Apa Itu Kata Benda Bahasa Inggris? Simak Contohnya Berikut

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Kata Benda Bahasa Inggris – Belajar bahasa Inggris adalah kegiatan yang wajib dilakukan sehari-hari jika ingin segera menguasainya. Salah satu bagian dalam bahasa Inggris yang penting adalah kata benda. Apa itu kata benda?

Arti simpel dari kata benda adalah ‘thing’ dan kata benda adalah dasar untuk membangun kalimat. Kata benda dapat merepresentasikan seseorang atau orang, hewan, tempat, ide bahkan emosi. Banyak sekali kata benda yang bisa Anda pikirkan saat ini bukan?

Semakin banyak kata benda yang Anda kuasai maka akan semakin mudah untuk melakukan komunikasi dalam bahasa Inggris. Apa yang membuat kata benda menjadi sebuah noun? Anda bisa mempelajari pada bagian dari fungsi noun dalam kalimat.

Noun sendiri bisa berbentuk jamak (plural) atau tunggal (singular). Pada umumnya kata benda bisa berubah menjadi jamak jika ditambahkan s pada akhir kata. Namun tidak semuanya, beberapa kata benda ada yang mengalami perubahan kata.

Kata benda yang mengalami perubahan kata seperti man – men, woman – women, teeth – tooth. Anda perlu menghafalkan jenis-jenis kata benda yang mengalami perubahan bentuk kata seperti halnya irregular verb.

Bentuk jamak dalam kata benda bahasa Inggris dibagi lagi menjadi dua yaitu kata benda yang dapat dihitung dan tidak. Kata benda yang dapat dihitung akan menyertakan angka seperti two dogs, three cards, five fingers.

Baca Juga  Universitas Durham dan Jurusannya

Kata benda yang tidak dapat dihitung tidak menggunakan angka untuk menghitung namun menggunakan tambahan many, much, some. Jenis0jenis kata benda ini adalah air, water, weather, music.

Kata benda juga dapat digunakan sebagai bentuk kepemilikan. Noun dalam bentuk ini disebut sebagai possessive noun. Cirinya adalah penggunaan ‘s diakhir subjek kemudian baru diikuti kata benda. Misalnya saja seperti mother’s bag (tas milik ibu) atau ani’s clothes (pakaian milik Ani).

Fungsi Kata Benda dalam Bahasa Inggris

Kata benda bahasa Inggris memiliki fungsi yang penting untuk membuat sebuah kalimat. Letak dari kata benda ini bisa berbagai macam sesuai dengan fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi kata benda sesuai dengan tipenya:
Kata benda sebagai subjek
Kata benda dapat digunakan sebagai subjek kalimat. Bentuknya bisa berupa seseorang, tempat, ide atau hal lainnya. Fungsinya adalah sebagai bentuk ungkapan dari kata kerja. Sangat mudah menemukan kata benda dalam bentuk ini.

Misalnya saja ‘the woman stepped on her dress’ (dia menginjak terusannya), ‘the bike rush in to the wall’ (Sepeda itu menabrak dinding), ‘I hit my head in the wall (Aku memukul kepalaku di dinding).

Kata benda sebagai objek tidak langsung

Objek tidak langsung adalah sebuah kata benda dalam kalimat. Objek yang tidak langsung ini bisa merepresentasikan orang dan benda yang menerima akibat dari kata kerja. Letaknya biasanya terdapat pada antara kata kerja dan objek langsung.

Contohnya saja seperti ‘He fed the dogs with rice’ (dia memberikan makan anjing dengan nasi), ‘My father was bringing a present for me this morning’ Ayahku membawa hadiah untukku pagi ini).

Kata benda sebagai objek verbal

Objek verbal adalah kata yang dibentuk dari kata kerja dan fungsinya bisa menjadi kata benda atau kata sifat. Hanya kata benda saja yang bisa menjadi objek verbal dimana gerund atau participle digunakan.

Baca Juga  Bedanya AM dan PM serta Contoh Pemakaian Dalam Kalimat

Contoh dari fungsi ini adalah ‘making delicious food is worth of effort’ (Membuat makanan yang enak layak dilakukan), ‘ After having found her mother’s bag, she want a tip’ (Setelah menemukan tas ibunya dia meminta tip’.

Kata benda sebagai complement

Pujian juga memerlukan kata benda atau kata sifat. Caranya adalah menghubungkan subjek dalam kalimat dengan copulative verb. Verb ini juga dikenal sebagai linking verb. Kemudian kalimat yang disusun selanjutnya akan menunjukan pujian secara langsung.

Contoh kata benda dalam bahasa Inggris compliment seperti, ‘the first winner is the fastest man in the swim competition’ (Juara pertama adalah orang yang paling cepat dalam kompetisi renang). ‘ the women in the middle is the fattest girl in the group’ (Wanita yang berada ditengah adalah wanita paling gemuk yang pada di kelompok).

Kata benda berfungsi sebagai kata sifat atau pengubah dari kata benda lain

Fungsi yang terakhir ini adalah penggunaan kata benda menjadi kata sifat. Cara menggunakannya adalah sebagai kata yang berbeda sesuai dengan kata benda atau kombinasi kata benda untuk membentuk sebuah kata.

Sebagai contoh seperti mountain yang merupakan kata benda dapat digunakan sebagai kata sifat yang dimodifikasi. Pada penggunaan kalimatnya menjadi ‘That man looks like a mountain goat’ Orang itu terlihat seperti kambing gunung’.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI
Baca Juga  Dialog Perkenalan Bahasa Inggris Antar Siswa dan Artinya

Contoh lainnya dalam fungsi ini adalah dog. Kalimatnya menjadi ‘dog fleas must seek out another dog after the dog dies’.

(Visited 86 times, 1 visits today)

Leave a Reply