Syarat Bekerja di Jerman dan Keuntungan Yang Didapatkan

Syarat Bekerja di Jerman – Menguatnya ekonomi Jerman membuat negara ini memerlukan banyak tenaga kerja. Jerman menjadi salah satu negara Eropa yang membuka diri bagi orang asing. Asalkan memiliki keterampilan mumpuni, siapapun bisa mengisi pekerjaan di Jerman.

Ada banyak lowongan yang tersedia di Jerman seperti teknisi, perawat, ahli bangunan, IT, perhotelan, dll. Dalam beberapa tahun ke depan ada sekitar 260 ribu lowongan kerja yang tersedia untuk pekerja asing, dengan 146 ribu diantaranya dialokasikan bagi pekerja non Uni Eropa.

Berita baiknya, Jerman juga menginginkan Indonesia mampu mengisi berbagai peluang kerja yang tersedia. Bahkan sudah ada kerjasama G to G (Government to Government) antara pemerintah Jerman dan Indonesia dalam urusan rekrutmen dan penempatan.

Keuntungan kerja di Jerman

Kerja di Jerman memang memberikan banyak tantangan. Mulai dari budaya, bahasa, serta sistem kerja yang berbeda. Tapi ada banyak manfaat dan pengalaman yang akan kalian dapatkan.

1.Gaji tinggi

Jerman terkenal dengan penghasilan pekerja yang tinggi. Upah minimum di Jerman mencapai 8,84 euro atau Rp. 130 Ribu per jam. Dangan upah sedemikian tinggi, pekerja Jerman sudah sangat sejahtera dan tidak perlu lembur hanya untuk mencukupi keluarganya. Mereka terbiasa bekerja 8 jam/hari dan sangat jarang bekerja di hari libur.

2.Membiasakan budaya kerja ala Jerman

Budaya taat aturan dan disiplin tinggi ternyata terbawa juga di lingkungan perusahaan di Jerman. Saat jam kerja, mereka benar-benar hanya fokus dengan pekerjaan. Sangat jarang ada yang membuang waktu untuk aktivitas tidak bermanfaat. Maka tidak heran kalau perusahaan Jerman dikenal dengan produktivitas yang sangat tinggi.

3.Cara kerja yang berbeda

Orang Jerman juga dikenal sangat teliti dalam bekerja. Mereka selalu mengecek hasil pekerjaan sedetai-detailnya. Tidak hanya hasil yang harus sesuai target, tapi cara pengerjaannya juga harus sesuai prosedur. Karena itu, wajar kalau Jerman selalu mampu menghasilkan produk berkualitas sangat tinggi.

4.Negara yang indah

Keindahan negara Jerman tidak diragukan lagi. Dari ujung ke ujung kita akan disuguhi alam yang sangat cantik. Kota-kota di Jerman juga terkenal dengan kebersihan dan kerapihannya. Lokasi Jerman yang sangat strategis juga membuat kita bisa mengunjungi kota-kota terkenal lainnya di Eropa.

Syarat bekerja di Jerman

Peluang bisa bekerja di negara maju seperti Jerman memang menggiurkan. Tapi kalian harus bersaing dengan pekerja dari berbagai negara. Selain itu, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Apa saja syarat bekerja di Jerman? Yuk simak informasinya berikut ini

1.Visa kerja

Secara umum ada 2 jenis visa yang berlaku bagi siapa saja yang ingin ke Jerman, yaitu visa Schengen dan visa Nasional. Visa Schengen hanya berlaku selama 90 hari dalam waktu 6 bulan. Karena itu, visa ini banyak digunakan untuk wisata atau perjalanan bisnis.

Sedangkan bagi pelajar, pekerja, atau yang ingin tinggal lebih dari 90 hari (ada yang setahun), mereka harus apply yang namanya Visa Nasional. Dan untuk mendapatkan visa kerja ini, tidak semudah visa jenis lainnya seperti visa pelajar atau turis. Sebelum apply, kita harus sudah menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan di Jerman.

Selain kontrak kerja, pihak kedutaan juga meminta beberapa dokumen seperti Curriculum Vitae, bukti skill bahasa Jerman maupun Ijazah pendidikan.

2.Berpengalaman

Umumnya Jerman membutuhkan pekerja asing yang siap pakai. Untuk itu, kalian harus memiliki pengalaman kerja yang memadai. Semakin berpengalaman, peluang diterima perusahaan di Jerman semakin besar pula. Selain itu, peluang lebih besar juga dimiliki lulusan perguruan tinggi Jerman.

Karena perusahaan Jerman memang memberi prioritas dan dengan senang hati menerima alumni pendidikan Jerman. Dengan merekrut alumni Jerman, perusahaan tidak perlu mengenalkan kebiasaan dan budaya kerja Jerman.

Bahkan pemerintah Jerman memberikan perpanjangan visa bagi alumni Jerman. Hal ini tidak lain agar mereka bisa mendapat kerja di Jerman pasca lulus.

3.Memiliki skill yang dibutuhkan di Jerman

Memiliki pengalaman kerja sangat panjang serta lulus dari universitas saja belum menjamin diterima kerja di Jerman. Tapi skill yang kita miliki juga harus sesuai dengan kebutuhan kerja di Jerman. Di Jerman sendiri pekerjaan yang membuka banyak lowongan adalah bidang STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika).

Lebih spesifik lagi bidang Teknologi Informatika (IT). Banyaknya perusahaan berbasis teknologi membuat Jerman memerlukan insinyur TI untuk menjalankan teknologi digitalnya.

Bidang lain yang bisa dimasuki pekerja dari Indonesia adalah Perawat. Bahkan pemerintah Indonesia sudah mengirim Perawat untuk ditempatkan di Rumah Sakit Jerman. Karena termasuk program kerjasama pemerintah Jerman dan Indonesia, para perawat ini tidak dikenakan biaya. Bahkan standar gaji kerja di Jerman sebagai Perawat mencapai 2400 Euro atau Rp. 36 Juta.

4.Kemampuan bahasa Jerman

Sebenarnya banyak yang berminat kerja ke Jerman, tapi banyak juga yang nyalinya ciut hanya karena bahasa. Padahal kemampuan bahasa Jerman sangat ditekankan bagi siapa saja yang ingin kerja di negerinya Hitler ini. Seberapapun jago kita dalam pekerjaan, akan sangat sulit bekerja kalau tidak menguasai bahasa lokal.

Bahasa Jerman membuat kerjasama dengan rekan kerja menjadi lancar. Komunikasi yang baik juga membuat negosiasi gaji menjadi lancar. Dan yang tidak kalah penting, orang Jerman sangat bangga dengan bahasanya. Sehingga mereka akan respek pada orang asing yang mampu berbahasa Jerman.

Nah bagi kalian yang berkeinginan kerja di Jerman, sangat disarankan untuk menyiapkan kemampuan bahasa Jerman dari sekarang. Setiap perusahaan biasanya mensyaratkan level bahasa yang berbeda-beda. Untuk amannya, lebih baik kalian memiliki bukti kemampuan minimal pada level B1.

5.Kemampuan bahasa Inggris sebagai skill tambahan

Di negara manapun berada, skill bahasa Inggris pasti sangat bermanfaat. Begitu juga kalau kalian tinggal dan kerja di Jerman. Karena sebagian besar orang Jerman juga bisa berbahasa Jerman. Nah kalau ternyata kemampuan bahasa Jerman kita terbatas dan kesulitan mengungkapkan sesuatu, kita bisa mengungkapkannya dalam bahasa Inggris.

Apalagi bagi perusahaan multinasional yang terdapat banyak pekerja asing. Komunikasi pasti akan lebih mudah kalau bisa berbicara dalam bahasa internasional nomor satu, yaitu bahasa Inggris.

Nah itu tadi share dari kami mengenai syarat bekerja di Jerman serta berbagai keuntungan yang didapatkan. Semoga bermanfaat dan memotivasi untuk tetap semangat mewujudkan mimpi. Selamat berjuang ya!!

(Visited 11 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *