Sejarah Internet Lengkap Dari Waktu ke Waktu

Sejarah Internet – Sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan utama semua orang di seluruh dunia. Hampir tidak ada daerah yang tidak terjangkau dengan interconnection networking atau internet ini. Dunia menjadi terasa lebih sempit, karena internet membantu kita mengetahui peristiwa di belahan bumi lain dengan cepat.

Teknologi internet juga sudah masuk ke berbagai jenis pekerjaan dan merevolusi cara orang bekerja. Seseorang tidak harus memiliki toko untuk bisa berjualan, karena dia bisa berjualan lewat internet dan bertransaksi tanpa bertemu langsung dengan pembeli.

Lalu bagaimana sebenarnya sejarah internet hingga seperti yang kita lihat sekarang ini? Tidak ada yang terjadi dengan tiba-tiba. Internet merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan secara terus menerus. Nah ingin tahu sejarah internet? Yuk ikuti penjelasannya berikut ini

Sejarah perkembangan internet dunia

Kalau dihitung dari penemuan World Wide Web pada tahun 11 Maret 1989, internet baru berusia 30 tahun. Tapi kalau bicara asal muasal teknologinya, maka kita harus kembali lagi ke tahun 1969.

Saat itu sebuah tim yang terdiri dari defense engineer dari University of Los Angeles-California (UCLA) mengirim pesan instant untuk pertama kalinya ke komputer lain di Universitas Stanford yang berjarak ratusan kilometer. Mereka berhasil mengirim tiga huruf, yaitu “LOG” dalam bentuk kode binary.

Dengan dana dari Advance Research Projects Agency (ARPA) atau pusat penelitian milik departemen pertahanan, para peneliti membuat proyek untuk menghubungkan komputer yang tersebar di berbagai kota, terutama komputer yang dimiliki militer dan universitas. Tujuannya agar mereka bisa saling bertukar informasi, software, dan juga ruang penyimpanan.

Setelah berhasilnya pesan pertama yang dikirim dari UCLA ke Universitas Stanford, dua universitas di Amerika, yaitu University of Utah dan UC Santa Barbara segera bergabung dalam sistem ARPANET. Proyek ini berkembang dengan cepat. Dan pada tahun 1971, ada 30 universitas yang bergabung dalam jaringan ARPANET.

Nah dimulai dari keberhasilan peneliti UCLA mengirim kode binar dari kata “LOG” tadi, berikut ini timeline perkembangan internet dari waktu ke waktu

•1971- virus jaringan komputer dan email pertama

Setelah proyek ARPANET diaplikasikan di berbagai universitas di Amerika Serikat, virus jaringan komputer pertama menyerang ARPANET. Virus yang diciptakan seorang programmer bernama Robert Thomas memang dimaksudkan untuk menguji kekuatan perangkat lunak yang ada pada ARPANET.

Di akhir 1971, Ray Tomlinson mengirim email pertama melalui sistem ARPANET. Dia juga sudah memperkenalkan penggunaan @ sebagai pemisah antara nama pengguna (akun) dan jaringan yang digunakan. Dan sebuah studi pada tahun 1973 menunjukkan bahwa email mendominasi lalu lintas yang melalui jaringan ARPANET.

•1974- mulai digunakan istilah internet

Istilah internet pertama kali muncul dalam kaitannya dengan TCP (Transmission Control Protocol). Sementara itu, ARPANET semakin berkembang dengan lebih banyak universitas, pusat riset, dan pusat pertahanan yang bergabung.

•1976- Ratu Elizabeth mengirim email

Ratu Inggris Raya menjadi pemimpin negara pertama yang mengirim email dan diikuti Jimmy Carter yang memanfaatkan email untuk kepentingan kampanye.

•Akhir 1970- TCP/IP

Pada akhir 1970-an, bahasa yang digunakan untuk komunikasi antar komputer, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) selesai dikembangkan oleh Dr. Vinton Cerf.

Dalam bahasa TCP/IP, dikenal FTP (protokol transfer file) yang memungkinkan user mengakses file dari komputer jarak jauh. Dengan adanya FTP, jaringan dari luar bisa terhubung dengan jaringan ARPANET.

•1982- diaplikasikannya TCP/IP

TCP/IP mulai diaplikasikan sebagai protokol untuk ARPANET. Ini juga menjadikan TCP/IP sebagai protokol standar untuk Internet.

•1983- ditemukannya DNS (Domain Name System)

Pada tahun 1983, DNS menetapkan penamaan situs yang diakhiri dengan .com, .net, .gov, .edu, .org, atau .mil. Penamaan ini lebih mudah diingat dibanding sebelumnya yang menggunakan sistem angka.

•1984- digunakannya istilah dunia maya

Istilah “cyberspace” atau dunia maya pertama kali ditulis di novel fiksi “Neuromancer” yang dikarang oleh William Gibson. Di tahun yang sama, ARPANET dibagi menjadi dua jaringan, yaitu MILNET untuk tujuan militer serta ARPANET yang digunakan untuk riset dan pendidikan.

•1985- domain pertama

Symbolics.com menjadi situs web pertama yang terdaftar sebagai domain.

•1986- percepatan jaringan internet

Jaringan NSFNET yang dimiliki oleh National Science Foundation terhubung ke pusat supercomputer berkecepatan 56.000 bits per second. Seiring waktu, kecepatan semakin bertambah dan semakin banyak yang tergabung ke dalam jaringan NSFNET.

•1989- Ditemukannya World Wide Web

Seorang ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology dan CERN laboratory yang bernama Tim Berners-Lee memperkenalkan sistem komunikasi internet dengan menggunakan hyperlink dan antarmuka grafis, yang dikenal sebagai World Wide Web.

Penemuan ini berdampak besar hingga menjadi internet yang kita lihat hari ini. Sampai sekarang, banyak yang mengira kalau World Wide Web adalah internet. Padahal World Wide Web hanyalah salah satu bagian dari internet, sama seperti email maupun streaming video.

•1992- awal mula browser

Tahun 1992 menjadi langkah besar bagi perkembangan web di seluruh dunia, yaitu dengan tersedianya browser “www” yang bisa diunduh via FTP dari CERN. Pada tahun 1992 ini juga menjadi awal mula audio dan video bisa ditampilkan di internet.

•1993- peningkatan jumlah situs web

Jumlah situs web di dunia saat itu mencapai 600. National Science Foundation mendorong dikembangkannya arsitektur internet yang baru agar bisa ditingkatkan penggunaannya secara komersial.

•1994- hari lahirnya Yahoo

Perusahaan Yahoo memang berdiri pada tahun 1995. Tapi cikal bakalnya dimulai dengan pembuatan situs oleh Jerry Yang dan David Filo, dua mahasiswa Pascasarjana jurusan Teknik Elektro di Stanford University. Awalnya situs ini bernama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web”.

•1995- awal mula internet dikomersialkan

Perusahaan-perusahaan besar seperti America Online (AOL), Amazon, eBay, Compuserve mulai membuka situs webnya. Bisa dikatakan tahun 1995 menjadi awal mula komersialisasi teknologi internet.

•1998- lahirnya Google

Pertama kali google membuka kantor dan meluncurkan mesin pencari. Kelahiran google mengubah cara orang dalam menggunakan internet.

•2001- kelahiran Wikipedia

Jimmy Wales dan Larry Sanger membuat situs ensiklopedia online yang bisa dibuat oleh pengguna secara bebas.

•2004- revolusi sosoal media oleh Facebook

Peluncuran facebook pada Desember 2004 dan Youtube satu tahun setelahnya menjadi awal dimulainya revolusi sosial media.

•2007- berkembangnya smartphone

Perkembangan teknologi smartphone menjadikan orang tidak membutuhkan PC atau laptop untuk online. Internet bisa diakses dimana saja selama ada sinyal wireless

Sejarah internet di indonesia

Sedangkan di Indonesia, jaringan komputer sebenarnya sudah dikenal pada tahun 1980-an. Yaitu dengan adanya jaringan komputer yang melibatkan 5 universitas negeri: UI, UGM, ITB, ITS, dan UT. Tapi jaringan yang menggunakan fasilitas dial-up ini tampaknya tidak bisa berkembang.

Lalu internet modern mulai digunakan oleh mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri dengan membentuk mailing list yang bernama indonesians@janus.berkeley.edu. Diskusi di mailing list pada sekitar 1989 tersebut menjadi bagian penting dalam sejarah internet di Indonesia.

Lalu seorang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Kanada, yaitu Onno W Purbo mencoba melakukan komunikasi dengan teman-teman di Indonesia menggunakan jaringan amatir radio pada awal 1990. Dengan peralatan sederhana, komunikasi bisa dilakukan dengan lancar.

Percobaan demi percobaan terus dilakukan lembaga penelitian dan kampus hingga lahirlah ISP komersial pertama di Indonesia pada tahun 1994, yaitu Indonet. Infrastruktur juga terus diperbaiki, dan memunculkan berbagai media online yang masih bertahan hingga saat ini.

Perkembangan terakhir yang menggerakkan ekonomi masyarakat adalah internet marketing. Begitu banyak orang yang perekonomiannya terangkat dengan transaksi jual beli melalui media online.

Dan sebagai salah satu pengguna internet terbesar di dunia, sudah seharusnya kita menggunakan internet dengan bijak dan memberikan manfaat. Jangan sampai perkembangan internet justru disalahgunakan untuk hal-hal yang merugikan.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *