Apa Itu IGCSE dan Kenali Les Privat IGCSE Jakarta Terbaik

Les Privat IGCSE Jakarta – Banyak orang tua yang menanyakan apa itu IGCSE. Kebanyakan dari mereka adalah orang tua yang berpikir global dan ingin anaknya masuk ke sekolah menengah berstandar internasional.

IGCSE sendiri adalah singkatan dari International General Certificate of Secondary Education, kurikulum internasional yang dirancang oleh CIE (Cambridge International Examination) dan diperuntukkan bagi siswa usia 14 hingga 16 tahun.

Karena dikembangkan oleh tim dari universitas Cambridge, maka awalnya kurikulum ini digunakan sebagai tes standar di UK dan sekitarnya. Dan sekarang IGCSE sudah digunakan sebagai kurikulum resmi di lebih dari 125 negara.

Sedangkan di Indonesia, IGCSE digunakan oleh beberapa sekolah berstandar internasional yang telah mendapat lisensi. Banyak orang tua yang tertarik menyekolahkan anaknya di sekolah internasional yang berkurikulum IGCSE.

Karena saat lulus, siswa mendapat sertifikat IGCSE yang diakui universitas luar negeri. Ini membuat mereka tidak perlu menjalani penyetaraan ijazah saat sang anak ingin kuliah di luar negeri.

Tentang kurikulum IGCSE

Kurikulum IGCSE yang dikembangkan Cambridge ini lebih menekankan pada berpikir kreatif dan terampil dalam memecahkan masalah. Kurikulumnya juga tidak kaku, tetapi fleksibel dan merangsang siswa untuk mengeksplore kemampuannya secara bebas.

Pembelajaran dengan IGCSE tidak terlalu teoritis dan lebih aplikatif. Makanya semua pelajaran diarahkan pada pengetahuan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja pembelajaran dan ujian diberikan dalam bahasa Inggris.

Mata pelajaran IGCSE

Ada lebih dari 70 mata pelajaran yang tersedia. Tapi siswa diberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Dan siswa akan mendapat sertifikat untuk setiap mata pelajaran yang diambil. Misalnya saja siswa mengambil 6 mata pelajaran, maka dia akan mendapat 6 sertifikat IGCSE. Jumlah mata pelajaran yang bisa diambil adalah minimal 5 hingga 14 mata pelajaran.

Walaupun begitu, mereka wajib mengambil beberapa mata pelajaran inti seperti bahasa Inggris, Matematika, dan sains. Sedangkan beberapa mata pelajaran pilihan yang bisa diambil diantaranya Ilmu Sosial (ekonomi, sosiologi, akuntasi), seni, serta teknologi (Komputer, Design, maupun Teknologi Informasi)

Jadi mirip dengan memilih mata pelajaran di perguruan tinggi. Selain itu penilaiannyapun tidak memakai angka, tapi menggunakan 8 skala yang dimulai dari A* (paling tinggi) hingga G. Banyak universitas luar negeri yang menetapkan minimal nilai C sebagai syarat penerimaannya.

Les privat IGCSE Jakarta

Ada yang bertanya apakah harus terdaftar di sekolah internasional untuk mendapat sertifikat IGCSE? Tidak harus. Bagi kalian yang terdaftar di sekolah nasional, kalian tetap bisa mendapat sertifikat IGCSE asalkan bisa mengerjakan soal ujian IGCSE.

Ujian IGCSE sendiri hanya terdiri dari 5 mata pelajaran (minimal). Tapi bobot soal yang diberikan bisa dibilang lebih berat daripada ujian nasional. Ujian IGCSE tidak hanya menguji kemampuan teori, tapi kalian juga harus bisa mengerjakan soal-soal yang sifatnya aplikasi dan pemecahan masalah.

Tidak semua siswa di sekolah nasional terbiasa dengan metode belajar IGCSE, sehingga mereka mengambil les agar lebih siap ketika berhadapan dengan soal-soal ujian IGCSE.

Agar persiapan lebih maksimal, kalian bisa ikut les privat IGCSE Jakarta. Dengan mengambil les privat, kalian bisa mempersiapkan diri dengan lebih fokus dan intensif. Karena satu orang guru hanya mengajar satu atau dua siswa saja.

Les privat IGCSE biasanya berlangsung selama satu tahun. Salah satu lembaga les privat IGCSE Jakarta yang terpercaya adalah Westwood prep. Westwood prep sudah sangat berpengalaman dalam mengantarkan siswanya diterima universitas di luar negeri

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, tidak sulit menemukan kantor Westwood prep. Karena mereka memiliki kantor cabang di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta barat, dan Jakarta Timur. Selain itu, Westwood prep juga membuka kantor di Serpong, Bekasi, hingga Bandung.

Bersama Westwood prep, kalian akan dibiasakan dengan logika berpikir ala kurikulum IGCSE. Westwood prep akan mengembangkan kemampuan berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing siswa. Kalian juga akan di-drill dengan latihan standar IGCSE serta berlatih memecahkan masalah.

Nah, ingin tahu lebih banyak tentang les privat IGCSE bersama Westwood prep? Silakan hubungi 0812-100600-75 atau kunjungi www.westwoodprep.com.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *