Universitas Durham dan Jurusannya

Universitas Durham – Sejak didirikan pada tahun 1832, Durham University terus tumbuh dan menjadi salah satu universitas tertua di Inggris. Kampusnya berlokasi di samping situs warisan dunia dari abad pertengahan, Durham University memadukan sejarah yang penuh dengan nilai-nilai modern untuk membangun institusi yang dihormati namun tetap berpikiran maju.

Saat ini, Durham memiliki lpopulasi ebih dari 18.000 mahasiswa yang berasal dari seluruh dunia. Mahasiswa tersebut tersebar dalam 26 departemen yang menawarkan lebih dari 200 program S1, S2, dan S3.

Umumnya dosen di Durham adalah para ahli yang terdepan di bidangnya, sehingga dengan memanfaatkan penelitian terkemuka dan keahlian bidang, dosen-dosen di Durham memberikan pengajaran dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Fokus Universitas pada Pelayanan Mahasiswa

Selain memperhatikan keunggulan akademis, Universitas Durham berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dalam meraih pekerjaan yang bermartabat setelah kelulusan. Universitas ini berada di peringkat ke-34 di dunia dalam kategori penerimaan kerja lulusan, Pusat Karir dan Kewirausahaan bekerja untuk mengembangkan keterampilan profesional mahasiswa, serta menyediakan jejaring dan peluang bisnis bagi mahasiswa.

Durham University kini menempati peringkat 74 di QS World University Rankings 2019, yang menjadikannya terus bersaing dengan 100 besar universitas di dunia lainnya.

Universitas Durham dengan baik menciptakan lingkungan sosial yang beragam dan ramah bagi para staf dan mahasiswa. Keberagaman populasinya ditunjukan dengan fakta bahwa 30% mahasiswa di Durham berasal dari luar Inggris.

Jurusan di Universitas Durham

Sejauh ini, Durham University terbagi menjadi tiga fakultas, yang meliputi:

1. Fakultas Seni dan Ilmu Budaya
Terdapat tujuh departemen di dalam Fakultas Seni dan Ilmu Budaya, yaitu Ilmu Sejarah Klasik dan Kuno, Seni Musik, Filsafat, Sastra Inggris, Teologi dan Ilmu Agama, Seni Liberal, dan Ilmu Sejarah.

2. Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam menawarkan beberapa program S1, S2, dan S3 di delapan departemen, termasuk program gelar penelitian, yaitu Ilmu Hayati, Teknik, Matematika, Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Kebumian, dan Psikologi.

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Kesehatan
Hingga saat ini terdapat 10 departemen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Kesehatan untuk program S1, S2, dan S3. Bidang studi yang tersedia di dalamnya antara lain adalah Antropologi, Arkeologi, Bisnis, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Sosiologi, Ilmu Pendidikan, Geografi, dan Ilmu Keolahragaan.

Beasiswa & Bantuan Pendanaan

Durham University membantu calon mahasiswa dari seluruh dunia untuk mendaftar beasiswa dan memperoleh bantuan keuangan dengan lebih mudah.

Bantuan biaya pendidikan pada umumnya diberikan pada mahasiswa berdasarkan prestasi akademis, serta kebutuhan keuangan dan potensi untuk maju dan berkembang yang cukup tinggi. Beasiswa juga akan didapatkan oleh calon mahasiswa yang memiliki prestasi olahraga, seni musik, dan prestasi akademis.

Kita dapat mendaftra beberapa beasiswa bagi mahasiswa internasional yang ditawarkan oleh Durham University, yaitu sebagai berikut:

1. Beasiswa Doktoral Durham (Jurusan Geografi Manusia dan Geografi Fisik).
2. Beasiswa Christopher Moyes Memorial Foundation (Jurusan Geografi Manusia dan Geografi Fisik).
3. Beasiswa Commonwealth Queen Elizabeth.

Terdapat pula beberapa beasiswa eksternal yang tersedia bagi mahasiswa internasional, antara lain:

1. Beasiswa Commonwealth (Jurusan Geografi Manusia dan Geografi Fisik).
2. Program Beasiswa British Council untuk perkuliahan program internasional.

Hasil Kelulusan yang Bermutu

Di antara universitas-universitas yang terdapat di seluruh Inggris, Durham University memiliki tingkat penerimaan lulusan cukup tinggi. Artinya, lulusan Durham dikenal sangat sukses dalam meraih pekerjaan di tingkat daerah, nasional, atau pun internasional.

Menurut Destinations of Leavers 2016/17 dari Higher Education survey, sebesar 97,9% mahasiswa Durham University telah bekerja atau melanjutkan pendidikan hanya dalam waktu tiga setengah tahun setelah kelulusan.

Durham University menempati peringkat ke-83 terbaik sedunia dalam hal penerimaan kerja lulusan. Selain itu, menurut QS World University Rankings 2017/18, Universitas Durham juga termasuk dalam 40 besar universitas dunia mengenai penerimaan kerja oleh perusahaan-perusahaan blue chip.

Mahasiswa yang telah berhasil lulus secara berkala akan ditawarkan dukungan oleh tim Karir dan Kewirausahaan universitas untuk meningkatkan peluang penerimaan kerja mereka. Mahasiswa akan didorong untuk bertemu dengan perusahaan-perusahaan besar potensial untuk mengikuti program magang yanga da.

Pengalaman tersebut tentunya dapat berujung pada penerimaan kerja setelah menyelesaikan program magang dan perkuliahan, selain juga akan memberi mahasiswa pengalaman dunia nyata di lingkungan kerja.

Biaya Kuliah Rata-Rata Per Tahun di Durham

Untuk mengambil kuliah di Universitas Durham, pengeluaran yang akan kita lakukan tentu saja bergantung pada beberapa faktor. Namun, secara umum dapat diperkirakan adalah sebagai berikut.

1. Biaya untuk jenjang S1 dalam waktu normal – £20.700
2. Biaya untuk jenjang S2/S3 dalam waktu tempuh normal – £19.950

3. Biaya hidup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari- £12.000
4. Akomodasi kampus apabila kita memutuskan untuk ini – £7.425
5. Kita juga dapat memilih akomodasi di luar lingkungan yang telah disediakan oleh kampus, kita akan diberi subsidi untuk membayarnya.

Update Pembangunan

Pada tahun 2019 ini, Durham University akan segera meresmikan Pusat Belajar dan Mengajar terbaru. Pusat Pembelajaran tersebut akan berupa ruang-ruang kelas modern, yang menggunakan teknologi dan perlengkapan terbaru untuk semakin meningkatkan lingkungan pembelajaran bermutu.

Terdapat juga berbagai ruang kelas besar, zona belajar mahasiswa, laboratorium pengajaran, dan termasuk juga fasilitas katering. Di dalam Pusat Belajar dan Mengajar ini, mahasiswa akan berkemungkinana untuk berbagi program perkuliahan secara langsung bersama mahasiswa dari universitas lain dari seluruh dunia.

Proyek yang menarik ini bertujuan supaya mahasiswa dapat terhubung dan bekerja sama dengan mahasiswa lain secara internasional, dalam sesi yang rutin dan terstruktur.

Pembangunan senilai GBP40 juta ini dimulai pada bulan Desember 2017 yang lalu dan diperkirakan akan selesai pada September 2019, ketika universitas siap untuk memulai tahun akademis baru. Meskipun Pusat Belajar dan Mengajar ini akan menyediakan tempat bagi pertemuan dan konferensi di luar jam perkuliahan, tetapi fasilitas ini juga dapat dipesan oleh pihak eksternal di wilayah Durham.

Dengan pembangunan proyek ini, Durham University telah berusaha menciptakan strategi yang menjanjikan untuk menghasilkan pengajaran berkualitas tinggi dan berbasis penelitian yang menantang dan menginspirasi mahasiswa pada tahun 2027 mendatang.

 

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *