4 Skill Yang Didapatkan Dari Kursus TOEFL Surabaya

 Kursus TOEFL Surabaya – Mungkin banyak diantara kita yang ingin mendapat skor TOEFL tinggi. Ada banyak alasan, ada yang ingin tembus kuliah di luar negeri, sebagai syarat mengejar beasiswa, untuk mendaftar PNS, BUMN, ataupun perusahaan multinasional, dll.

Tapi mendapat skor TOEFL tinggi ternyata tidak semudah membalik telapak tangan lho. Bisa jadi skor tinggi nyaris mustahil kalau kalian tidak mempersiapkan dengan baik. Agar sukses, kalian harus menjalani latihan dan kursus intensif. Bahkan banyak juga yang sampai menyediakan waktu hingga 5 jam sehari, hanya untuk berlatih TOEFL.

Lalu apa yang harus kalian miliki untuk mendapat skor TOEFL tinggi? Yang pertama luruskan niat. Niat yang benar akan membuat kalian termotivasi dan tidak gampang menyerah sampai tujuan tercapai.

Tapi niat saja tidak cukup, kalian harus memiliki syarat kedua, yaitu cara belajar yang benar. Dan salah satu cara belajar terbaik dan paling praktis adalah mengikuti kursus persiapan TOEFL. Nah bagi kalian yang ingin ikut kursus TOEFL Surabaya, berikut ini skill yang akan kalian dapatkan di lembaga kursus serta beberapa tips belajar TOEFL IBT.

1.Listening

Banyak yang berkomentar kalau listening merupakan bagian paling sulit dari test TOEFL. Pada sesi listening, kalian akan mendengar 4 sampai 6 rekaman dosen menyampaikan kuliah dan dua rekaman percakapan dengan topik tentang perkuliahan. Di akhir tiap rekaman, kalian akan diberikan 5 sampai 6 pertanyaan.

Agar sukses di sesi listening, kuncinya adalah mampu menangkap inti pembicaraan tersebut. Sambil mendengar, kalian bisa membuat catatan kecil yang menjadi ide dasar dalam percakapan tersebut. Jangan memaksa diri untuk memahami arti setiap kata, karena ini akan menghabiskan waktu kalian.

Selain rajin mengerjakan soal-soal TOEFL listening, kalian bisa berlatih dengan mendengar audio berbahasa Inggris. Manfaatkan Podcast atau radio berbahasa Inggris online. Dengan memilih topik yang disukai, berlatih listening akan semakin menyenangkan.

2.Speaking

Pada sesi sepaking, kalian akan diminta menyampaikan pendapat mengenai suatu permasalahan. Ciri khas tes TOEFL speaking adalah kalian harus memilih diantara 2 pilihan dan disertai argumentasinya.

Dua format yang paling sering muncul adalah “Some people think A, but others think B. Which do you agree with?” atau “Do you agree or disagree with the following statement?”. Argumentasi kalian akan direkam di komputer lalu akan dicek oleh beberapa orang penilai.

Tidak ada cara lain, kunci sukses speaking adalah banyak latihan bicara dengan native speaker. Dan berbicaralah dengan tenses yang benar. Jadi kalau kejadian yang kalian ceritakan merupakan kebiasaan yang masih dilakukan sampai saat ini, gunakan kalimat berbentuk present tense.

3.Writing

Sesi writing pada TOEFL IBT terbagi menjadi dua, yaitu Integrated Writing dan Independent Writing. Pada Integrated Writing, kalian akan membaca teks dan mendengar rekaman audio dengan topik sama, lalu kalian diminta membuat rangkumannya. Jadi sesi ini mengabungkan listening, reading, dan writing sekaligus.

Sedangkan pada Independent Writing, kalian bebas membuat essay sesuai topik yang telah ditentukan. Kunci dari sesi wrting adalah penguasaan vocabulary dan grammar. Selain berlatih di tempat kursus, kemampuan writing bisa dipertajam dengan sering membaca koran berbahasa Inggris lalu merangkum dengan bahasa sendiri.

4.Reading

Karena tujuan utama TOEFL adalah untuk memastikan kemampuan seseorang untuk bisa mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris, maka mereka harus memiliki kemampuan reading yang baik. Karenanya, pada bagian ini kalian diharuskan membaca 3 atau 4 teks akademik lalu menjawab pertanyaannya.

Untuk meningkatkan skill reading, kalian bisa baca berita berbahasa Inggris, baik online maupun cetak. Kalau bosan dengan berita, kalian bisa ganti dengan komik atau novel favorit. Yang penting, kalian bisa memahami isi teks dalam waktu singkat.

Selain ikut kursus TOEFL Surabaya, sebenarnya kalian bisa juga belajar mandiri lewat buku, website, maupun aplikasi Android. Tapi persiapan pastinya lebih maksimal kalau kalian menggabungkan antara belajar di tempat kursus dengan berlatih mandiri.

Nah selain cara belajar yang benar, kalian juga harus memiliki mental pantang menyerah ya. Karena bisa jadi saat latihan skor TOEFL kalian tidak sesuai harapan. Tetaplah terus mencoba dan berlatih lagi, semoga usaha kalian akan membuahkan hasil di lain kesempatan.

Demikian tadi beberapa kemampuan yang bakal didapatkan dari lembaga kursus TOEFL Surabaya. Bagi kalian yang ingin meningkatkan skor TOEFL, silakan menghubungi Westwood Prep di 0812-100600-75, kunjungi www.westwoodprep.com atau datang langsung ke Jl. Raya Darmo Harapan Tanjungsari Suko Manunggal, Surabaya.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *