7 Cerita Sejarah Jerman yang Menarik di Kota Berlin

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Sejarah Jerman – Jerman adalah negara maju dan berkemang di Eropa yang saat ini sangat terkenal. Negara ini telah mencetak banyak sejarah dalam perjalannya menuju ketenaran dan dikenal sebagai negara penemu.

Ibukota Jerman yaitu Berlin memiliki sejarah panjang hingga menjadi pusat kota dengan warga asing terbanyak. Kota Berlin sangat kaya dengan kebudayaan dan merupakan kota paling indah di Jerman.

Berikut ini cerita sejarah yang menarik untuk diketahui seputar Berlin di Jerman.

Runtuhnya Tembok Berlin

Runtuhnya tembok besar Berlin adalah peristiwa sejarah yang sangat terkenal di dunia. Bagaimana tidak, dengan runtuhnya tembok Berlin membuat dua negara yaitu Jerman Timur dan Jerman Barat bersatu. Peristiwa ini terjadi pada 3 Oktober 1990.

Pengambilalihan Tacheles

Techeles adalah galeri seni dan juga klub malam yang indah bisa diminati modern ini. Dahulu pada saat pemerintahan Nazi dan sebelumnya, tempat ini bukanlah tempat yang penuh dengan galeri seni.

Awalnya adalah toko serba ada yang dimiliki oleh orang Yahudi. Kemudian pada masa pemerintahan Nazi tempat ini berubah menjadi penjara. Kini bangunan Techles berubah menjadi ekspresi kebebasan dari masyarakat Jerman.

Perang Dunia II

Sejarah Jerman yang sangat terkenal adalah Perang Dunia II, pada masa itu Hitler memicu perang dengan negara lainnya dan menanamkan ideologinya untuk menguasai dunia. Banyak sekali kota yang hancur termasuk Berlin yang menjadi pusat pemerintahan.

Baca Juga  Cara Membuat Visa Jerman untuk Keperluan Studi

Sisa-sisa Perang Dunia II dapat dirasakan melalui lubang-lubang peluru pada sisa-sisa bangunan yang belum dibangun kembali. Bangunan ini banyak ditemukan di bekas Jerman Timur.

Kota Tua Cölln

Sejarah lainnya juga bisa ditemukan di kota tua Cölln. Kota ini dikenal sebagai pulau museum karena banyaknya museum yang didirikan. Seperti Museum Altes, Museum Neues, dan Museum Bode.

Berlin memiliki pusat museum yang pada tahun 1999 bernama Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Museum Island adalah bagian yang khas dan ikon dari ekosistem budaya Berlin yang menarik. Nama Cölln masih bertahan di lingkungan yang sekarang sangat trendi bernama Neukölln, yang berarti ‘Cölln baru’.

Gerakan mahasiswa Jerman

Berlin Barat dulunya adalah pusat berpikir baru dan radikal. Siswa di seluruh Jerman merasa muak atas kemunafikan pemerintah kala itu. Para mahaisswa ingin university mepertimbangkan kebutuhan mereka namun tidak mendapatkan tanggapan.

Kemudian terjadi perubahan besar dalam hal pemikiran pemuda Jerman sehingga pada tahun 1960 banyak siswa lebih konservatif. Gerakan mahasiswa ini menandakan lahirnya cara berpikir kiri dan pergolakan aktivisme mahasiswa.

Ich bin eine Berliner

Kata tersebut adalah baris kata yang terkenal dan diucapkan oleh JFK dalam pidato di Berlin Barat. Mengungkapkan penghormatan atas kebebasan. Ungkapan ini sangat terkenal dan memberikan semangat bagi mereka yang berada di Berlin Barat tahun 1960 an yang takut akan kependudukan Berlin Timur.

Kata yang diungkapkan oleh JFK yang mendukung Jerman Barat membuat masyarakat kagum. Hingga warga mengganti nama alun-alun di depan Rathaus Schöneberg, menjadi John-F-Kennedy-Platz.

The Brandenburg Gate

Bagi Anda yang sedang ke Berlin jangan lupa mengunjungi Brandenburg Gate. Gerbang ini adalah simbol yang dibangun oleh Frederick William II sebagai wakil kedamaian. Gerbang ini dimaksudkan sebagai pintu gerbang ke Acropolis di Athena.

Baca Juga  Persiapan dan Biaya untuk S2 di Jerman
KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Setelah dibangunnya gerbangini banyak tokoh politik yang memanfaatkan untuk menggambarkan kemenangan. Seperti Napoleon dan Nazi. Gerbang ini adalah salah satu bangunan yang selamat setelah Perang Dunia II.

(Visited 90 times, 1 visits today)

Leave a Reply