Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak dengan Mudah

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak dengan Mudah – Belajar bahasa inggris menjadi hal yang wajib untuk setiap kalangan di negara kita. Seperti siswa, mahasiswa, sampai petinggi-petinggi negara. Bahasa inggris kini menjadi aktivitas wajib karena bahasa inggris menjadi bahasa yang digunakan internasional untuk saling berkomunikasi. Bukan hanya itu saja, bagi kamu yang ingin meningkatkan karir ke tingkat yang lebih, seperti ingin bergabung menjadi anggota BUMN ataupun PNS, penguasaan bahasa inggris menjadi salah satu syaratnya.

Tips Fasih Bahasa Inggris

Nah, jangan khawatir, kita sudah siapkan tips-tips untuk kamu yang ingin fasih dalam berbahasa inggris secara otodidak dan tanpa ribet. Yuk simak informasinya di bawah ini !

  • Pelajari kata dasar di sekitarmu

Awali berbahasa inggrismu dengan hal-hal yang berada di sekitar mu. Itu akan membuatmu terbiasa dengan bahasa inggris dan modal memulainya percakapan. Pelajari kata-kata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Mulai dari benda dan hal yang biasa kamu gunakan disekitarmu. Contohnya seperti spoon, bed, mirror, television, pillow, table, chair, bag, pencil, water, drug, window, door, bottle, clothes, cup, scissor, soap, bowl, paper, dan lain-lain.

Setelah kamu mulai terbiasa dengan mengetahui kata demi kata, kamu bisa mengembangkannya menjadi kalimat-kalimat dasar yang sering digunakan. Seperti contohnya “ I have a pencil “, “I love you”, “you love me”, “he loves me”, dan lainnya.

  • Sukai lagu bahasa inggris, tulis liriknya, dan Pahami Artinya

Belajar bahasa Inggris sendiri lebih menyenangkan saat mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Banyak aplikasi yang telah menyediakan layanan musik gratis untuk penggunannya sehingga kamu bisa lebih mudah mendengarkan lagu yang kamu inginkan, dalam konteks ini adalah lagu berbahasa inggris.

Belajar bahasa Inggris kata demi kata melalui lirik lagu yang kamu dengarkan. Tulis kata dan frasa dalam lirik lagu yang kamu dengarkan. Setelah menulis lirik, periksa lirik lagu secara daring. Dari sana, kamu bisa belajar dan meningkatkan keterampilan mendengarkan dan mendengarkan materi audio bahasa Inggris. Ini sangat menyenangkan, bukan?

Baca Juga  Contoh Present Tense Berdasarkan Jenisnya

Proses belajar bahasa inggris yang mudah adalah mengerti kata-kata yang menurut kamu sulit saat mendengarkan lirik lagu, film, dan buku yang digunakan. Langkah ini mempermudah kamu untuk memiliki lebih banyak kata untuk dilakukannya percakapan dalam Bahasa Inggris dengan cara pengungkapan sesuai karakteristik kamu.

Baca Juga : 5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

  • Membiasakan nonton film berbahasa inggris tanpa subtitle

Siapa dari kamu yang suka nonton film ? cara ini juga bisa loh membantu kamu untuk belajar bahasa inggris secara otodidak. Kamu bisa melatih kemampuan kamu untuk berbahasa inggris dengan cara menonton film namun mematikan subtitle bahasa indonesianya. Kamu juga bisa menggantikan subtitlenya dengan menggunakan bahasa inggris. Dari sana, kamu bisa mempelajari grammar atau struktur kalimat yang digunakan oleh para aktor dan aktris di film yang kamu tonton.

Eitsss!! Jangan terlalu dipaksakan juga ya, kamu bisa kok sesekali menghidupkan subtitle bahasa indonesianya jika sudah pusing. Jika kamu sudah terbiasa dan sudah meningkat kemampuan bahasa inggrisnya kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya dengan mematikan semua subtitle dimana kemampuan listening kamu yang akan diuji.

  • Mendengarkan podcast yang berbahasa inggris

Zaman sekarang podcast sudah menjadi hal yang banyak diketahui orang. Podcast adalah salah satu platform yang pada masa kini mendapat perhatian masyarakat dari kalangan remaja hingga dewasa. Podcast kamu bisa memilih konten apa saja yang kamu minati untuk belajar dengan kata lain, podcast bisa menjadi sumber belajar kamu dalam mempelajari bahasa inggris.

Kamu bisa mendengarkan podcast dan menulis kata-kata yang asing saat kamu dengar. Kemudian mencari tahu maksud arti kata tersebut. Dengan ini kamu bisa memperkaya vocabulary atau kosa kata bahasa inggris.

  • Baca artikel berbahasa inggris

Siapa disini yang males banget untuk baca? eitss!! Ubah kebiasaan itu yuk! Membiasakan diri dengan membaca berita atau artikel bisa membantu kamu untuk mempelajari bahasa inggris loh. Kamu bisa dengan mudah menguraikan kalimat-kalimat yang kamu baca dengan mudah dan mempelajarinya.

Baca Juga  140 Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Kamu bisa membaca kalimat demi kalimat dari artikel yang kamu baca jika ada yang kamu kurang mengerti, kamu bisa berbantuan kamus bahasa inggris ataupun memanfaat internet untuk bisa mengetahui maksud dari kata yang kamu kurang pahami.

  • Belajar melalui sosial media

Pada revolusi 4.0, sosial media menjadi salah satu saksi kecanggihan teknologi. Sosial media memberikan kemudahan bagi pengakses untuk bisa melakukan apa saja yang diinginkan, salah satunya membantu penggunanya untuk belajar.

Gunakan sosial media dengan bijak dan memaksimalkan sosial media untuk menambah pengetahuan dan ilmu, khususnya dalam berbahasa inggris. Kamu bisa melihat akun-akun Instagram, Youtube, Twitter yang memberikan konten pelajaran tentang bahasa inggris. Kamu hanya bermodalkan internet untuk bisa menguasai bahasa inggris. Cukup mudah dan efisien bukan ?

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

  • Bermain games bahasa inggris

Siapa disini yang males banget belajar karena bosan? kamu bisa belajar tapi juga bermain game loh. Banyak gamers yang bisa bahasa inggris karena bermain game. Games yang ada di internet menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris untuk menjalankan permainannya. Mau tidak mau penggunanya harus mengerti apa yang diperintahkan oleh gamesnya agar bisa mengikuti petunjuk permainannya. Nah, tanpa kamu sadari kamu sebenarnya di ajak untuk belajar bahasa inggris dengan itu loh. Seru kan bermain game tapi sekaligus belajar?

  • Terbiasa mengungkapkan dengan bahasa inggris

Jika kamu sedang merasakan senang, kaget, sedih, atau hal-hal lainnya. Coba kamu mengungkapkan dengan menggunakan kalimat-kalimat bahasa inggris. Misalnya “it’s so amazing”, “I’m so sad”, atau “I proud of you”. Dengan kata lain, coba mengekspresikan apa yang kamu sedang rasakan melalui ucapan.

  • Berelasi dengan native

Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan bahasa Inggris kamu adalah berteman dengan penduduk setempat di negara-negara berbahasa Inggris. Kamu akan “dipaksa” untuk terbiasa dan belajar. Saat bertukar pesan atau berbicara di telepon melalui WhatsApp, kamu perlu menggunakan bahasa Inggris untuk komunikasi yang lancar.

Baca Juga  Contoh Percakapan Dalam Bahasa Inggris Dengan Artinya

Selain itu, penutur asli dapat belajar tidak hanya secara teoritis tetapi juga secara kultural. Untuk mengenal orang luar, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi, termasuk OMETV, yang banyak digunakan oleh program Fikinaki untuk belajar bahasa asing.

  • Menulis dengan bahasa inggris

Nah, membaca buku, mendengarkan lagu, atau menonton film berbahasa Inggris akan menambah kosakata. Jika kamu sudah mengingat kosakata, kamu dapat meningkatkan keterampilan menulis. Kamu juga dapat belajar bahasa Inggris sendiri  dengan menulis  topik favorit kamu dan menerapkan pendapat dan fakta yang ingin diketahui ke dalam kalimat bahasa Inggris. Jika itu tidak berhasil, tulislah paragraf yang dapat kamu temukan dalam bahasa Inggris terlebih dahulu dan terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang benar dan mudah dibaca. Kemudian lanjutkan sampai kamu siap untuk menulis pendapat.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI

Bagaimana dengan tips yang diberikan ? Mudah bukan? Jika kamu sudah melakukan tips-tips diatas namun masih belum juga fasih berbahasa inggris, Studiva menjadi solusi untuk kamu bisa berbahasa inggris dengan mengikuti kursus bahasa inggris di jakarta. Kamu bisa daftarkan diri kamu dengan mengisi biodata kamu di form ini. Tunggu apa lagi ? Yuk daftar dan bergabung di Studiva !

 

 

(Visited 66 times, 1 visits today)

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only