sekolah di jerman

Mengenal Sistem Sekolah di Jerman Yang Unik

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Sekolah di Jerman – Sekolah di Jerman menjadi wajib bagi semua anak berusia enam tahun. Apakah mereka anak asli orang Jerman maupun anak orang asing, mereka harus masuk ke Sekolah Dasar di Jerman. Sekolah di Jerman umumnya dikelola dan dibiayai oleh pemerintah. Warga tidak dikenai biaya, akibatnya jumlah sekolah swasta di Jerman relatif sedikit. Berikut ini ringkasan tahapan sistem pendidikan di Jerman di tingkat sekolah.

sekolah di jerman

1.Pendidikan pra sekolah (TK)

Sebelum masa wajib sekolah, anak-anak berusia 3 hingga 6 tahun bisa mengikuti Pendidikan Pra Sekolah (TK). Tidak seperti pendidikan dasar, pendidikan pra sekolah tidak dibiayai negara sehingga tidak gratis. Selain itu, keikutsertaan di pendidkan pra sekolah tidak wajib dan bersifat sukarela

2.Sekolah dasar (Grundschule)

Pendidikan wajib (Schulpflicht) di Jerman dimulai pada sekolah tingkat dasar yang harus diikuti semua anak usia 6 tahun. Umumnya anak-anak akan bersekolah di Grundschule selama 4 tahun, tapi ada juga yang 6 tahun misalnya di negara bagian Berlin dan Brandenburg.

Pada tahun-tahun awal grundschule, anak-anak belajar cara membaca, mengeja, menulis, matematika dasar, geometri, cara membaca rambu lalu lintas, cara menggunakan PC, dll. Biaya sekolah grundschule gratis, orang tua biasanya hanya dibebankan membeli alat tulis. Walau gratis, kualitas grundschule di Jerman sangat bagus.

Tidak seperti di Indonesia, di Jerman tidak ada ujian UN untuk menentukan kelulusan. Nilai siswa ditentukan dari laporan kinerja siswa yang diberikan setiap 6 bulan sekali. Nilai siswa di grundschule akan menentukan kelanjutan pendidikan mereka ke salah satu dari empat jenis sekolah menengah yang berbeda.

3.Sekolah tingkat menengah

Setelah lulus dari sekolah dasar, siswa bisa mulai menentukan arah masa depan mereka dengan memilih satu diantara empat sekolah menengah yang ada. Biasanya guru grundschule akan merekomendasikan sekolah menengah yang cocok dengan bakat siswa, namun ada kalanya orang tua lebih dominan dalam menentuka kelanjutan pendidikan anaknya.

•Hauptschule

Di sebagian besar negara Federal, hauptschule berlangsung selama 5 tahun, tapi ada juga yang sampai 6 tahun. Tujuan utama hauptschule adalah untuk mempersiapkan siswa siap kerja. Setelah lulus pada usia 15-16 tahun, siswa akan mendapatkan sertifikat Hauptschulabschluss. Selanjutnya mereka bisa mengikuti ausbildung (kerja praktek selama 3 tahun) atau bisa juga memulai bekerja tingkat pemula di sektor publik.

•Realschule

Realschule merupakan sekolah kejuruan yang berlangsung selama 6 tahun. Pendidikan realschule sebenarnya hampir sama dengan haupstschule, hanya saja siswa realschule memiliki peluang lebih besar untuk melanjutkan kuliah. Selain itu mereka bisa bekerja disektor publik pada level yang lebih tinggi

sekolah di jerman

•Gymnasium

Gymnasium diperuntukkan bagi lulusan grundschule yang memiliki nilai sangat baik. Pendidikan di gymnasium berlangsung dari kelas 5 hingga kelas 12 atau 13 dan bertujuan mempersiapkan siswa untuk kuliah di perguruan tinggi. Siswa diberikan pengetahuan umum seperti Matematika, Kimia, Biologi, dll secara mendalam. Di akhir studi, mereka akan menjalani tes abitur sebagai syarat masuk Universitas.

•Gesamtschule

Gesamtschule (sekolah gabungan) menggabungkan antara hauptschule, realschule dan gymnasium. Jenis sekolah ini hanya ditemukan di beberapa negara bagian. Siswa memilih gesamtschule biasanya karena belum bisa menentukan pilihan sekolah yang sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Baca Juga  Beasiswa di Jerman Gratis untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Negeri

Atau bisa juga karena siswa sebenarnya masuk ke hauptschule, tapi masih berambisi untuk bisa masuk ke realschule atau gymnasium. Sehingga siswa harus belajar lebih keras agar nilainya meningkat dan mencukupi untuk masuk ke realschule atau gymnasium.

Sekolah menengah di Jerman memungkinkan siswa pindah ke jenis sekolah lain yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Sistem sekolah di Jerman ini akan lebih memaksimalkan potensi siswa karena mereka akan belajar di bidang yang sesuai dengan bakatnya.

Baca Juga  Fakta dan Budaya Jerman Yang Wajib Kamu Ketahui

Tidak mengherankan juga kalau Jerman dikenal memiliki kualitas skill pekerja sangat tinggi, karena mereka memang sudah terlatih sejak sekolah menengah. Nah, tertarik untuk lebih tahu lebih dalam tentang pendidikan Jerman?

Hubungi Virtu Education di nomor (021)-300-19-979, WA 0812-89-8000-26 atau kunjungi www.virtueducation.org berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Virtu Education merupakan konsultan pendidikan tinggi Eropa yang siap membantu pelajar Indonesia diterima di Universitas di Jerman.

Baca Juga  Ciri Khas Negara Jerman Yang Tercermin di Kehidupan Warganya
(Visited 405 times, 1 visits today)

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru. Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya. Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply