Sejarah Perkembangan Komputer Digital Dari Masa ke Masa

Sejarah Perkembangan Komputer – Sekarang ini komputer sudah menjadi bagian penting dari aktivitas manusia. Mulai dari dunia industri, pendidikan, perkantoran, maupun sekedar mencari hiburan, semuanya memerlukan komputer. Tapi tahukah kalian kalau di awal-awal penggunaan komputer, tidak semua orang bisa menggunakannya.

Karena saat itu komputer merupakan perangkat mahal yang hanya bisa dimiliki lembaga penelitian, industri besar, maupun pemerintah. Sedangkan PC (Personal Computer) baru masuk ke Indonesia pada tahun 1980-an. Itupun hanya orang sangat kaya yang mampu membelinya.

Nah kali ini kami akan berbagi informasi sejarah perkembangan komputer dari awal hingga terbentuk komputer canggih seperti yang sekarang ini kita kenal.

1.Komputer generasi pertama (1937 – 1953)

Sejarah perkembangan komputer lengkap sebenarnya dimulai 2500 tahun lalu di Timur Tengah saat digunakannya sempoa sebagai alat hitung. Dilanjutkan dengan penemuan kalkulator mekanis pertama oleh Blaise Pascal pada 1642, lalu Charles Babbage (1834) dengan mesin analitiknya.

Tapi sejarah komputer modern sendiri baru muncul di era Perang Dunia II saat insinyur Jerman Konrad Zuse menciptakan programmable binary computer pertama di dunia pada tahun 1938. Mesin biner berikutnya yang lebih rumit dikembangkan oleh fisikawan Amerika John Atanasoff dan asistennya Clifford Berry.

Ini adalah mesin digital pertama yang menggunakan sakelar listrik untuk menyimpan angka. Saat sakelar “off” berarti menyimpan angka nol, sedangkan sakelar “off”, ia akan menyimpan angka satu.

Selanjutnya programmable electronic computer untuk tugas yang lebih besar dikembangkan J. Presper Eckert dan John V. Mauchly di University of Pennsylvania, dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).

Project yang dimulai pada tahun 1943 hingga 1948 ini sudah menggunakan tabung vakum sebagai komponen utamanya. Komputer generasi pertama ini berukuran sangat besar. Dengan berat sekitar 30 ton dan panjang 30 meter, perlu satu ruangan penuh untuk menyimpannya.

2.Komputer generasi kedua (1954 – 1962)

Penemuan komputer ENIAC dengan tabung vakum merupakan kemajuan pesat. Tapi penggunaan daya yang sangat besar dan memerlukan ruangan sangat besar membuat ENIAC tidak bisa diandalkan. Solusinya muncul pada penggunaan transistor sebagai amplifier atau sebagai sakelar.

Transistor mampu menggantikan tabung vakum dengan kinerja yang lebih baik, lebih cepat, serta berukuran jauh lebih kecil. Pada komputer generasi kedua ini juga mulai muncul bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN, ALGOL, dan COBOL.

3.Komputer generasi ketiga (1963 – 1972)

Penggunaan transistor menjadi terobosan besar pada perkembangan komputer. Tapi komputer generasi kedua masih menggunakan kabel untuk menghubungkan ribuan transistor. Lalu seorang insinyur muda dari Kansas bernama Jack Kilby berpikir untuk menciptakan banyak transistor dalam satu paket.

Ide ini mendorongnya untuk menciptakan integrated circuit (IC), dimana kumpulan transistor dibangun dalam satu komponen. Seperti halnya transistor, penggunaan integrated circuit (IC) ini menjadikan komputer bisa berukuran lebih kecil lagi.

4.Komputer generasi keempat (1972 – sekarang)

Komputer generasi keempat ini dicirikan oleh penggunaan microprocessor yang terdiri dari ribuan transistor dan komponen lainnya yang saling terhubung dalam satu chip. Pada tahun 1974, Intel mengeluarkan microprocessor 8080 yang membawa revolusi komputer selanjutnya, yaitu digunakannya komputer di rumah.

Lalu muncul juga Apple Computer Corporation yang dengan mikroprosesor 6502 berhasil mengembangkan komputer rumahan yang lebih baik, yaitu Apple I. Pada tahun 1977, mereka meluncurkan Apple II yang dianggap sebagai komputer rumahan pertama yang mudah digunakan.

Hanya dalam waktu dua setengah tahun, Apple berhasil menjual sekitar 50.000 mesin dan segera menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Pada tahun 1980, IBM mengeluarkan Personal Computer (PC) berbasis mikroprosesor Intel 8080. Dengan cepat, perusahaan tersebut mengambil kembali pasar yang dikuasai Apple. Tapi masalah baru muncul, setiap komputer tersebut menuliskan perangkat lunaknya masing-masing.

Sehingga pekerjaan yang dikerjakan di mesin Apple tidak terbaca di IBM, begitu pula sebaliknya. Lalu muncullah Gary Kildall, seorang guru dan ilmuwan komputer yang memiliki ide menulis sistem operasi (OS).

Sistem operasi ini nantinya akan berperan sebagai perantara antara perangkat lunak dan perangkat keras. Ini membuat suatu perangkat lunak bisa dijalankan di semua mesin, tanpa harus memodifikasi.

5.Komputer generasi kelima (masa depan)

Saat ini komputer sedang dikembangkan dengan sistem Nano Technology. Tujuan pengembangan komputer generasi kelima adalah menciptakan teknologi komputer berdasarkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Ini akan menjadikan komputer memiliki kemampuan melihat, mendengar, dan berbicara layaknya manusia.

Nah demikian tadi ulasan mengenai sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi dan pengembangannya di masa depan.

Teknologi komputer memang akan terus berkembang, tapi yang terpenting adalah bagaimana agar kita siap menghadapi perkembangan teknologi. Gunakan teknologi agar kita menjadi lebih pintar, lebih produktif, dan bermanfaat.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *