Sekolah Perancis yang Ada di Indonesia

Sekolah Perancis – Hari ini semakin banyak orangtua yang lebih tertarik untuk memberikan anak-anaknya pendidikan yang berbasis kurikulum luar negeri, yang dinilai lebih teruji dan efektif. Salah satu sekolah yang banyak diminati adalah sekolah Perancis.

Sekolah Perancis dinilai memiliki kurikulum dan teknik pembelajaran yang lebih baik, seperti yang tercermin dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara tersebut. apalagi, untuk mengambil pendidikan di sekolah Perancis kita tidak perlu ke Prancis.

Kini sekolah Prancis sudah ada di Indonesia dan sudah semakin konsentrasi dalam menerima siswa didik. Dengan begitu, orangtua bisa semakin yakin dalam memberikan pendidikan anaknnya.

Sekolah-Sekolah Perancis yang Ada di Indonesia

Setidaknya ada dua sekolah Perancis yang terlah berdiri di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut menggunakan cara belajar seutuhnya seperti yang ada di Prancis, tetapi hanya berlokasi di Indonesia.

Dua sekolah Perancis yang dikenal ada di Indonesia adalah Lycée Français Louis-Charles Damais yang berlokasi di Jakarta dan Lycée Français de Bali, Louis Antoine de Bougainville yang berlokasi di Kerobokan, Bali.

Lycée Français Louis-Charles Damais Jakarta

Sekolah yang lebih dikenal dengan nama Lycée international français de Jakarta (LIF Jakarta) ini berlokasi di Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Cepete. Jenjang yang ada di sini terbilang cukup lengkap. Sekolah ini telah membuka jenjang pendidikan dari tingkat prasekolah (maternelle) hingga sekolah menengah (lycée).

Pada tahun ajaran 2012 yang lalu, sekolah ini tercatat sudah menerima sekitar 514 murid. Uniknya, murid-murid tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga berasal lebih dari 30 negara lain.

Lycée Français Louis-Charles Damais Jakarta berlokasi di Jalan Cipete Dalam N°32, Jakarta 12410 atau bisa dihubungi di nomor telepon (62-21) 750 30 62 / Faks : (62-21) 750 36 24

Kita juga dapat memperoleh informasi di website resminya www.lifdejakarta.org atau mengirim surel proviseur@lifdejakarta.org

Lycée Français de Bali, Louis Antoine de Bougainville

Sekolah yang lebih dikenal dengan nama Ecole Internationale Française de Bali (EIFB) ini berlokasi di Kerobokan, Bali, Indonesia. Sejak didirikan pada bulan September 1991, Lycée Français de Bali, Louis Antoine de Bougainville telah menawarkan jenjang pendidikan dasar (primaire) sampai tingkat menengah atas (lycée).

Tercatat sekolah jenjang pertama dibuka pada 1 September 1991, kemudian menyusul kelas sekolah menengah dimulai pada 2009, dan ditambah lagi kelas terminale (tahun terakhir) yang dimulai pada tahun 2011. Hingga pada tahun 2016 yang lalu, sekolah berbasis kurikulum pendidikan Perancis ini memiliki sekitar 350 siswa.

Lokasi dari Lycée Français de Bali, Louis Antoine de Bougainville berada di Jalan Umalas Kauh nomor 76, Kerobokan – Kuta, Bali 80117. Hingga kini sekolah ini belum membuka cabang di pulau lain atau provinsi lain.

Kita dapat meminta informasi lebih dari nomor telepon +623614732314 atau mengirim fax di nomor +623614732315. Selain itu, kita dapat mengakses situs website resminya di http://www.lfbali.com/ atau mengirim surel di administration@lfbali.com

Itulah tadi beberapa sekolah Perancis yang ada di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut berada dalam pengawasan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia, sehingga keamanan dan kenyamanannya pun terjaga.

Melalui sekolah-sekolah tersebut, anak-anak akan diajari bahasa dan berbagai pengetahuan mengani Prancis atau kebudayaan Eropa. Namun, meskipun pendidikan yang berbasis luar negeri memang lebih baik, tetapi jangan lupa untuk tetap memberi porsi pengetahuan mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia, ya sahabat.

 

(Visited 33 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *