Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Photoshop Portable CS4

Photoshop Portable CS4 – Adobe Photosop merupakan software terbaik untuk urusan mengedit foto dan meningkatkan kualitas gambar. Sudah sejak puluhan tahun lalu Adobe Photoshop menjadi ikon atau rajanya software image editing dan dipercaya para fotografer profesional.

Memang harus diakui, Photoshop memiliki fitur-fitur tercanggih untuk urusan editing gambar, selain itu software ini juga user friendly. Bahkan dengan adanya Photoshop, perusahaan adobe sendiri sudah dianggap sebagai market leader dalam industri perangkat lunak, terutama software pengolah gambar atau foto.

Tapi untuk menggunakan Photoshop asli sangat tidak murah. Berdasar tarif terbaru 2019 yang ada di adobe.com, pengguna software asli akan dikenakan biaya US$21 per bulan. Makanya banyak orang yang mencari-cari versi lain dari Photoshop yang bisa didownload secara gratis.

Dan salah satu versi Photoshop gratis yang populer di kalangan desainer maupun editor image adalah Adobe Photoshop Portable versi CS4. Memang sih masih belum jelas apakah Photoshop jenis ini legal atau ilegal.

Karena ada juga yang berkomentar Photoshop versi portable ini merupakan cara Adobe untuk mempromosikan Photoshop full version. Setelah mencoba Photoshop versi portable dengan fitur terbatas, pastinya orang ingin membeli Photoshop full yang memiliki fitur luar biasa lengkap.

Tapi kita tidak akan memperdebatkan legal atau tidaknya, karena software portable ini pastinya bermanfaat bagi siapa saja yang memiliki dana terbatas atau spesifikasi komputer minim. Yuk langsung saja kita lihat kelebihan dan kekurangan Photoshop versi portable serta perbandingannya dengan Photoshop full.

Kelebihan Photoshop versi Portable

•Lebih fleksibel

Namanya saja software portable, maka perangkat lunak ini bisa dibawa kemana-mana dengan peralatan portable, misalnya USB flash disk, CD, maupun Harddisk eksternal. Kalian bisa langsung menggunakan di laptop atau PC mana saja, tanpa harus menginstalnya terlebih dulu.

•Ukuran lebih kecil

Dan tidak seperti software adobe photoshop asli yang memakan memori cukup besar, Photoshop versi portable ini berukuran jauh lebih kecil. Ini membuat kalian lebih menghemat kapasitas ruangan di Harddisk serta tidak menguras RAM terlalu banyak.

•Gratis

Seperti kebanyakan software portable lainnya, kalian juga bisa mendapatkan Photoshop Portable gratis. Karena gratis, kalian juga tidak akan diminta memasukkan serial number saat menginstall.

Bagi kalian yang sedang sedang bergelut dengan tugas edit foto dengan Photoshop, software portable ini pastinya akan sangat membantu. Intinya, kalau dilihat dari kemudahan penggunaan, jelas software portable lebih menguntungkan.

Kekurangan Photoshop versi Portable

•Tidak ada update

Saat kalian menggunakan software gratisan, berarti software tersebut telah putus hubungan dengan Adobe dan tidak akan mendapat update sama sekali. Bahkan saat online, seringkali Adobe akan melacak bahwa Photoshop yang kalian digunakan tidak asli. Makanya jangan heran kalau software portable ini tiba-tiba menjadi tidak berfungsi normal.

•Software rentan mengalami bug dan crash

Karena bukan software asli, bisa jadi pengembang tidak memperhatikan detail dan ada bagian yang salah. Akibatnya software sering bermasalah seperti error, hang, crash, maupun terkadang agak lambat. Dilihat dari sisi stabilitas, pastinya masih kalah dibanding software asli.

•Pembacaan file

Ada beberapa jenis file yang kemungkinan tidak bisa terbaca di Photoshop versi portable. Jadi, saat hendak mengedit foto dengan, ada baiknya kalian cek dulu apakah Photoshop ini kompatibel dengan file tersebut. Tapi tidak perlu khawatir, kalau ternyata file foto tersebut tidak bisa dibuka, kalian bisa mengkonvert terlebih dulu ke format file lainnya.

•Malware

Saat mendownload, ada baiknya kalian cek dulu apakah Portable Photoshop ada di Adobe.com. Karena download dari website Adobe akan jauh lebih aman dibanding download di website yang tidak kalian kenal. Karena banyak website penyedia software gratis yang menyusupkan virus atau malware ke dalam software tersebut.

Fitur pada Photoshop versi Portable

Meskipun gratis, tapi software Photoshop versi Portable ternyata juga memiliki fitur yang cukup banyak juga. Berikut ini beberapa fitur penting yang ada Photoshop Portable CS4

•3D effect

Salah satu kelebihan Photoshop versi portable adalah support untuk gambar model 3D. Fitur ini memungkinkan kalian bisa membuat efek 3D secara langsung, gambar bisa terlihat dari berbagai view, sekaligus membuat para desainer lebih bebas berkreasi.

•Support file RAW

Berbeda dengan versi sebelumnya, Photoshop Portable ini ternyata support foto file RAW. Bagi fotografer profesional yang sering bekerja dengan file RAW, mereka bisa langsung mengeditnya di Photoshop Portable CS4.

•Pengaturan density

Adanya fitur pengaturan density menjadi nilai tambah bagi software ini. Dengan mengatur panel geser, kalian bisa mengatur density atau jumlah warna yang diterapkan pada gambar. Density yang lebih tinggi akan memberikan warna yang lebih kuat.

•Zooming dan panning

Dengan software ini, kalian bisa melakukan zoom ini, zoom out, dan panning pada gambar serta membuat proses editing menjadi lebih mudah.

Nah itu tadi informasi mengenai Photoshop versi portable beserta kekurangan dan kelebihannya. Jadi gimana, tertarik mendownload dan segera memulai proyek fotografi?

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *