Apa itu Jasa Penitipan Anak?

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Jasa penitipan anak adalah salah satu trend atau fasilitas yang lahir di dunia modern. Karena sebelumnya, trend anak-anak dititipkan di jasa penitipan belum ada. Jadi, fenomena ini lahir karena munculanya modernitas. Kebutuhan orang tua baik laki-laki maupun perempuan untuk sama-sama bekerja. Baik meniti karir, menyeimbangkan keuangan keluarga atau berusaha untuk membagi hak dan tanggung jawab secara proporsional.

Secara tradisional, anak-anak yang belum memasuki usia sekolah dasar (kisaran dibawah umur 6 tahun). biasanya masih diasuh ibu di rumah. Proses pendidikan dan pengenalan kehidupan serta kemampuan-kemampuan dasar dilakukan oleh ibu di rumahnya. Itulah contoh yang terjadi dengan budaya-budaya agraris pedesaan di Indonesia sebelumnya, seperti ibu-ibu kita yang mendidik anaknya sebelum memasuki usia TK dan SD. Mereka mengasuh dan menyapih selama menunggu proses masuk ke kelas TK dan SD.

Tetapi dunia berubah begitu cepat. Kebutuhan suami dan istri untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Kemudian melahirkan jasa penitipan anak. Jasa penitipan anak ini dibentuk karena banyaknya ibu-ibu muda yang ingin tetap bisa berproduktif tanpa harus jauh-jauh dari anak. Biasanya anak pra usia sekolah diasuh oleh asisten rumah tangga di rumah. Tetapi karena kebutuhan ibu-ibu muda untuk tetap bsisa berdekatan dengan anak-anaknya. Maka muncullah jasa penitipan anak di dekat lokasi-lokasi pekerjaan, perkantoran, industri dan bahkan di pusat pendidikan.

Baca Juga  Beberapa Lokasi Daycare Kelapa Gading

Jasa penitipan anak yang muncul ini dapat dibedakan menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah jenis daycare. Yaitu tempat penitipan anak yang memiliki lokasi tidak jauh dari pusat perkantoran dan perindustrian. Didirikan oleh yayasan tertentu. Daycare jenis ini biasanya menggunakan jasa pengasuh, mempunyai kurikulum tersendiri, serta mempunyai program peningkatan kemampuan anak sesuai umurnya. Waktu beroperasinya daycare jenis ini biasanya menyesuaikan jam kerja para orang tua yang mentiipkan anak-anaknya. Ada yang mulai membuka jam 7 tetapi ada juga jam 9 pagi. Mereka akan tutup ketika anak-anaknya sudah pulang.

Daycare jenis ini biasanya menerpakan harga penitipan sesuai dengan jenis umur anak yang dititipkan. Ada yang dibawah balita, ada juga yang masa periode antara umur lima hingga enam tahun. Daycare memiliki pengasuh yang berguna menjalankan program kurikulum. Semisal makan bersama, cuci tangan, makan siang, menonton kartun, tidur siang hingga bermain bersama. Daycare jenis ini juga biasanya sangat fleksibel. Semisal ketika ada anak sakit. Mereka akan menghubungi anda dan bisa dibawa pulang lebih dahulu. Begitu juga kebalikannya. Saat anda akan pulang cepat anak bisa dibawa pulang lebih dahulu.
Selain daycare jenis pertama ini. Terdapat juga daycare jenis kedua. Biasanya disebut dengan Tempat Penitipan Anak (TPA) yang bergabung dengan Taman Kanak-Kanak. Atau biasanya berdiri sendiri. Penggabungan ini biasanya agar anak usia TPA bisa melanjutkan sekolah di taman kanak-kanak tersebut. Nah, untuk tempat pendidikan anak yang berdiri sendiri. Ini kebnayakan didirikan di dalam perkantoran itu sendiri. Seperti sebuah divisi yang dikelola oleh perusahaan itu sendiri. Perkantoran seperti Kementerian Keuangan dan kompleks Pemda DKI telah memiliki Tempat penitipan anak bagi anak-anak pekerja di lingkungan tersebut.

Baca Juga  Gaji PNS dan Tunjangannya Berdasarkan Golongannya
KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Tempat penitipan anak yang berdiri di bawah lembaga perkantoran ini biasanya memungut biaya tidak terlalu besar. Anak-anak memiliki pengasuh dan tidak memiliki kurikulum yang terlalu banyak. Biasanya hanya makan bersama, bermain dan tidur siang. Hingga anda menjemputnya saat sore hari. Nah, jika anda bekerja di perkantoran besar. Anda bisa tanyakan kepada atasan anda atau teman-teman anda. Apakah kantor anda memiliki tempat penitipan anak.

(Visited 105 times, 1 visits today)

Leave a Reply