rumus present continuous tense

Pengertian Rumus Present Continuous Tense dan Contohnya

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Rumus Present Continuous Tense – Pelajaran bahasa Inggris tidak pernah lepas dari rumus tense. Inilah yang banyak membuat murid malas untuk belajar bahasa Inggris karena adanya rumus hafalan. Kesulitan ini bisa diatasi dengan mempelajari lebih dalam satu per satu dari jenis tense yang ada.

Baca Juga  Contoh Kalimat Simple Past Tense Positif Negatif dan Tanya

Secara umum, ada tiga jenis tense yang harus dihafalkan dan pada 16 tense dari ketiga jenis tersebut. Tiga jenis tense utama ini adalah present tense, past tense dan future tense. Ketiga jenis tense ini menggambarkan masa sekarang, masa lampau dan masa depan.

rumus present continuous tense

Pelajaran dasar yang biasanya diajarkan pertama kali adalah present tense, yaitu tense yang digunakan untuk menggambarkan masa sekarang. Ada 4 jenis tense yang terdapat dalam present tense yaitu simple present tense, present continuous tense, present perfect tense and present perfect continuous tense.

Pada artikel kali ini, akan disampaikan lebih jelas mengenai rumus present continuous tense beserta contohnya. Mempelajari rumus harus dengan contoh agar lebih mudah untuk memahaminya lebih dalam.

Pengertian dari present continuous tense sendiri adalah tense yang digunakan untuk menyusun kalimat yang menuju pada tindakan yang sedang berlangsung. Kejadian yang sedang berlangsung ini bisa saja dimulai sebelumnya dan belum berakhir hingga sekarang.

Selain menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung, tense ini juga digunakan untuk menyatakan sesuatu yang telah terjadi dalam waktu singkat dan waktu yang lama.

Beberapa kalimat yang menyatakan sesuatu yang mungkin terjadi di masa depan juga dapat menggunakan tense ini. Tense ini juga dikenal sebagai nama present progressive tense. Untuk lebih jelasnya perhatikan rumus present continuous tense berikut ini beserta dengan contohnya.

Kalimat positif

Subject + am/ is/ are + verb -ing + Object, rumus ini digunakan untuk segala bentuk kalimat positif. Berikut ini contoh kalimat dan artinya:
She is working now (Dia sedang bekerja sekarang)

He is buying flower in front of the shop (Dia sedang membeli bunga di depan toko)
They are walking at the mountain (Mereka sedang berjalan di gunung)
We are making soup for dinner (Kami sedang membuat sup untuk makan malam)
I am thinking to buy bicycle (Saya sedang berpikir untuk membeli sepeda)

rumus present continuous tense

Kalimat negatif

Subject + am/ is/ are + not + verb -ing + Object. Rumus ini sama dengan kalimat positif hanya saja ditambahkan not setelah to be. Berikut ini contoh kalimat negatif dan artinya.
He is not watching Television now (Dia tidak sedang menonton Televisi sekarang)

She is not doing groceries (Dia tidak sedang berbelanja)
We are not reading the novel (Kami tidak sedang membaca novel)
They are not studying together (Mereka tidak sedang belajar bersama)
I am not answering telephone (Aku tidak sedang menjawab telepon)

Baca Juga  Contoh Kalimat Simple Past Tense Positif Negatif dan Tanya

Kalimat interogatif

Is/ am/ are + Subject + verb -ing + Object. Kalimat interogatif atau kalimat tanya merupakan kalimat tanya dari kalimat positif. Berikut ini contoh kalimat dari rumus present continuous interogatif.
Is he arriving on time? (Apakah dia datang tepat waktu?)

Is she bathing now? (Apakah dia sedang mandi sekarang?)
Are they behaving properly? (Apakah mereka bertingkat dengan baik?)
Am ia annoying you? (Apakah aku mengganggu kamu?)
Are we competing each other? (Apakah kita berkompetisi satu sama lain?)

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI
Baca Juga  Contoh Kalimat Simple Past Tense Lengkap dengan Artinya

Jika belajar menggunakan rumus, contoh dan artinya satu persatu tense dengan cara di atas maka belajar bahasa Inggris akan lebih nyaman dan mudah. Siapa saja bisa belajar dengan cepat.

(Visited 281 times, 1 visits today)

Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru. Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya. Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Leave a Reply