Panduan Bahasa Inggris Agar Lancar Berbicara

Panduan Bahasa Inggris – Apakah kalian sudah lama belajar bahasa Inggris tapi masih merasa gugup saat harus berbicara? Tenang saja, ada banyak yang juga merasa kurang percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Penyebabnya kebanyakan dikarenakan mereka takut salah atau ditertawakan.

Percaya diri menjadi kunci kalau kalian ingin meningkatkan kemampuan speaking. Kali ini kami akan berbagi beberapa langkah mudah dan panduan agar lancar berbicara dalam bahasa Inggris. Kalian akan segera lancar berbicara kalau mengikuti panduan bahasa Inggris berikut ini

1.Baca artikel dengan suara keras

Berlatih speaking bisa dimulai dengan membaca buku atau teks berbahasa Inggris. Jika kalian masih gugup membaca di depan orang, kalian bisa melakukannya sendiri dulu. Semakin sering berlatih, kalian akan semakin percaya diri dan menambah kelancaran berbicara.

Saat rasa percaya diri meningkat, mintalah bantuan guru, penutur asli, atau teman yang jago bahasa Inggris untuk menilai kemampuan kalian dan memberikan feedback.

2.Belajar dalam kelompok kecil

Mungkin ada di antara kalian yang tiba-tiba gagap dan gugup saat harus berbicara di depan banyak orang. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, cobalah berbicara bahasa Inggris dalam kelompo kecil. Jangan takut untuk bicara di dalam kelompok. Kesalahan justru mmebuat kalian tahu bagian mana yang harus diperbaiki.

Belajar dalam kelompok di dilakukan dengan beberapa cara, misalnya bergabung dengan English club yang ada di sekolah kalian atau ikut kursus conversation. Kalian juga bisa mengajak teman kursus untuk menambah latihan di luar jam kursus.

3.Berteman dengan orang asing yang berbahasa Inggris

Salah satu cara terbaik melancarkan speaking adalah dengan berteman dengan orang-orang yang hanya berbicara dalam bahasa Inggris. Ini akan memaksa kalian untuk berbicara dalam bahasa mereka, alih-alih menggunakan bahasa Indonesia.

Kalian bisa menemukan orang asing dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata atau kafe. Jangan takut untuk mengajak mereka berkomunikasi, mereka justru akan menghargai keberanian dan kemauan kalian berbicara dalam bahasa Inggris.

4.Bergabung grup percakapan online

Ada banyak alamat web yang berisi grup percakapan bahasa Inggris secara online. Dengan cara ini, kalian bisa berkomunikasi dengan penutur asli tanpa harus meninggalkan rumah. Yang perlu kalian lakukan hanyalah membuat profil serta menginformasikan kapan dan bagaimana bisa berkomunikasi dengan kalian.

Salah satu cara populer adalah berkomunikasi lewat Google Hangout atau Skype. Banyak orang di seluruh dunia menggunakan program ini. Selain itu, beberapa situs juga memiliki program sendiri yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi secara online.

5.Bergabung forum diskusi online

Bergabung dengan grup facebook atau forum online membuat kalian bisa berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris. Biar makin semangat, temukan forum yang menjadi minat atau hobi kalian. Mungkin alian berminat dengan sepakbola, fotografi, acara TV, elektronika, atau memasak?

Semakin kalian tertarik pada suatu bidang, semakin besar kemungkinan kalian ikut berpartisipasi dalam forum tersebut. Mulailah dengan banyak membaca diskusi yang sedang berlangsung. Setelah 1 atau 2 minggu, kalian bisa berpartisipasi aktif dengan menanggapi atau bahkan memposting pertanyaan.

6.Ingatlah pada tujuan belajar

Saat dalam proses belajar, wajar kalau kalian terkadang merasa bosan atau bahkan frustasi. Setiap merasakan hal ini, kalian harus mengingat kembali alasan kenapa kalian belajar bahasa Inggris. Kalian perlu mencari motivasi yang datang dari diri sendiri. Jangan mengandalkan motivasi dari pihak luar.

Misalnya kalian belajar bahasa Inggris untuk mendapatkan promosi di tempat kerja. Yang dengan promosi tersebut kalian bisa mendapat gaji lebih baik dan mampu membiayai kuliah adik-adik.

Demikian tadi beberapa panduan bahasa Inggris yang bertujuan meningkatkan kemampuan speaking kalian. Nah sekarang saatnya bagi kalian untuk mempraktekkan 6 panduan bahasa Inggris di atas. Selamat mencoba ya!!

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *