7 Cara Mudah Bahasa Inggris

Mudah Bahasa Inggris – Apakah ada diantara kalian yang kesulitan belajar bahasa Inggris? Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional nomor satu, sehingga mau tidak mau kalian harus menguasainya. Apapun profesinya, skill bahasa Inggris akan memberikan banyak manfaat.

Tapi belajar bahasa Inggris tidak selalu mudah bagi sebagian orang, apalagi kalau mereka tidak tahu cara belajar yang tepat. Nah bagi kalian yang sedang mencari cara mudah berbahasa Inggris, kalian berada di tempat yang tepat. Karena kami akan membagikan pada pembaca semua beberapa cara termudah belajar bahasa Inggris.

1.Memiliki tujuan yang jelas

Sebelum menemukan cara mudah berbahasa Inggris, ada baiknya kalian tentukan dulu tujuan belajar bahasa Inggris. Tujuan dan visi yang jelas akan meningkatkan motivasi saat kalian merasa bosan atau kehilangan minat belajar. Semakin fokus pada tujuan, maka kalian akan mengalami progress lebih cepat.

Setelah menentukan apa yang hendak dituju, kalian juga perlu menentukan target waktu secara spesifik. Tentukan apa yang harus diraih baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut ini beberapa contoh tujuan dengan rentang waktu yang jelas.

•Dalam waktu empat bulan ke depan, saya ingin bisa berkomunikasi dengan penutur asli
•Dalam waktu satu tahun, saya ingin memiliki skor TOEFL 100

2.Gunakan materi belajar yang sesuai level

Bagi kalian yang suka membaca artikel atau buku berbahasa Inggris, pastikan memilih buku yang sesuai level atau sedikit di atas. Membaca berita dari BBC akan terlalu berat bagi pemula. Sedangkan bagi kalian yang sudah mencapai level advance, membaca buku anak-anak bukanlah pilihan terbaik.

3.Lakukan apa yang kalian sukai

Salah satu cara mudah berbahasa Inggris adalah dengan melakukan hal-hal yang kalian senangi. Ini akan membuat kalian termotivasi untuk kembali berlatih. Misalnya, kalau kalian suka bergabung dalam forum diskusi sepakbola, ada baiknya kalian beralih ke forum diskusi sepakbola berbahasa Inggris.

4.Jangan hanya terfokus pada belajar grammar

Banyak yang meyakini bahwa menguasai tata bahasa adalah kunci sukses belajar bahasa. Tapi kalian tidak akan mahir berbicara kalau hanya menghapal aturan tata bahasa tanpa praktek. Apapun levelnya, kalian harus membiasakan speaking sejak pertama kali belajar bahasa Inggris.

5.Percaya diri mempraktekkan setiap saat

Kalau kalian ingin meningkatkan skill bahasa Inggris, gunakan bahasa Inggris secara teratur setiap saat. Jangan terlalu khawatir bahwa kalian akan mengeluarkan kata-kata konyol. Justru kesalahan membuat kalian dikoreksi dan kalian akan mendapat ilmu baru.

Tapi jika kalian bicara dalam bahasa Inggris dan orang mengerti apa yang kalian maksudkan, berarti kalian telah mengalami progress signifikan.

6.Manfaatkan teknologi

Kalau kalian tidak menemukan mitra bicara, kalian bisa bergabung dengan beberapa website belajar bahasa Inggris seperti www.Meetup.com, www.ConversationExchange.com atau www.MyLanguageExchange.com. Kalian bisa terhubung dengan penutur asli dari seluruh dunia tanpa harus meninggalkan rumah.

7.Ikut pelatihan

Ikut pelatihan atau kursus menjadi cara praktis bagi kalian yang ingin meningkatkan kemampuan dengan cepat. Biasanya lembaga kursus memiliki kurikulum dan metode pelatihan yang menyenangkan. Kalian juga akan bertemu dengan teman-teman sekelas yang pastinya akan menambah motivasi belajar.

Usahakan bergabung dengan lembaga kursus yang menyediakan native speaker. Berkomunikasi dengan native speaker membuat kalian lebih percaya diri saat harus berhadapan dengan situasi percakapan yang sebenarnya.

Belajar bahasa Inggris memang butuh waktu. Tapi beberapa tips tadi setidaknya membantu kalian menemukan cara belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!!

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *