Mau Liburan ke Norwegia? Yuk Kenali 10 Makanan Khas Norwegia

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Makanan Khas Norwegia  – Gunung dan bukit menjulang tinggi, suasana desa yang alami, salju, matahari yang enggan muncul di musim dingin, serta fjord sering menjadi hal yang diingat dari negara Norwegia. Bagi kalian yang punya rencana berkunjung ke Norwegia, jangan lupa juga dengan makanannya

Karena selain populer karena pemandangan alamnya, Norwegia juga dikenal memiliki berbagai jenis makanan yang sangat unik, kalau tidak mau dikatakan aneh. Tapi dibalik keunikannya, makanan yang dikonsumsi rakyat Norwegia termasuk makanan sehat.

Dan ini juga yang ikut menjadikan Norwegia sebagai negara paling sehat sedunia versi UNESCO. Wow!! Hidangan khas Norwegia sendiri tidak bisa dilepaskan dari sejarah kedatangan bangsa Viking pada ribuan tahun silam.

Kalian juga tidak akan bisa benar-benar mengenal masyarakat Norwegia, sebelum mengenal makanannya. Nah berikut ini 10 makanan khas Norwegia yang harus kalian temukan saat menginjakkan kaki di negara yang sangat indah ini.

1.Lefse

Orang Norwegia sering mengkonsumsi Lefse sebagai makanan tradisional di hari besar, seperti tahun baru atau pesta pernikahan. Makanan berjenis roti ini terbuat dari tepung, kentang, butter, dan krim atau susu.

Untuk membuat Lefse, pertama kita harus membuat adonan yang terbuat dari bahan-bahan di atas. Lalu adonan itu dipanggang di atas alat pemanggang. Lebih enak lagi, kalau Lefse dikonsumsi bersama dengan daging yang dipotong kecil-kecil.

Baca Juga  10 Tempat Wisata Norwegia Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

2.Brown Cheese

Bagi yang akan berlibur ke Norwegia, Brown Cheese bisa kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh. Keju berwarna coklat yang juga dikenal dengan nama Brunost atau Mysost ini berasal dari susu kambing. Keju dengan rasa agak manis ini biasanya disajikan bersama dengan roti panggang dan sering digunakan sebagai menu sarapan di sebagian besar hotel di Norwegia.

3.Salmon

Makanan dari Salmon sepertinya selalu ada di Norwegia, baik disajikan dalam bentuk asap atau Smoked Salmon maupun dicampur dengan saus tomat atau Gravlax. Ikan Salmon yang kaya minyak sangat cocok bagi orang Norwegia yang mengalami cuaca sangat dingin.

4.Venison Meatball

Kunjungan ke Norwegia tak lengkap rasanya tanpa menikmati bakso ala Norwegia. Tapi beda dengan bakso Indonesia yang biasanya dibuat dari ayam atau daging sapi, orang Norwegia biasa membuat Venison Meatball yang terbuat dari daging rusa.

5.Tørrfisk

Dari namanya, kalian pasti sudah bisa menebak kan kalau kuliner Norwegia yang satu ini terbuat dari ikan laut. Makanan tradisional yang sudah ada sejak abad 12 ini merupakan makanan khas daerah kepulauan yang ada di Norwegia paling utara.

Tørrfisk berupa ikan yang dikeringkan pada udara dingin. Metode pengawetan kuno ini ternyata sangat ampuh dan mampu mengawetkan hingga bertahun-tahun.

6.Moose Steak

Seperti kebanyakan orang Eropa lainnya, orang Norwegia juga termasuk penyuka steak. Mereka terbiasa menjadikan Moose atau daging hewan sejenis rusa sebagai bahan steak. Berbeda dengan daging lainnya, daging moose memiliki taste unik yang sayang untuk dilewatkan.

7.Farikal

Makanan khas Norwegia bagian barat ini biasa dimasak di musim gugur. Bahan-bahannya sangat sederhana, mereka hanya perlu daging domba atau kambing yang dicampur dengan rempah dari merica hitam, garam dan dikombinasi dengan kentang dan kol.

Baca Juga  Daftar Universitas di Norwegia Yang Membebaskan Biaya Kuliah

Bahan-bahan tadi direbus dalam waktu yang lumayan lama hingga daging terasa lunak. Daging kambing yang menyatu dengan kentang tadi menghasilkan rasa yang tidak terlalu pedas dan daging yang sangat lembut.

8.Pickled Herring

Satu lagi kuliner tradisional Norwegia dengan bahasa dasar Ikan. Mirip dengan ikan asin di Indonesia, orang Norwegia mengawetkan ikan herring dengan cara mencampurkan dengan cuka dan garam. Ikan asin herring semakin nikmat dengan kombinasi bawang, gula, dan rempah lainnya.

9.Krumkake

Secara bahasa, Krumkake memiliki arti “kue bengkok atau kue lengkung”. Tapi kalau melihat bentuknya, kue khas Norwegia ini lebih mirip dengan “semprong”. Terbuat dari bahan utama mentega, tepung, telur, gula, dan krim, rakyat Norwegia biasa menjadikan Krumkake sebagai hidangan penutup.

Rasanya semakin nikmat karena mereka biasa mengisinya dengan coklat, selai, bahkan buah berry.

10.Smalahove

Makanan yang satu ini di Norwegia termasuk favorit, tapi kalian pasti akan ngeri melihatnya. Ya, orang Norwegia terbiasa berpesta sambil menikmati Smalahove yang terbuat dari kepala kambing. Uniknya, kalau orang Indonesia biasa makan kepala kambing yang dipotong-potong, orang Norwegia memasaknya dalam bentuk utuh.

Cara membuatnya sangat sederhana, kepala kambing direbus sekitar 3 jam dan dicampur dengan garam dan rempah lainnya. Jadi mereka menyajikannya dalam bentuk kepala kambing yang benar-baner utuh. Gimana, berani mencoba?

Nah demikian tadi 10 makanan khas Norwegia yang harus kalian nikmati saat berkunjung ke negara tersebut. Orang Norwegia memang terbiasa mengkonsumsi makanan yang cara memasaknya sangat simple dan tidak terlalu banyak rempah.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI
Baca Juga  Belajar Bahasa Norwegia Paling Dasar - Cocok Untuk Pemula

Mereka lebih suka makan makanan sehat dibanding makanan yang hanya sekedar enak di lidah. Gimana dengan kalian? Yuk mulai hidup sehat dengan makanan padat gizi!

(Visited 295 times, 1 visits today)

Leave a Reply