7 Kiat Memilih Lembaga Kursus IELTS Surabaya

Kursus IELTS Surabaya – Selain TOEFL, IELTS atau International English Language Testing System menjadi salah satu standar pengujian kemampuan bahasa Inggris paling terkenal dan paling terpercaya. Sertifikat IELTS ini diperlukan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di negara-negara berbahasa Inggris.

Biasanya skor IELTS ini akan diminta saat kalian mengajukan visa pelajar ke Inggris, Australia, Kanada, Amerika Serikat, dan banyak negara lainnya. Karena pentingnya skor IELTS bagi kelanjutan studi ke luar negeri, para pelajar akan berlomba-lomba mendapatkan skor tinggi.

Kalau skor yang kalian dapatkan tidak memenuhi standar minimal, pastinya kalian harus mengulang tes IELTS. Dan itu tidak murah, minimal kalian harus menyiapkan budget USD 195 untuk mengulang tes IELTS ini. Kalian pasti nggak mau kan harus keluar biaya dan tenaga tambahan hanya karena mengulang?

Karena itu, sebelum tes IELTS yang sebenarnya, tahap paling penting adalah persiapan. Dan persiapan yang baik akan menentukan keberhasilan tes IELTS kalian.

Nah bagi kalian yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, saat ini ada banyak lembaga yang menawarkan kursus IELTS Surabaya. Tapi sebelum menentukan pilihan, ada baiknya kalian perhatikan tips dan kiat-kiat memilih kursus IELTS di Surabaya berikut ini.

1.Durasi

Pilih lembaga yang durasi kursusnya cocok dengan kebutuhan kalian. Kalau kalian akan segera menjalani tes IELTS, sebaiknya jangan memiliki kelas reguler yang memakan waktu berbulan-bulan. Carilah program intensif yang berlangsung tidak terlalu lama, misalnya satu bulan.

Selain itu, jangan tergiur dengan garansi yang ditawarkan beberapa lembaga kursus. Pastikan lembaga kursus tersebut memiliki kurikulum yang mampu mengatrol skor IELTS dalam waktu relatif singkat. Kalau kalian menerima garansi, berarti kalian harus menyisihkan waktu dan tenaga lagi untuk mengulang kursus.

2.Biaya

Mahal atau murahnya biaya kursus terkadang tidak bisa dijadikan patokan kualitas lembaga kursus tersebut. Karena itu selain memilih lembaga yang menawarkan biaya sesuai dengan kantong, perhatikan juga kualitas pengajaran dan fasiltas yang diberikan. Jangan sampai uang keluar percuma gara-gara kualitas tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3.Ulasan mantan siswa

Untuk mendapat testimoni yang akurat mengenai lembaga kursus tersebut, cari ulasan sebanyak-banyaknya dari alumni atau siswa yang sedang belajar di tempat tersebut. Kalian bisa mengetahuinya lewat forum di internet maupun bertanya langsung pada teman atau saudara. Kalau lembaga kursus IELTS tersebut memuaskan, pasti ada banyak orang yang merekomendasikannya.

4.Instruktur

Kualitas instruktur menjadi salah satu faktor terbesar yang menentukan layak atau tidaknya kita memilih lembaga kursus. Nah sebelum mendaftar, pastikan lembaga tersebut memiliki instruktur yang enak, komunikatif, pintar mengajar, dan kalau bisa seumuran.

Kalau pengajarnya seumuran, pastinya kalian akan lebih nyaman untuk diskusi atau bertanya. Faktor kenyamanan ini pastinya berpengaruh pada semangat belajar kalian kan?

5.Suasana kelas

Usahakan belajar di lembaga kursus yang menawarkan kelas kecil. Alasanya simpel, kelas yang jumlah siswanya tidak terlalu banyak membuat kalian lebih fokus belajar. Kelas kecil juga membuat pengajar lebih mudah memperhatikan perkembangan tiap siswa.

Selain itu, perhatikan juga suasana pembelajaran di dalam kelas. Apakah fasilitas, cara pembelajaran, atau suasana kelas sesuai dengan yang kalian harapkan? Untuk mengetahui sasana kelas, tidak ada salahnya cek dan melihat langsung ke kantor lembaga tersebut.

6.Buku yang digunakan

Karena kalian akan mempelajari bahasa Inggris, cari lembaga kursus yang menyediakan buku pegangan atau sumber referensi berbahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman, belajar dengan buku pegangan berbahasa Inggris membuat kalian semakin menyelami bahasa Inggris dan lebih mudah mengingat materi yang diajarkan.

7.Lokasi

Faktor terakhir yang tidak kalah penting dalam memilih kursus IELTS Surabaya adalah lokasi. Cari lembaga yang berlokasi di tempat strategis, syukur-syukur ada yang berdekatan dengan tempat tinggal kalian. Lokasi yang berdekatan membuat kalian tidak terlalu capek di jalan dan belajar lebih maksimal.

Kalaupun letaknya berjauhan dari rumah kalian, setidaknya lokasinya mudah dijangkau dan dilewati berbagai transportasi umum yang ada di Surabaya.

Nah itu tadi 7 kiat memilih lembaga kursus IELTS Surabaya. Jangan salah pilih ya, karena kualitas lembaga kursus sangat berpengaruh pada perkembangan kemampuan bahasa Inggris kalian. Selamat belajar dan salam sukses ya!!

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *