Internet Adalah Penemuan Yang Mengubah Dunia

Internet Adalah – Saat ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam hidup manusia. Dimanapun berada, kalian bisa terhubung dan mengetahui yang terjadi di belahan dunia lain dengan sangat cepat. Dengan kata lain, internet sudah membuat dunia terasa sempit.

Internet juga menjadi salah satu penemuan terhebat abad ini yang memberikan informasi dan pengetahuan yang tiada habisnya.

Hampir tidak ada orang di bumi yang tidak terhubung dengan internet. Baik untuk kepentingan pendidikan, bisnis, pekerjaan, sumber informasi, maupun sekedar mencari hiburan. Kalian bisa mendapat berbagai materi pelajaran dari internet.

Keberlangsungan bisnis perusahaan juga sangat ditentukan oleh bagaimana mereka melakukan promosi atau marketing secara online. Bahkan banyak aktivitas yang 20 tahun lalu dilakukan manusia, sekarang bisa dilakukan secara online dan digantikan oleh internet.

Pengguna internet di seluruh dunia mungkin tak terhitung lagi jumlahnya, tapi apakah semuanya paham apa itu internet, sejarah penemuan internet, ataupun hal-hal detail lain mengenai internet. Faktanya, banyak yang masih belum faham hakekat internet yang sebenarnya.

Nah agar tahu jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas, yuk ikuti ulasannya berikut ini

Apa yang dimaksud dengan internet?

Interconnected network atau internet adalah jaringan sangat besar yang membuat jaringan komputer di seluruh dunia bisa saling terhubung dengan menggunakan standar teknologi transmission control protocol/ internet protocol suite (TCP/IP).

Dengan berbagai peralatan pendukung seperti komputer, data center, server, router, repeate, satelite, kabel, serta wifi, informasi digital bisa berkeliling ke seluruh dunia untuk diakses jutaan orang.

Peralatan-peralatan ini juga yang membuat kalian bisa saling berkirim email dengan rekan kerja yang ada di luar negeri, update status di medsos, nonton siaran langsung pertandingan sepakbola secara streaming, bahkan melakukan transaksi jual beli online.

Di dalam internet juga terdapat miliaran alamat web atau situs yang memberi kepada kalian informasi tak terbatas. Singkat kata, internet telah menjadi alat komunikasi terbaik yang membantu aktivitas bisa selesai lebih mudah dan memberikan banyak kenyamanan bagi kehidupan manusia.

Sejarah penemuan internet

Bicara tentang sejarah internet, ada banyak versi yang mengklaim sebagai pihak paling berjasa dalam penemuan internet. Akan lebih adil kalau kita katakan bahwa internet merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang melibatkan banyak pihak.

Jadi rasa-rasanya tidak adil kalau menisbatkan penemu internet pada satu orang atau satu organisasi saja. Walaupun begitu, banyak yang percaya bahwa internet bermula dari penelitian yang dilakukan tim dari University of Los Angeles-California (UCLA) untuk menghubungkan komputer yang dimiliki militer dan universitas di Amerika.

Tim peneliti tersebut mengembangkan jaringan komputer dengan dana dari Advance Research Projects Agency (ARPA) atau pusat penelitian departemen pertahanan Amerika Serikat. Tujuan penelitian agar komputer yang tersebar di berbagai kota bisa berbagi data, informasi, maupun ruang penyimpanan.

Awalnya, salah seorang peneliti yang bernama Leonard Kleinrock berniat mengirim kata “LOGIN” dalam bentuk kode binary. Tapi kesalahan teknis menyebabkan hanya dua huruf yang terkirim yaitu “LO”.

Walau gagal mengirim kata “LOGIN” secara lengkap, tapi keberhasilan mengirim kata “LO” tadi menjadi keberhasilan transmini jaringan komputer pertama di dunia. Dia berhasil mengirim data dari UCLA ke Universitas Stanford yang berjarak sekitar 505 km.

Karena keberhasilannya itu, banyak yang menobatkan Leonard Kleinrock sebagai bapak internet. Padahal sebenarnya yang bekerja pada program ARPANET itu bukan hanya Leonard Kleinrock saja, tapi ada anggota tim lainnya yang perannya tidak bisa dianggap enteng.

Di tim tersebut ada programmer muda bernama Charles Kline. Bahkan bisa dibilang Charles Kline yang mengirim kata “LO” tadi, tentunya di bawah supervisi Leonard Kleinrock. Selain itu, ada juga Robert Taylor yang juga punya peran penting dalam penemuan internet.

Dari sejarah tersebut, tidak mengherankan kalau banyak yang berkesimpulan bahwa penemu internet adalah Leonard Kleinrock. Karena memang dialah yang memiliki peran paling dalam penemuan internet. Dia pula yang mengajukan disertasi Doktor berjudul “Information Flow in Large Communication Nets”, yang di kemudian hari menjadi dasar dari lahirnya internet.

Manfaat internet

Nah setelah tahu pengertian internet dan sejarahnya, lalu apa manfaatnya bagi kehidupan? Berikut ini kami telah mengumpulkan beberapa manfaat internet, diantaranya

1.Sumber informasi

Saat kalian memiliki pertanyaan dalam bidang apa saja, internet siap memberikan solusi. Tinggal ketik di mesin pencari seperti google, kalian akan menemukan halaman web yang memberikan jawaban. Bahkan ada banyak penjelasan yang ditampilkan dalam format video youtube.

2.Komunikasi tercepat

Di zaman bapak ibu kita, orang butuh berhari-hari atau berbulan-bulan untuk mengirim kabar lewat surat. Sekarang, internet membuat kalian bisa mengirim informasi pada siapapun dan di belahan bumi manapun dalam hitungan detik.

Turunan teknologi internet seperti email atau whatsapp telah menggantikan pos dan menjadi alat komunikasi tercepat yang digunakan ratusan juta orang di seluruh dunia.

3.Transaksi

Layanan internet berupa E-banking akan membantu kalian melihat saldo tabungan, melakukan transaksi jual beli, maupun mengirim uang, tanpa harus beranjak dari depan komputer. Kalian juga bisa membayar tagihan telepon, listrik, air secara online.

Jual beli online menjadi salah satu manfaat terbesar dari online. Kalian bisa menjual barang barang tanpa harus memiliki kios maupun membeli barang tanpa keluar rumah. Dengan internet, kalian bisa membandingkan harga antar toko online serta melihat ulasan orang lain tentang toko tersebut. Ini akan membantu kalian membuat pilihan terbaik dalam bertransaksi.

4.Bisnis

Bagi kalian yang senang berbisnis atau penjual, internet menjadi tempat terbaik untuk berjualan. Karena situs web kalian akan selalu mempromosikan produk ke seluruh dunia selama 24 jam. Ada banyak ibu rumah tangga, karyawan, maupun pelajar yang mendapat banyak keuntungan dari berbisnis lewat internet.

Bahkan saat ini bisa dibilang hampir semua perusahaan mengandalkan internet marketing sebagai ujung tombak penjualan. Sebaliknya, ada banyak bisnis yang gagal karena tidak terlalu serius dalam memajukan internet marketingnya.

5.Menemukan alamat

Teknologi GPS telah membuat internet mampu menemukan alamat manapun di dunia. Internet mampu menentukan posisi kalian dan bisa memberi informasi alamat restoran, lapangan olahraga, tempat ibadah, atau taman bermain terdekat.

Misalnya kalian membutuhkan jasa service komputer, maka internet segera memberi tahu jasa service komputer lokal yang ada di sekitar tempat tinggal kalian.

6.Bekerja di rumah

Internet membuat setiap orang bisa bekerja di perusahaan tanpa harus keluar rumah atau bekerja di kantor virtual. Bahkan kalau punya kemampuan bahasa asing, kalian bisa bekerja untuk perusahaan luar negeri dan mendapat penghasilan lebih besar.

Kerjasama ini jelas saling menguntungkan. Perusahaan tidak harus menyewa gedung, sementara karyawan tidak harus mengeluarkan uang untuk menitipkan anaknya.

7.Hiburan

Satu lagi manfaat dari internet adalah untuk mengakses berbagai jenis hiburan. Ada banyak video, film, pertandingan olahraga, atau game online yang akan membuat pikiran fresh kembali.

Penggunaan internet untuk hal yang positip memang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kehidupan. Tapi, internet itu bagaikan pisau bermata dua. Dia bisa menjadi senjata yang memudahkan pekerjaan kita, tapi bisa juga merugikan.

Berapa banyak situs yang memuat konten tidak pantas dan pada akhirnya merusak akal. Selain itu, siswa yang terlalu banyak menghabisan waktu dengan internet cenderung mengabaikan pelajaran di sekolah. Sementara ada beberapa orang yang terganggu kesehatan fisik dan mentalnya akibat penggunaan internet yang berlebihan.

kesimpulannya, penyebaran internet tidak akan bisa ditahan lagi. Yang terpenting adalah bagaimana mengontrol internet agar memberikan manfaat. Dan jangan lupa untuk memantau penggunaan internet pada anak-anak. Kalau perlu, orang tua bisa menetapkan berapa lama anak boleh berinteraksi dengan internet dalam sehari.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *