Format Ujian dan Tips Persiapan Menghadapi TOEIC Test

TOEIC Test – Seperti halnya TOEFL dan IELTS, The Test of English for International Communication (TOEIC) dirancang untuk menguji kemampuan seseorang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Mereka memerlukan tes ini agar memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mencukupi, baik saat bekerja maupun kuliah di luar negeri.

TOEIC tidak akan menilai lulus atau gagal, tapi skor yang kalian dapatkan menunjukkan tingkat kemahiran bahasa Inggris. Semakin tinggi skor yang didapatkan, maka kalian akan memiliki prospek masa depan yang cerah. Kalian memiliki peluang yang lebih baik, baik akses dalam mendapat pekerjaan, training, ataupun melanjutkan pendidikan.

Kalau perusahaan mensyaratkan skor TOEIC, biasanya rekrutmen tersebut diperuntukkan bagi pekerja atau staf yang akan selalu berinteraksi dengan klien berbahasa Inggris.

Atau memang perusahaan tersebut masuk kategori perusahaan multinasional, dimana sebagian besar pekerjanya berstatus ekspatriat. Sehingga mau tidak mau kalian harus bisa berbahasa Inggris dengan sangat bagus.

Format

Ada 4 kemampuan yang dinilai dalam TOEIC, yaitu membaca, mendengar, berbicara, dan menulis. Tapi format TOEIC test terdiri atas 2 bagian utama, yaitu listening and reading. Tes mendengar dan membaca ini memiliki 200 soal yang harus diselesaikan dalam tempo 2 jam saja. Jadi masing-masing bagian terdiri dari 100 soal.

1.Listening

Bagian pertama dari TOEIC test adalah listening atau kemampuan mendengar. Kalian hanya diberi waktu 45 menit untuk mengerjakan semua soal TOEIC listening. Semua soal pada bagian ini berjenis pilihan ganda

•Photographs- kalian akan dihadapkan serangkaian foto dan empat deskripsi. Tugas kalian adalah memilih deskripsi yang paling menggambarkan foto tersebut

•Response- Di sini ada total 30 pertanyaan. Setiap pertanyaan akan diikuti beberapa respon verbal. Nah, kalian harus bisa memilih respon yang paling tepat untuk pertanyaan tersebut

•Conversation- Tes ini memiliki sekitar 10 percakapan, dimana kalian akan mendapat soal yang berhubungan dengan isi percakapan tersebut

•Short talk- Hampir sama dengan bagian conversation. Bedanya, di sesi short talk ini kalian akan mendengar pembicara tunggal

2.Reading

Tes reading terdiri dari tiga bagian soal yang harus selesai dalam waktu 75 menit

•Sentence Structure- Pada bagian ini, ada 40 kalimat yang tidak lengkap. Tugas kalian harus mengisi kata yang hilang, pilih kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut

•Completeness- Di sini kalian akan bertemu dengan beberapa teks yang tidak lengkap. Tugas kalian melengkapi bagian yang hilang sehingga menjadi teks lengkap

•Reading- Ini adalah bagian dengan jumlah soal terbanyak. Kalian harus membaca teks, bisa berupa email, pengumuman, maupun artikel, dan menjawab soal yang berhubungan dengan teks tersebut

Tadi di depan disebutkan bahwa TOEIC akan menguji kemampuan membaca, mendengar, berbicara, dan menulis, tapi kenapa hanya ada tes listening dan reading? Karena sesi writing dan speaking bisa dikatakan hanya bersifat anjuran saja. Terutama bagi kalian yang minimalnya mendapatkan skor 600 pada listening dan reading.

Skor TOEIC

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa bagian utama TOEIC adalah listening dan reading. Masing-masing dari dua jenis tes ini akan memberikan score antara 5 sampai 495. Sehingga total TOEIC score berkisar antara 10 hingga 990.

Bagi kalian yang bisa menembus skor 400 pada sesi listening, berarti kalian berada di level tertinggi. Sedangkan pada sesi reading, kalian dianggap memiliki kompetensi tinggi kalau bisa mencapai skor 450.

Persiapan TOEIC

Walau kalah populer dibanding TOEFL atau IELTS, tapi hasil TOEIC sangat berguna khususnya di dunia kerja. Dan agar bisa mendapat hasil maksimal, penting bagi kalian melakukan persiapan yang memadai. Yang pertama, kalian harus mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri.

Salah satu cara untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan adalah dengan banyak latihan atau meminta nasihat dari guru. Luangkan lebih banyak waktu untuk berlatih bagian yang menjadi kelemahan kalian.

Saat persiapan, penting untuk melatih logika. Karena TOEIC bukanlah tes untuk memilih benar atau salah, tapi untuk mendapat jawaban yang lebih masuk akal.

Saat menjalani tes TOEIC, ada saatnya kalian berhadapan dengan soal yang seolah-olah tidak ada jawabannya. Tips menghadapi situasi ini adalah tetap tenang, baca soal dengan baik, dan lihat konteks teks atau percakapan pada soal tersebut. Melihat soal sesuai konteks akan membantu mendapat petunjuk jawaban.

Nah demikian tadi ulasan mengenai TOEIC test, materi yang diujikan, skor, serta beberapa tips menghadapinya. Bagi kalian yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sekaligus mendongkrak skor TOEIC, kalian bisa berlatih bersama Westwood prep.

Westwood prep merupakan salah satu lembaga TOEIC preparation terbaik yang berpusat di Jakarta. Untuk mendapat informasi lebih lanjut, silakan hubungi 0812-100600-75 atau kunjungi www.westwoodprep.com. Selamat berlatih dan salam sukses!

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *