Daftar Universitas di Norwegia Yang Membebaskan Biaya Kuliah

INFO LENGKAP KERJA DI JERMAN/JEPANG DAN KURSUS BAHASA JERMAN, ISI BIODATA DISINI

Universitas di Norwegia  – Norwegia bukanlah negara Eropa yang sangat populer bagi orang Indonesia. Padahal negara yang terletak di semenanjung Skandinavia ini memiliki banyak sisi menarik. Negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa ini memiliki gunung, pulau, dan daratan yang masih alami.

Norwegia memang lokasinya berdekatan dengan kutub utara. Tapi uniknya, sebagian besar daerah di negara ini memiliki iklim lebih hangat dibanding negara Eropa lainnya. Selain itu, Norwegia juga memiliki keunggulan dalam hal pendidikan.

Norwegia merupakan salah satu negara Eropa yang menjadi favorit bagi mahasiswa asing. Alasannya? Salah satu jawabannya karena keunggulan kualitas pendidikan Norwegia. Banyak universitas Norwegia yang masuk 200 besar universitas terbaik dunia.

Apakah hanya karena kualitas pendidikannya? Jawabannya tidak. Alasan utama lainnya adalah karena Norwegia menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah termurah di dunia. Seperti halnya Jerman, universitas negeri di Norwegia juga menggratiskan biaya kuliah bagi semua kalangan, termasuk mahasiswa asing.

Jadi mahasiswa asing hanya diharuskan membayar biaya administrasi tiap semester sebesar 300 hingga 600 NOK atau 500 ribu hingga 1 juta Rupiah. Wow!! Sedangkan universitas swasta memang menarik biaya kuliah, tapi secara umum masih lebih rendah dibanding negara populer lainnya.

Keunggulan kuliah di Norwegia lainnya adalah banyaknya program studi yang diajarkan dalam bahasa Inggris serta sebagian besar universitas menawarkan kelas kecil. Jumlah mahasiswa per kelas yang sedikit akan membuat perkuliahan berlangsung lebih fokus dan intens.

Baca Juga  Mau Liburan ke Norwegia? Yuk Kenali 10 Makanan Khas Norwegia

Nah bagi kalian yang sedang mencari informasi kuliah di luar negeri, berikut ini daftar universitas di Norwegia yang membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa asing

1.Norwegian University of Science and Technology (NTNU)

NTNU saat ini tercatat sebagai universitas terbesar di Norwegia dengan total jumlah mahasiswa lebih dari 40 ribu. Seperti namanya, universitas ini berfokus pada bidang STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics). Tapi mereka juga membuka bidang studi lainnya seperti Ilmu Sosial, Bahasa, dan Seni.

Yang menarik, NTNU tidak memberlakukan biaya kuliah bagi semua mahasiswanya, baik lokal maupun asing. Bahkan mahasiswa dari luar Uni Eropa hanya diharuskan menunjukkan bukti kecukupan dana untuk tinggal di Norwegia.

NTNU membuka program studi yang disampaikan dalam bahasa Norwegia dan bahasa Inggris. Untuk mengetahui beasiswa, program studi dalam bahasa Inggris, pendaftaran, dll, silakan klik https://www.ntnu.edu.

2.Nord University

Nord University menjadi salah satu universitas di Norwegia lainnya yang tidak memungut biaya kuliah. Universitas yang berdiri pada tahun 2016 (penggabungan University of Nordland, Nord-Trøndelag University College, dan Nesna University College) ini menjadi tempat belajar bagi 12.000 mahasiswa dari seluruh dunia.

Universitas menawarkan berbagai bidang studi diantaranya Fisika, Kimia, Matematika, Sosial, Ekonomi, Bisnis, Seni, dll. Dengan kurikulum dan fasilitas pendidikan berkualitas tinggi, tidak heran kalau Nord University menjadi salah satu institusi penting dalam penyediaan tenaga profesional di Norwegia.

3.Oslo University

Universitas yang berdiri sejak 1811 menjadi salah satu universitas terbaik di Norwegia yang mendapat pengakuan global. Mereka telah menghasilkan banyak alumni terkenal, bahkan beberapa diantaranya pernah memenangkan hadiah nobel.

Universitas Oslo juga terbuka dengan mahasiswa asing. Mahasiswa asing yang belajar di sini hanya diharuskan membayar semester fee yang nilainya tidak seberapa. Tapi bagi kalian yang mau mengambil program Sarjana, ada baiknya mulai belajar bahasa Norwegia.

Baca Juga  Belajar Bahasa Norwegia Paling Dasar - Cocok Untuk Pemula

Karena semua program studi level Sarjana diajarkan dalam bahasa Norwegia. Hanya perkuliahan Pascasarjana (Master dan PhD) yang disampaikan dalam bahasa Inggris dan Norwegia.

4.University of Bergen

Perguruan tinggi yang telah berdiri sejak 1946 ini secara konsisten berada di 100 hingga 200 besar universitas terbaik dunia, baik versi QS World Rankings maupun Times Higher Education Ranking. Mahasiswa asing juga bisa belajar di sini dengan biaya kuliah gratis.

Universitas menyediakan program studi yang cukup lengkap seperti Kedokteran, Farmasi, Psikologi, Ilmu Komputer, Matematika, Ekonomi, Bahasa, Hukum, dl. Tapi seperti halnya Universitas Oslo, Universitas Bergen juga hanya membuka perkuliahan bahasa Inggris untuk level Pascasarjana.

Selain daftar universitas di atas, masih ada beberapa universitas negeri lainnya yang menggratiskan biaya kuliah seperti University of Agder, University of Tromso, maupun University of Stavanger.

Kuliah di Norwegia memang menggiurkan, kalian bisa mendapatkan pendidikan di universitas kelas dunia dengan gratis. Tapi ingat, Norwegia terkenal dengan biaya hidupnya yang sangat tinggi lho. Kalian harus menyiapkan sekitar NOK 122.000 (sekitar Rp 200 juta) untuk menutupi biaya hidup setahun.

Itulah kenapa Norwegia mensyaratkan dokumen ketersediaan dana bagi mahasiswa asing yang mau kuliah di universitas di Norwegia. Tapi jangan pesimis dulu ya. Cara terbaik kuliah di Norwegia adalah dengan beasiswa.

KERJA di JERMAN dan JEPANG GRATIS? ISI BIO LENGKAP DISINI
Baca Juga  Oslo, Ibu Kota Norwegia Penuh Pesona

Kalian bisa memanfaatkan Quota Scholarship Scheme yang disediakan untuk mahasiswa dari negara berkembang, termasuk Indonesia. Selain itu, kalian diperbolehkan untuk bekerja paruh waktu maksimal 20 jam per minggu. Dan kalian bisa bekerja full time saat libur kuliah. Gimana, tertarik kuliah di Norwegia? Selamat mencoba ya!

(Visited 756 times, 1 visits today)

Leave a Reply