Daya Tarik Kuliah di Inggris dan Biayanya

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Kuliah di Inggris – Kuliah di luar negeri memang menjadi impian banyak pelajar. Ada beberapa negara yang menjadi tujuan pelajar dari seluruh negara di dunia, salah satunya adalah Inggris.

Menurut data Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2017, Inggris(kuliah di Inggris, biaya kuliah di Inggris) adalah negara yang menjadi destinasi studi favorit bagi pelajar Indonesia selain Belanda dan Australia.

Lalu, kenapa kuliah di Inggris(kuliah di Inggris, biaya kuliah di Inggris) menjadi keuntungan tersendiri? Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai kuliah di Inggris yang harus kamu pertimbangkan.

1. Memiliki Universitas-Universitas Terbaik

Berdasarkan daftar Times Higher Education tahun 2017-2018, tiga dari 10 universitas terbaik yang memperoleh peringkat baik sedunia berada di Inggris.

Bahkan tahun 2019 ini, tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringkat pertama dan kedua ditempati dua kampus ternama asal Inggris yaitu University of Oxford dan University of Cambridge.

2. Kualitas Pendidikan yang Baik

Pemerintah Inggris menganggap bahwa kualitas pendidikan sebagai elemen penting dan krusial. Oleh karena itu, pemerintah Inggris betul-betul memastikan kualitas pendidikan yang maju sehingga berani ditawarkan pengalaman yang luar biasa bagi anak-anak muda dari seluruh dunia.

Sistem pendidikan yang diterapkan dalam pendidikan di Inggris bukan hanya belajar di ruang kelas, tetapi juga interaksi aktif antara pengajar dan mahasiswa melalui seminar, diskusi, praktikum, yang berfungsi untuk mengembangkan pemikiran kritis, kreatif, dan kepercayaan diri mahasiswa.

Baca Juga  Fungsi and Contoh Kata Kerja Bahasa Inggris Berakhiran Ing

3. Tingkat Penerimaan yang Tinggi.

Beberapa calon mahasiswa mungkin harus “meraba-raba” terlebih dahulu untuk bisa masuk ke universitas kenamaan di beberapa negara lain di Eropa. Namun, tidak dengan Inggris karena jalan masuk sudah terhitung banyak dan cara keberhasilan masuknya pun sudah banyak diketahui.

Beberapa seminar tahunan atau pelatihan terbukti efektif menghantarkan pesertanya kuliah di Inggris. Tips-tips mengenai cara mendapatkan skor IELTS yang tinggi, mendapat visa studi UK yang tepat, beasiswa Chevening, hingga cara meneropong karier yang diminati pada tahun-tahun ke depan.

4. Biaya Hidup Cukup Murah.

Apabila dibandingkan dengan negara lain, seperti Australia dan Amerika Serikat (AS), biaya hidup di Inggris terbilang jauh lebih murah. Meskipun begitu, Inggris memang tergolong mematok harga yang tidak lebih murah dibandingkan negara sekitar di Eropa.

Dikatakan oleh Duta Besar Inggris Raya untuk Indonesia, Timor-Leste, dan ASEAN, Moazzam Malik, kajian dari Bank HSBC menyebutkan bahwa biaya pendidikan di Inggris lebih murah ketimbang AS, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Kanada.

Oleh sebab itu, Inggris(kuliah di Inggris, biaya kuliah di Inggris) dikatakan sebagai negara dengan opsi yang lebih hemat bagi para pelajar yang menginginkan kualitas pendidikan terjamin.

5. Layanan Penuh dari Budaya Hingga Olahraga.

Seluruh universitas yang ada di Inggris mempunyai pelayanan bagi mahasiswa yang maksimal, sehingga mahasiswa akan merasakan mendapat dukungan penuh selama masa studinya. Tidak hanya masalah kesehatan yang diperhatikan, tetapi juga mengenai bakat.

Kesempatan untuk melakukan jelajah budaya pun terbuka luas, dari menjajaki festival musik, mengunjungi bangunan bersejarah, hingga sekedar untuk pertandingan sepak bola pun mahasiswa dijamin mendapatkan fasilitasnya.

Biaya Kuliah di Inggris

Biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Inggris tentu bergantung pada program yang diambil. Semakin banyak bahan-bahan praktik yang dibutuhkan, maka biayanya akan semakin tinggi.

Baca Juga  Cara Membuat Dialog Bahasa Inggris, Contoh, dan Artinya

Umumnya, biaya pendidikan untuk mahasiswa internasional per tahunnya sebesar sekitar 10,000 euro atau 190 juta rupiah hingga 38,000 euro atau sekitar 720 juta rupiah untuk jurusan kedokteran. Angka ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari jurusan kedokteran yang ada di Indonesia.

Lazimnya, jurusan sosial atau bahasa biasanya membutuhkan biaya kuliah(kuliah di Inggris, biaya kuliah di Inggris) yang relatif lebih sedikit daripada program kuliah yang melibatkan aktivitas laboratorium dan klinis.

Biaya kuliah juga akan bergantung pada jenjang yang diambil. Rata-rata, biaya kuliah di Inggris adalah sebesar berikut.

1. Jenjang Foundation / Pre-U akan memerluakan biaya sebesar 7,000-17,000 euro atau sekitar 120 – 300 juta.
2. Jenjang Diploma akan memerluakan biaya sebesar 3,000 – 15,000 euro atau sekitar 50 – 255 juta.
3. Sarjana (S1) akan memerluakan biaya sebesar 11,000 – 37,000 euro atau sekitar 180 – 650 juta.
4. Magister (S2) akan memerluakan biaya sebesar 12,000 – 39,000 euro atau sekitar 200 – 650 juta.

Biaya tersebut belum termasuk biaya untuk akomodasi, pengurusan berkas izin tinggal sementara, pemenuhan kebutuhan pendidikan seperti fotocopy, dan beberapa biaya kecil lainnya.

Biaya Hidup di Inggris

Harus kita ingat bahwa biaya hidup di Inggris tergolong tinggi dibandingkan negara lain yang ada di wilayah Eropa. Mahasiswa di negara tersebut diperkirakan akan membutuhkan biaya sekitar £12,200 atau sekitar 230 juta rupiah per tahun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI
Baca Juga  5 Langkah Meningkatkan Bahasa Inggris Bisnis Bagi Pemula

Biaya(kuliah di Inggris, biaya kuliah di Inggris) yang akan kita keluarkan apabila tinggal di kota yang lebih besar seperti London, bisa sangat mungkin akan jadi lebih tinggi dibandingkan perkiraan tersebut.

(Visited 51 times, 1 visits today)

Leave a Reply