skala 0 – 9.
Pada saat pelaksanaan tes IELTS semua jawaban tes IELTS ditulis tangan, sedangkan bagian speaking akan dinilai langsung oleh penguji yang mendengar jawaban kamu. Biaya ujian IELTS sekitar $195 – $220, dengan biaya tersebut kamu akan mendapatkan sertifikat IELTS yang berlaku selama 2 tahun.

Tips Belajar IELTS untuk Melatih Writing Skill

Salah satu bagian dari tes IELTS adalah writing. Untuk melatih kemampuan writing, kamu bisa melakukan hal – hal berikut ini:

• Membaca Pertanyaan dengan Cermat

Saat membaca pertanyaan IELTS Test, bacalah dengan cermat. Kamu bisa menggarisbawahi poin penting yang perlu kamu jelaskan di dalam tulisanmu. Ini perlu kamu lakukan agar jawaban yang kamu berikan relevan dan sesuai dengan topik.

• Mengerjakan Task 2 Terlebih Dulu

Kamu bisa mengerjakan task 2 terlebih dulu karena task 2 nilainya dua kali lipat dari task 1.

• Setelah Membaca Soal, Jangan Langsung Menulis

Setelah kamu membaca soal, sebaiknya jangan langsung menulis. Namun, buatlah perencanaan mengenai jawaban apa yang akan kamu berikan dan poin – poin apa saja yang akan kamu masukkan dalam tulisan kamu.

• Perhatikan Word Limit

Pada saat mengerjakan tes writing IELTS, kamu memperhatikan word limit. Task 1 kamu diminta menulis minimal 150 kata, sementara pada task ke-2 minimal 250 kata. Sebaiknya kamu menulis dengan jumlah kata lebih dari yang ditentukan, namun jangan terlalu panjang juga. Perhatikan waktu yang diberikan dengan dan tulis jawaban yang relevan dengan topik.

• Jangan Menulis Ulang Soal

Sebaiknya kamu tidak menuliskan ulang soal dalam tulisan kamu karena soal yang kamu tuliskan tidak akan dihitung.

• Gunakan Gaya Tulisan Formal

Gunakan gaya penulisan formal saat mengerjakan tes writing IELTS. Misalnya, kamu bisa menggunakan “is not” daripada “isn’t”.

Dimana IELTS Preparation Jakarta yang Bagus?

Di Jakarta ada banyak tempat kursus yang menawarkan program IELTS preparation. Namun, sebelum mendaftar IELTS preparation, sebaiknya jangan asal mendaftar IELTS Preparation. Carilah IELTS preparation Jakarta yang berkualitas.

Salah satu ILETS Preparation yang direkomendasikan adalah Westwoodprep.com. IELTS preparation Jakarta ini metode pengajaran yang kuat dengan memfokuskan pada perbendaharaan kosakata dalam bidang akademik.

Dengan pengajar berpengalaman di bidangnya dan materi yang telah dikembangkan untuk mengetahui kelemahan siswa, Westwoodprep.com dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan nilai IELTS yang bagus berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *